Kelas Blogger : Jalan Pintas Belajar Blog
Blogging

Kelas Blogger : Jalan Pintas Belajar Blog

Kelas blogger bisa menjadi jalan pintas untuk belajar blog. Menjadi seorang blogger berarti siap untuk belajar seumur hidup. Ternyata, berbagai macam ilmu tentang blog  bisa kita dapatkan, mulai dari meningkatkan kualitas blog hingga membuat blog kita ada di halaman pertama google sehingga ramai pengunjung.

Mengawali tahun 2021 aku mendapat rezeki awal tahun mengikuti Kelas Growth Blogger bersama tim Growthing.id . Aku pun bersyukur banget bisa mengikuti kursus blogger yang menjadi favorite para blogger di Indonesia. Oleh karena itu aku pun berjanji akan berusaha sekuat tenaga untuk bertahan di sini.

Pengenalan Kelas Blogger

Kelas blogger yang aku ikuti kali ini adalah Kelas Growth Blogger atau KGB. KGB adalah bentuk pelatihan blogger yang dikomando oleh mas Irwin Andriyanto dan mas Punto Wicaksono dalam jangka waktu tertentu ( hanya mas Irwin yang tau).  Kalau teman-teman sudah mondar mandir di dunia blog pasti kenal mas Irwin pemilik blog utama masirwin.com dan mas Punto pemilik blog utama pe-we.com, yang sepak terjangnya sudah tidak diragukan lagi.

Nah mas Irwin dan tim ini mengadakan kursus blogger yang mengajarkan seluk beluk blog. Sesuai dengan namanya, kelas ini menyajikan materi untuk growth ilmu atau meningkatkan ilmu blog bagi para blogger.

Kelas Growth Blogger ini merupakan kelas ke-2 yang mas Irwin adakan. Sebelumnya, pada bulan September 2020 adalah sesi perdana kursus blog ini. Peserta yang mendaftar hingga ratusan orang, dan yang terpilih untuk bisa jadi peserta adalah 40 orang.   Mengenai kriteria pemilihan peserta yang lolos, lagi-lagi hanya mas Irwin yang tau. Namun yang pasti, blog harus memenuhi syarat dan ketentuan yang menyertai kelas ini.

Lalu, informasi mengenai kapan buka pendaftaran, bagaimana cara daftarnya, maupun jadwal pelatihan blogger bisa teman-teman bisa pantengin media sosial mas Irwin, khususnya facebook.

Alasan Ikut Pelatihan Untuk Blogger

Kenapa sih banyak banget blogger antri daftar kursus blogger?”

“Kenapa sih harus rebutan kursi untuk bisa ikut pelatihan blogger?”

“Kalau sudah lama nge-blog ngapain harus ambil kelas belajar blog?”

Mungkin teman-teman bertanya-tanya demikian setelah aku memperkenalkan kelas narablog ini.  Menurut aku, ilmu blog itu selalu berkembang seiring dengan perkembangan teknologi.

Ini 3 alasan yang membuatku untuk terus belajar tentang blog:

1. Update Ilmu & Teknologi

Aku memang baru  setahun ini mendalami dunia blog, namun nyatanya dalam setahun ini saja teknologi blog terus berkembang. Contohnya saja, di dashboard wordpress, dalam setahun ini sudah beberapa kali ada notifikasi untuk update fitur. Ada juga yang sudah tidak terpakai, dan kita harus menggantikannya dengan yang baru. Jika pengetahuan kita tidak ikut update, bakal tertinggal.

Sama halnya ketika dulu aku belajar Search Engine Optimation (SEO) pertama kali di bulan September 2020, hal yang berhubungan dengan erat dengan SEO ada 4 hal. Namun di Januari 2021, ternyata lebih berkembang, ada 7 hal termasuk yang menjadi parameter SEO.

Google sebagai mesin pencari pun rajin melakukan update. Salah satunya yang sempat menjadi bahan pembicaraan, Google memperkenalkan Google Analytics 4, setelah selama ini kita mengenal Universal Analytics.

Kalau tidak belajar, bagaimana bisa mengikuti perkembangan blog, sedangkan kita pasti menginginkan blog semakin berkembang.

2. Memperluas Networking Blogger

Pada setiap pelatihan blog pasti kita tidak sendirian. Selalu bertemu bahkan berkelompok dengan blogger lainnya. Artinya kita bisa membangun banyak jaringan pertemanan.

Gunanya apa? Tentu saja banyak manfaatnya. Dengan makin banyak kita mengenal blogger, memungkinkan kita bisa berkolaborasi. Selain itu bisa bertukar informasi, yang bisa menjadi ide content writing. Atau pun berbagi informasi terkait blogwalking, info job  hingga tips dan trik blog. Dan bonusnya lagi kita bisa menambah pertemanan di media sosial sehingga follower menjadi bertambah.

3. Setiap Kelas Blogger Punya Cara Berbeda

Selama 1 tahun ini aku sudah mengikuti berbagai macam pelatihan blogger. Tiap mentor punya ciri khas sendiri dalam memberikan materi. Jadinya, aku bisa melihat penjelasan dari berbagai macam point of view.

Hal inilah yang membuat aku menimba ilmu dan pengalaman semakin banyak. Masing-masing mentor menceritakan pengalamannya, membuatku bisa punya banyak referensi untuk kuterapkan.

Sampai di sini, apakah teman-teman makin penasaran dengan kelas belajar blog?  Atau makin kepo dengan Kelas Growth Blogger yang menurutku sangat challenging ini?

4. Blogger Sebagai Duta Literasi Digital

Dengan memiliki pengetahuan blog yang mumpuni, seorang blogger dapat menjadi duta literasi digital yang handal. Blog yang berisi informasi-informasi terpercaya dapat lebih mudah diakses apabila seorang blogger paham untuk optimasi tulisan serta blognya.

Tidak sedikit blog lahir dari pengalaman pribadi sesesorang, yang mana pengalaman ini sebenarnya bisa menjadi informasi untuk membantu banyak pembaca.

Seperti halnya aku yang dulunya susah sekali menemukan referensi terkait keadaan anak yang mengalami hipospadia dan berkebutuhan khusus. Dengan memahami ilmu blog cerita tersebut dapat sampai informasinya kepada orang-orang yang membutuhkan informasi.

Syarat Ikut Kelas Blogger

syarat mengikuti kelas growth blogger

Setiap pelatihan blog pasti mengajukan syarat saat perekrutan peserta. Kalau ingin serius mengikuti kursus blogger ini, para blogger wajib memenuhi persyaratan yang ditentukan. Nah untuk Kelas Growth Blogger ini, syarat yang wajib diikuti :

  1. Sehat jasmani maupun rohani.
  2. Seorang blogger.
  3. Mempunyai blog TLD/gTLD/ccTLD/sTLD bukan subdomain.
  4. Blog pribadi bukan hasil expried domain.
  5. Bukan Private Blog Network (PBN) dan domain jualan/bisnis/dagang.
  6. Usia domain minimal 6 bulan.
  7. Memahami teknik menyisipkan url pada achor text.
  8. Dapat Mengerjakan tugas tepat waktu.
  9. Bersedia untuk tidak baper.

Bagaimana syaratnya tidak terlalu susah bukan. Sudah siap untuk daftar KGB sesi berikutnya?

Kelas Persiapan Blogger

Setelah memenuhi syarat, calon peserta wajib mempersiapkan hal-hal yang berhubungan saat kursus blogger ini. Hal ini dapat disebut sebagai media pendukung materi kelas. Peserta tidak hanya diajari secara teori mengenai ilmu blog, namun akan ada praktik untuk menerapkan ilmu yang sudah diajarkan.

Calon peserta kelas harus mempersiapkan hal berikut ini :

  1. Mempunyai blog TLD. Bukan subdomain blogspot.com atau wordpress.com
  2. Rajin update di blog.
  3. Sudah terkoneksi dengan Google Search Console.
  4. Sudah terkoneksi dengan Google Analytics.
  5. Memiliki email cadangan.
  6. Lebih baik mempunyai Personal Computer (PC) atau laptop
  7. Siapkan link sosial media seperti facebook, twitter, dan instagram
  8. Mental yang kuat.

Materi Kelas Blogger

Kelas Growth Blogger kali ke 2 ini berdurasi  1,5 bulan, dengan materi pelatihan yang basic sampai advance. Penyampaian materi melalui whatsapp, 3 hari sekali. Setelah penyampaian materi, ada tugas yang harus dikerjakan oleh peserta. Tugas ini berupa essay dan juga praktik di blog sendiri.

Dalam silabus sih, ada 10 materi yang akan diajarkan. Namun sebagai peserta, kita harus bisa bertahan ke materi selanjutnya karena pada kelas ini menganut sistem kick. Jika tidak memenuhi ketentuan tugas dan tidak disiplin mengenai waktu maka tidak segan-segan mentornya mengeluarkan jurus tendangan madun alias didepak dari grup belajar blog.

Materi yang diajarkan di Kelas Growth Blogger :

1. Menulis dan Editing

Menulis adalah hal basic yang harus seorang blogger kuasai, sebab tulisan inilah yang mewakili kita untuk menyampaikan informasi kepada orang lain. Kalau menulis asal-asalan, siapa yang mau baca hayo 🙂 . Singkat ceritanya, blogger harus bisa memanusiakan bahasa tentang informasi yang sampai kepada pengunjung, agar peran blogger untuk memajukan literasi digital dapat terwujud.

2. Storytelling

Storytelling adalah ilmu diterapkan dalam penulisan blog untuk membawa pembaca merasakan alur cerita yang kita tuliskan di blog. Tidak jarang tulisan ini banyak disukai pembaca karena pembaca bisa merasakan ‘hidup’ dalam alur cerita tersebut. Sampai-sampai aku bisa menceritakan mengenai lahirnya domain nitajuwithafina.com.

3. Google Analytic

Apakah kamu golongan orang yang suka bertanya “lihat pageview di mana sih?” ? Akupun dulu seperti itu, teman. Namun setelah coach Bahrul Ilmi menjelaskan materi Google Analytic ini dengan sangat jelas, aku dan semua peserta jadi tercerahkan. Google Analytic tidak hanya untuk melihat pageview, banyak fitur-fitur nya yang powerfull. Sebut saja GA bisa membantu aku melakukan evaluasi konten, mengetahui postingan mana yang menjadi minat pengunjung hingga memutuskan kapan waktu yang tepat untuk posting tulisan.

4. Google Search Console

Selain GA, Google menyediakan tools lainnya yaitu Google Search Console (GSC). GSC membantu blogger untuk meningkatkan performa blog, seperti memberitahukan kinerja maupun error yang ada di blog. Awalnya, aku asing dengan semua fitur yang ada di sini, namun berkat ajaran dari coach Bahrul Ilmi juga, aku saat ini sudah lumayan akrab dengan fitur yang ada di GSC ini.

pembelajaran google di kelas blogger

5. Keyword Research

Sebelum menulis artikel untuk blog, penting bagi para blogger untuk membuat konsep artikel. Dalam pembuatan konsep artikel ini wajib hukumnya melakukan riset kata kunci ( keyword research ) baik itu kata kunci utama maupun kata kunci turunan. Makin bingung? Iyap aku semula seperti ini juga, lagi lagi aku tercerahkan di Kelas Growth Blogger ini. Melalui materi yang disampaikan oleh coach Aldhi Fajar, menjawab semua pertanyaan yang selama ini ada di benakku. Kuncinya harus sering-sering latihan agar pembuatan konsep makin mantap. Serta artikel makin banyak bertengger di halaman satu google sesuai dengan kata kunci yang dibidik.

6. SEO On Page

Kalau mau jujur ini adalah sesi paling ribet dari seantero materi. Aturannya banyak, strukturnya harus jelas, sampai jumlah karakterpun harus menjadi perhatian. Namun, bagi aku ini jadi materi terfavorit sih.

Kalau dulu nulis asal nulis tanpa memperhatikan jumlah karakter, heading, subheading, bahkan jumlah artikel pun se-mood-nya nulis. Kalau sekarang harus teratur, bahkan untuk upload gambar dan meletakkannya di artikel, kita harus cek nama file, alt, judul, keterangan apakah mengandung keyword utama kita atau tidak, dan semua kalimat tidak boleh sama.

Hasilnya apa? Artikel kita bisa masuk ke halaman satu Google. Jadi semangat kan nulis sesuai kaidah SEO.

Research Keyword dan SEO sebagai materi pembelajaran blogger

7. Materi Lain Kelas Blogger

Selain 6 materi di atas ada lagi yang belum diajarkan, yaitu SEO Offpage, fotografi blogging, media sosial, audit SEO. Aku belum menguraikannya di artikel ini karena aku baru sampai taham mempelajari SEO On Page.

Manfaat Belajar Blog

Mengikuti kursus blogger aku rasa tidak ada efek negatifnya, malah mendatangkan manfaat yang luar biasa. Nah, kira-kira apa saja ya manfaat yang bisa didapatkan dari belajar blog ini? 

1.Mengetahui Cara Menulis Blog yang Benar

Aku memang dari dulu suka menuangkan banyak hal melalui tulisan, itu sebabnya aku lebih suka ngobrol via text daripada ngomong langsung. Namun, ternyata untuk menulis blog tidak semudah itu. Banyak kaidah penulisan yang wajib dipelajari terutama menyangkut penulisan-penulisan kata dalam bahasa Indonesia yang selama ini kurang ku pahami. Alhasil melalui kursus blog ini, sku bisa mengetahui cara menulis yang tidak asal-asalan.

2.Memahami Seluk Beluk Blog Lebih Detail

Kalau semula buka cms blog hanya untuk menulis dan gonta ganti template, sejak belajar blog ini jadi mengetahui bahwa struktur blog harus benar, kesalahan sedikit saja sudah mempengaruhi performa blog. Dan satu yang aku suka dari KGB ini adalah memaksa para peserta untuk TELITI. Yang mana dalam dunia nyata ketelitian itu sangat terpakai apalagi jika harus menghadapi client maupun pelanggan.

3.Meningkatkan Kualitas Blog

Setelah memahami bagaimana menulis yang baik dan seluk beluk blog lebih detail, mau tidak mau kita harus bebenah blog kita. Bebenah agar tetap bisa perform pada mesin pencari. Berbekal ilmu dan pengalaman ini tentu seiring dengan meningkatnya kualitas blog kita.

4.Meningkatkan Semangat & Cara Kerja secara Team Work

Sekarang eranya kolaborasi, bukan kompetisi.

Kalimat di atas tepat sekali menggambarkan kondisi para peserta yang ada di KGB. Kekompakan tim menjadi salah satu penentu apakah bisa lanjut ke materi berikutnya atau gugur di medan pertempuran. Dengan kondisi ini membuat seluruh peserta putar otak untuk menciptakan sistem kerja sama yang efektif. Semangat yang tercipta, dapat menjasi motivasi tersendiri untuk maju.

Terakhir tapi bukan yang akhir, bagaimana masih mikir-mikir ikut kelas belajar blogger? Itulah sebagian ceritaku ikut kelas blog berkualitas ini. Mengapa sebagian? Karena akupun masih belum menyelesaikan hingga garis finish. Aku berharap bisa sampai ke garis finish. Semangat belajar & semangat naik kelas !!

Kesimpulan Ikut Kelas Blogger

Memutuskan jadi seorang blogger berarti siap belajar seumur hidup sepanjang semua elemen kehidupan masih bergerak dan improve. Pelatihan blogger bisa menjadi wadah pemacu belajar blog, selain autodidak. Dan Kelas Growh Blogger (KGB) menjadi satu pilihan yang tepat untuk meningkatkan tidak hanya ilmu blog namun juga mendidik menjadi blogger yang berkualitas.

16 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *