Hipospadia

Memilih Dokter Hipospadia Versi nitajuwithafina.com

Memilih dokter hipospadia untuk menangani case Ezio yang sudah aku ungkapkan pada post sebelumnya , tentu nya aku harus menyeleksi Dokter Hiposdia sehingga dapat yang tepat . Sebelumnya aku sendiri dibekalin oleh RS tempat kelahiran Ezio bahwa harus mencari Dokter Spesialis Urologi Anak.

Di postingan kali ini aku akan menceritakan bagaimana perjalananku untuk me-normal-kan Ezio. Dokter Urologi banyak tetapi memilih yang sesuai dengan hati kita , yang recommended di Jakarta ini adalah hal yang sulit buat aku.

Cara Memilih Dokter Versi-ku :

  1. Dokter yang haruslah tipe dokter yang ramah anak
  2. Track Record Dokter tersebut positif
  3. Dokter tersebut enak untuk diajak ngomong terutama memberikan penjelasan kepada orang tua
  4. Lokasi praktek dokter masih terjangkau
  5. Dokter rela memberikan nomor HP nya (sssttt ini penting banget)
  6. Dokter care kepada pasien
Memilih dokter hipospadia
Quotes Sujiwo Tejo

Dengan berbekal list di atas, aku coba menjelajah ke Dokter Urologi yang sudah ku ketahui sebelum nya, baik info dari RS tempat lahir Ezio, maupun info dari teman-teman serta keluargaku

  1. dr. Miftahul Alam, SpBU
    Ini merupakan dokter pertama yang menangani Ezio di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, tempat Ezio dilahirkan. So far ga ada masalah dengan dokter ini , penjelasannya juga sebenarnya clear. Tapi entah knapa ada rasa tidak sreg 🙂 . Ya wes untuk di observasi saja disini. Beliau menyatakan bahwa Ezio positip memang harus di tindak ( baca : operasi ) untuk memperbaiki posisi lubang ureternya. Sebab lubang ureter Ezio berada di bawah. Sebenarnya tidak ada masalah sumbatan, dan tidak apa2 juga kalo tidak diperbaiki, karena urine masih lancar keluar. Hanya saja apabila tidak di tindak, dan tiba saat dia dewasa, Ezio tidak akan bisa buang air kecil dengan posisi berdiri, dan satu lagi apabila dia telah menikah kelak dan melakukan hubungan sperma nya tidak akan ‘nembak’ ke arah yang seharusnya, jadi kemungkinan akan susah punya anak.On Noooooo….. dengan demikian positip saya dan ayah Ezio sepakat untuk menindak Ezio di usia yang sudah sepatutnya.
  2. Dr. Syamsu Hudaya, Sp.U
    Menginjak usia Ezio setahun, saya sudah mencari keberadaan dokter Urologi lagi, mulai dari bertanya ke teman, saudara sampai cari artikel di internet. Tiba saya pada dokter Syamsu ini hasil dari rujukan dokter anak langganan Ezio. Ketika konsultasi saya di suruh tindakan secepatnya (kalo bisa besok, besok juga) . WHATTT? alasannya adalah lubangnya sudah mau tertutup…. hmmm….  Dalam hati berkata..masa siii? tpi dia pipis baik2 saja…? aduh umur setahun sudah berhadapan dengan meja operasii?
    Oke daripada setres saya coba lagi mencari alternatif lain.
  3. Dr. dr. Irfan Wahyudi, SpU(K)
    Tibalah saat saya bertemu Dr Irfan Wahyudi, dokter ini saya mendapat rekomendasi 2 orang , satu dari temen di BC Sept 2014 dan satu dari saudara saya tugas di RSCM, menurut mereka dokter ini apik, teliti dan ramah anak. Saya sangat tertarik dengan sifat beliau yang ramah anak. Karena memang yang dihadapi adalah anak2 jadi harus extra sabaaaaaar…. kalau orangnya kereng, yang ada anak2 kabur.

Penjelasan Dr. dr, Irfan Wahyudi, SpU(K)

Pertama saya mengunjungi beliau adalah di RSCM Kencana, karena kebetulan saya juga di temani oleh saudara aku untuk menemui beliau. Kesan pertama , yak benar … RAMAH !! Aku langsung berasa ada chemistry dengan dokter ini…. upss…chemistry dalam artian akunya sreg Ezio ditindak oleh beliau. Penjelasannya sangat clear dan beliau tidak memaksakan harus ditindak segera. Aku di kasi range waktu usia yang tepat untuk tindakan. Kalau pun tidak mau memenuhi range itu tidak apa2, dia cm memberitahukan usia ideal. Usia ideal yang disarankan untuk memperbaiki Hipospadia pada anak adalah 12-18 bulan, di mana pada usia
tersebut kelamin pada anak sudah matang untuk di tindak, dan anak pada usia tersebut tidak akan terlalu ingat jika pernah di tindak. Akan berbeda apabila dia ditindak pada usia TK atau pra sekolah. Traumatiknya bisa jadi berkepanjangan. Demikian yang beliau jelaskan, sangat clear dan jelas.
Atas observasi inilah kami memutuskan untuk melakukan tindakan pada Ezio di usia 18 bulan atau 1,5 th.

Stay tuned yaa… untuk next proses nya 🙂

2 Komentar

Bebas Berkomentar Namun Sopan ^-^



  • Lyna

    Halo mbbb
    Jd Gmn nih ezio,,,Udh d lalukan tindakan,,anak aq sama kasusnya Kyk ezio,,tp blm menemukan Dr yg sreg,,bagi pengalaman Mb,,,dan Gmn keadaan ezio skr??

    • Nita Juwithafina

      Halo, sorry aq baru tau kalo ada comment.
      Udah mba, tindakannya Alhamdulillah hanya sekali. Pipis nya udah normal ke depan, tidak ada keluhan sakit. Kerjanya clear banget Dr. Irfan. Mba coba aja konsul2 dulu mba, beliau ada juga di RSCM Kencana.

      Semoga membantu ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *