Hasil Uji Vaksin Covid 19
Motherhood

Hasil Uji Vaksin Covid 19 di Indonesia

Vaksin Covid 19 merupakan hal yang ditunggu-tunggu kehadirannya oleh seluruh masyarakat dunia tak terkecuali Indonesia. Masyarakat berharap kehidupan normal seperti sedia kala bisa terlaksana lagi.

Tak terhitung berapa banyak planning yang tertunda. Tak terhitung berapa banyak pengangguran yang dihasilkan akibat virus ini. Dan masih banyak ‘tak terhitung’ lainnya.

Berita bahwa akan ada vaksin untuk virus Covid 19 ini seakan memberikan angin segar kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Aku rasa masing-masing orang punya kepentingan masing-masing mulai dari pengusaha, karyawan, pelaku bisnis, siswa bahkan ibu rumah tangga.

Kalau aku pribadi sebagai ibu yang mempunyai anak berkebutuhan khusus banyak sekali berharap agar vaksin ini cepat turun dan segala kegiatan yang berkaitan dengan tumbuh kembang anakku bisa terlaksana lagi, seperti terapi dan sekolah offline.

Di awal pandemi, aku memutuskan untuk menghentikan sekolah anak aku karena sebagai anak berkebutuhan khusus memang tidak bisa diterapkan sekolah online. Yang ada anak aku tantrum dan bersembunyi ke tempat-tempat yang bsia untuk bersembunyi, di bawah meja, di balik selimut. Aku makin setres dibuatnya. Belum lagi uang sekolah yang tidak berkurang dari keadaan biasa.

Seiring waktu Alhamdulillah sudah bayak orang-orang pintar di sana melakukan penelitian vaksin covid 19 ini termasuk Indonesia. Bagi yang belum tahu, saat ini sedang diuji kliniskan vaksin Covid 15 yaitu Vaksin Sinovac yang uji klinisnya berlangsung di Bandung.

Vaksin Covid 19 : bagaimana kabarnya di Indonesia?

Di Indonesia tepatnya di Bandung sedang melakukan uji klinis vaksin corona buatan Sinovac Biotech, China yang bekerja sama dengan PT. Bio Farma. Saat ini uji klinis tersebut sudah memasuki fase ketiga.

Uji klinis ini dilakukan oleh Tim Peneliti Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Bandung. Karena masi pada fase ketiga, tim peneliti belum bisa melakukan klaim apa-apa. Tim peneliti masih mengamati reaksi dan efek samping yang timbul.

Saat ini sudah dilakukan penyuntikan terhadap 1600-an relawan. Dan menurut Ketua Komnas Komite Nasional Pengkajian Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) , Prof. Dr. Hindra Irawan Satari , mengatakan bahwa perkembangan uji klinis fase ketiga vaksin corona Sinovac sejauh ini hasilnya baik.

Beliau juga menyatakan bahwa relawan yang divaksin tidak ada yang mengalami efek samping yang sifatnya serius, namun uji coba vaksin covid 19 belum selesai dan masih banyak hal yang harus dikaji.

Pemantauaan efek samping juga dilakukan oleh pihak BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Menurut Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito, BPOM akan terus melakukan pemantauan terkait efek samping yang mungkin timbul, hingga 3-6 bulan ke depan. Ini diperlukan untuk memastikan bahwa kandidat vaksin corona aman digunakan seluruh masyarakat nantinya.

Fakta vaksin Covid 19
Fakta vaksin corona Sinovac

Di rumah aja lebih baik !

Nah teman-teman, vaksin covid belum rilis berarti virus masi bertebaran di mana-mana. Cara untuk terhindar dari virus adalah melakukan segala aktivitas dari rumah. Memang berat banget si, setidaknya ini yang aku alami juga dalam 9 bulan ini.

Keadaan tidak selalu menuntut aku untuk berada di rumah. Aku sebagai pekerja kantoran harus memenuhi kewajiban untuk bisa berada di kantor. Aku punya kekhawatiran sebab di rumah ada lansia dan juga anak kecil.

Nah untuk mengatasi kekhawatiranku akan kesehatan orang di rumah. Aku memutuskan untuk melakukan tet Covid 19. Dan karena aku parnoan dengan antrian rumah sakit, aku mencari layanan test Covid 19 yang menyediakan layanan Drive Thru.

Lalu aku menemukan layanan dari Halodoc. Jadi Halodoc menyediakan akses layanan test Covid 19 test drive thru. Simak cara-cara dan persayaratannya berikut ini.

Tes Covid 19 oleh Halodoc

Halodoc bekerja sama dengan mitra rumah sakit ini menyediakan layanan test Covid 19 yang berlokasi di Jabodetabek.  Metode yang digunakan untuk bisa dapat akses rapid test ini tergolong mudah, karena teman-teman hanya cukup melakukan download aplikasi Halodoc saja, dan melakukan pesanan pada menu yang tersedia.

Cara melakukan tes Covid 19 melalui Halodoc :

  1. Buka aplikasi Halodoc, lalu klik menu ‘Test Covid-19’
  2. Setelah itu teman-teman bisa memilh jenis test yang akan dijalani. Karena saat ini mencari yang Drive Thru, aku memilih menu PCR Drive Thru.
  3. Setelah memilih jenis test, teman-teman diminta untuk memilih jadwal melakukan test.
  4. Jika sesudah menentukan jadwal, teman-teman akan diminta untuk mengunggah KTP.
  5. Selanjutkan akan muncuk menu pembayaran. Pembayaran ini beragam di setiap lokasi bisa berbeda.
  6. Setelah berhasil, maka teman-teman akan menerima kembali SMS konfirmasi tentang jadwal tes dan detail pesanan. SMS tersebut harus ditunjukkan kepada petugas medis saat melakukan pemeriksaan nantinya.
Langkah tes Covid 19 di Halodoc
Source : Halodoc,com

Cukup mudah bukan teman-teman? Buat yang parno-parno ni dengan antrian rumah sakit, layanan dari Halodoc ini bisa menjadi opsi untuk melakukan tes Covid 19 menjelang vaksin Covid 19 resmi dirilis.

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan saat melakukan tes?

Ketika akan pergi ke lokasi tes untuk melakukan tes Covid 19, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

  1. Datanglah tepat waktu berdasarkan jadwal yang telah dikonfirmasi (jangan datang terlalu awal ya). Minta orang terdekat untuk menemani pergi ke lokasi test Covid 19.
  2. Selalu menggunakan masker selama perjalanan maupun saat sudah sampai di lokasi test.
  3. Sesampai di lokasi test, akan ada pemeriksaan KTP atau Kartu Keluarga untuk yang di bawah umur dan SMS konfirmasi oleh petugas. Jangan lupa bawa smartphone yang kamu gunakan untuk melakukan booking. Test hanya berlaku bagi 1 (satu) pasien sesuai dengan KTP yang telah didaftarkan.
  4. Tes diambil melalui dalam hidung (Nasofaring) dan atau bagian belakang tenggorokan (Orofaring) 

Setelah melakukan serangkaian tes ini, maka disarankan untuk segera meninggalkan area fasilitas tes. Tidak perlu menunggu hasil tes, karena hasilnya akan dikirimkan melalui SMS atau notifikasi Halodoc di smartphone satu hari setelahnya atau sesuai hari yang tertera di aplikasi Halodoc.

Masa-masa pandemic ini memang masa terberat yang mungkin pernah kita lalui. Sambil menunggu vaksin Covid 19 Sinovac kelar uji klinisnya dan siap diberikan ke masyarakat luas, yuk jaga kesehatan kita, hindari setres, jaga imun tubuh. Dan apabila merasa tidak enak badan segera konsultasikan ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Salam sehat !! 

35 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *