Sekolah Inklusi di Bekasi
Special Needs Kids

Sekolah Inklusi di Bekasi

Sekolah inklusi di Bekasi ada di mana ya?Apakah ada sekolah umum yang menerima anak berkebutuhan khusus di Bekasi? Mungkin ini sebagian pertanyaan sering terlontar dari para orang tua yang memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) seperti aku dan berdomisili di Bekasi.

Apa itu Sekolah Inklusi ?

Kalau mengutip dari halaman Sahabat Keluarga Kemdikbud, sekolah inklusi adalah sekolah biasa atau reguler yang menyediakan sarana dan prasarana serta guru pendamping untuk peserta didik berkebutuhan khusus belajar bersama-sama dengan peserta didik normal.

Jadi siswa-siswi di sekolah ini terdiri dari siswa normal dan juga siswa berkebutuhan khusus. Biasanya prosentasenya ditetapkan oleh masing-masing sekolah. Yang pasti siswa normal akan mendominasi. Biasanya dalam 1 kelas hanya menyediakan 2 kursi untuk anak ABK.

Ciri-ciri Sekolah Inklusi

Untuk mengenal apakah suatu sekolah merupakan sekolah inklusi atau bukan sebenarnya tidak terlalu sulit, yang sulit adalah menemukannya.

Aku termasuk orang tua yang sulit menemukan sekolah untuk anak ABK. Alasan yang sering dikemukakan ke aku adalah bahwa sekolah tidak punya tenaga SDM yang mumpuni untuk mendidik anak berkebutuhan khusus. Memang sih SDM memegang peranan penting untuk bisa membuat suatu sekolah biasa menjadi sekolah inklusi.

Suatu sekolah dapat menjadi sekolah inklusi apabila mempunyai ciri-ciri berikut:

1. Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang memadai

Sekolah menyediakan tenaga pengajar biasa dan juga tenaga pengajar yang mampu dan biasa menangani anak ABK. Dalam 1 kelas biasa terdapat 2 guru, yang satu untuk mengajar dan yang satunya untuk menangani anak ABK ketika rewel atau mengalami kendala, sehingga kelas bisa kondusif. Anak ABK yang rewel atau mengalami masalah diberi kurikulum khusus agar tetap bisa mengikuti

2.Pengawasan yang baik dengan lingkungan yang kondusif

Tidak sedikit anak ABK yang harus konsumsi obat pada jam tertentu. Nah karena anak-anak sebagian besar waktunya berasa di sekolah, maka pihak sekolah wajib memberikan obat sesuai dengan aturan dokter yang ada atau berdasarkan informasi orang tua.

Selain itu sekolah yang terdapat anak ABK harus menerapkan pengawasan ekstra, sebab pola pikir anak ABK ini tidak sama dengan anak normal. Ada yang belum paham bahaya, ada yang bertindak tanpa berpikir, ada juga yang bisa jahil ke teman lainnya dan lain sebagainya.

3.Mempunyai kurikulum khusus untuk anak ABK

Pada umumnya sekolah menerapkan kurikulum pendidikan kepada para siswa. Kurikulum ini dirancang biasanya mengikuti dengan aturan yang berlaku di Negara kita. Tidak semua anak ABK mampu mengikuti kurikulum yang ditetapkan. Oleh karena itu butuh kurikulum khusus untuk anak ABK. Sekolah biasanya akan menyediakan Guru Pendamping Khusus untuk anak berkebutuhan khusus.

4.Ada edukasi pendidikan moral

Edukasi pendidikan moral ini berlaku untuk seluruh elemen yang berada di sekolah. Anak berkebutuhan khusus ini sangat rawan dengan tindakan  bullying. Saling pengertian dan tenggang rasa menjadi tuntutan edukasi moral yang harus ada di sekolah inklusi.

5.Ada pelatihan keterampilan

Anak ABK itu unik. Mungkin dia tidak pandai dalam hal akademik, namun dia bisa mempunyai keterampilan khusus ataupun bakat. Tugas sekolah adalah menyediakan fasilitas pelatikan keterampilan pendukung. Dengan begini anak bisa berkarir dengan jalannya masing-masing.

6.Pengembangan anak lebih ke arah potensinya

Tujuan anak ABK bersekolah adalah agar mempunyai tujuan yang lebih terarah. Potensinya bisa berkembang jika diarahkan dengan benar, dikembangkan sesuai dengan kemampuan ataupun bakat yang ada. Hal ini akan berdampak pada perkembangan anak di lingkungan masyarakat pada masa mendatang.

7.Anak normal belajar dan belajar bersama dengan anak ABK

Anak ABK akan belajar bersama seruangan dengan anak normal. Dan nanti jika butuh pelajaran tambahan untuk memahami lebih maka yang bertugas mengajarkan anak ABK ini adalah guru pendamping tadi. Sosialisasi antar elemen sekolah mulai dari guru, teman-teman kelas, penjaga sekolah betul-betul dibangun, agar tumbuh rasa saling mengenal dan memiliki.

Manfaat Bersekolah di Lingkungan Inklusi

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apa sebenarnya manfaat menggabungkan siswa normal dan siswa ABK di lingkungan belajar (sekolah)? Bukannya justru anak normal akan terganggu dengan kehadiran anak ABK?

Ternyata tidak seperti itu. Program ini ada bukan hanya sekedar menggabungkan siswa normal dan siswa ABK, melainkan melalui proses ini bisa memasukkan perubahan dasar kepada semua elemen sekolah untuk mendukung dan menangani kebutuhan individu setiap anak. Sehingga model pendidikan seperti ini tidak hanya bermanfaat untuk anak ABK saja tapi untuk anak normal juga berkesempatan untuk berkembang.

Manfaat sekolah inklusi bagi siswa didik :

1.Pandangan bahwa setiap siswa itu unik

prinsip sekolah inklusi

Dengan prinsip dari sekolah inklusi yang menganggap setiap siswa itu unik, tidak ada yang sama, membuat sekolah ini berusaha menciptakan berbagai peluang dan cara bagi siswa untuk belajar.

Oleh karena itu guru di sekoah inklusi biasanya akan mempertimbangan cara belajar siswa apakah itu visual, auditori, kinestetik dan lainnya.

2.Pemberian dukungan untuk menyelesaikan kurikulum yang ditetapkan

menyelesaikan kurikulum

Guru di sekolah inklusi punya tanggung jawab ke siswa untuk siswa tersebut menyelesaikan kurikulum yang ada. Sehingga sekolah akan menciptakan lingkungan  yang mendukung untuk anak. Dukungan ini dapat berupa kelompok belajar yang fleksibel, kegiatan literasi dan lain lagi yang tujuannya adalah membangun lingkungan belajar yang lebih responsif.

3.Lingkungan belajar yang positif serta bertoleransi

lingkungan bekajar yang positif

Sekolah inklusi berhasil menerapkan pendidikan yang efektif apabila dapat tercipta lingkungan belajar  yang positif serta bertoleransi antar elemen sekolah secara konsisten.

Keadaan ini sangat penting untuk anak ABK. Dan siswa lain juga akan menikmati lingkungan yang positif ini yang tentunya akan berguna untuk perkembangan karakternya di masa mendatang.

4.Keberagaman dihormati bukan dipermasalahkan

menghormati keberagaman

Ini adalah pamugkasnya, ketika sekolah telah berhasil menjadikan seluruh warga sekolah benar-benar merasa sebagai bagian dari sekolah termasuk juga untuk orang tua murid. Iklim seperti ini akan membuat keadaan saling menerima dengan berbagai latar belakang yang berbeda-beda.

Sekolah Dasar Inklusi di Bekasi

Mengapa aku hanya fokus membahas di Bekasi? Sebab saat ini aku berdomisili di Bekasi, tepatnya di Bekasi Utara. Sehingga aku menulis ini berdasarkan pengalamanku dalam mencari sekolah anak berkebutuhan khusus di Bekasi yang tidak sebentar. Sampai, ketika menulis ini pun, aku belum memutuskan akan memilih sekolah dasar inklusi mana untuk Ezio, anak aku.

Menemukan Sekolah ABK di Bekasi

Menemukan sekolah untuk anak ABK di Bekasi adalah suatu proses panjang dan tidak sebentar. Tidak sedikit sekolah yang langsung pasang ‘pagar’ ketika aku berkata “begini Pak/Bu, aku punya anak yang saat ini sedang mengikuti terapi atas diagnosa ADHD di umur 4,5 tahun”.

Beragam jawaban ‘penolakan’ yang aku dapatkan mulai dari yang halus hingga to the point bahwa tidak menerima anak berkebutuhan khusus dengan berbagai alasan.

Alhamdulillah aku ada dalam wadah komunitas orang tua dengan anak ADHD. Sehingga, dari sana aku banyak dapat info sekolah inklusi di Bekasi. Terapis di tempat Ezio terapi pun banyak membantu dalam memberikan informasi di mana menemukan sekolah ABK di daerah Bekasi ini.

Ezio berumur 6 tahun lebih, sehingga aku saat ini mencari sekolah dasar inklusi di Bekasi yang cocok untuk Ezio. Sebelumnya Ezio menempuh TK inklusi juga, namun harus putus sekolah yang merupakan dampak dari pandemi yang saat ini sedang terjadi.

Daftar Sekolah Dasar Inklusi di Bekasi

Berikut aku rangkum beberapa SD Inklusi yang tersebar di daerah Bekasi.

  • Sekolah alam bekasi
    Jl. Raya Hankam No.99, Jatiranggon, Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17131
    (021)8440170
  • Victory Plus School
    Jl. Kemang pratama Raya Blok AN No.2-3, Bojong Rawalumbu, Bekasi, Jawa Barat 17116
    (021)82403878
  • SD Islam Al Fajri
    Jl. Cemara 1 No.2, Jakasampurna, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat 17145
    (021)8843067
  • Montessori Private School
    Jl. Masjid Raya No.7, RT.010/RW.005, Jatibening, Kec. Pondok gede, Kota Bekasi, Jawa Barat 17421
    (021)8476286
  • Haqi School
    Jl. Rawa. GedeRaya No.68, RT.007/RW.002, Jatimelati, Kec. Pondok Melati, Kota Bekasi, Jawa Barat 17415
    0856-9583-0404
  • Sekolah Alam Jingga
    Jl. Raya Perjuangan Kav. Wisma Asri 33B RT. 002/RW. 001, Teluk Pucung, Bekasi Utara, RT.005/RW.001, Teluk Pucung, Kec. Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat 17121
    (021)22163077
  • Sekolah Alam Nusantara Bekasi
    Jl. Tenggilis No.30 RT.003/RW.012, Kel, RT.003/RW.012, Mustika Jaya, Kec. Mustika Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat 17158
    (021)82412792
  • Sekolah Alam Tunas Mulia, Sumur Batu, Bantargebang
    RT.002/RW.003, Sumur Batu, Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat 17154
    0813-1051-2635
  • Royal Wells School
    Kampung Dua, Jl. Puncak Cikunir No.25, RT.002/RW.015, Jakasampurna, Bekasi Barat, Bekasi City, West Java 17145
    (021) 8867163
  • Natural School of Islamic Natur
    Jl.Pondok Gede Permai No.11A, RT.009/RW.003, Jatirasa, Kec. Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17424
    (021)82412792
  • School Children with Special Needs Ephphata Indonesia
    Perumnas 1 Bekasi, Jl. Tenggiri 14 No.85, RT.001/RW.002, Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144
    (021)88968038
  • SD Alam Kebon Pelangi Mustika Jaya, Kota Bekasi
    Jl. Cipete Raya, Mustika Sari, Kec. Mustika Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat 17157
  • SDIT Permata Hati
    Jl.Buwek Jaya, Jl. Buser No.23-24, Kelurahan Sumber jaya, Kec. Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat 17510
    (021)8837314
  • SDIT Al IZZAH
    Jl.Kemandoran No. 65, Pekayon Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17148
    (021)82429067
  • ISLAMIC GREEN SCHOOL
    Jl. Cipete Raya No.113, Kp. Babakan Bondol, Mustikasari, Mustikajaya, RT.001/RW.002, Mustikasari, Kec. Mustika Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat 17157
    (021)29081546
  • SD CITTA BANGSA
    Sena, Jl. Bumi Arya No.11, RT.001/RW.002, Jatikramat, Kec. Jatiasih, Kota Bks, Jawa Barat 17421
    081297531003 
  • Lazuardi Global Islamic School Al-Kaffah
    Perum Harapan Indah Jalan Harapan Indah Raya Blok AA No.8-9, RT.010/RW.019, Pejuang, Kecamatan Medan Satria, Kota Bks, Jawa Barat 17131
    021 – 88865496

Baca juga : Tanyakan hal ini jika berkunjung untuk survey sekolah anak

Biaya SD Inklusi di Bekasi

Ketika berbicara mengenai biaya, harus aku akui sebagai orang tua anak berkebutuhan khusus memang harus merogoh kocek lebih banyak untuk membiayai anak bersekolah. Pasalnya sekolah inklusi ini mematok biaya yang tidak kecil.

Hal ini bisa dimaklumi, sebab sekolah harus mempersiapkan banyak hal untuk bisa menyelenggarakan pendidikan bagi anak ABK. Mulai dari SDM yang khusus, pengawasan yang ektra hingga fasilitas-fasilitas lain untuk mendukung tidak hanya anak ABK yang berkembang, namun juga untuk anak normal yang bersekolah di sana.

Ketika aku survey beberapa sekolah yang aku sebutkan di atas, biaya masuk atau biasa disebut uang pangkal rata-rata tidak ada yang di bawah 10 juta, bahkan ada yang puluhan juta. Belum lagi SPP bulanannya, biasa sekolah menetapkan SPP bulanan untuk anak ABK ini lebih besar dari SPP untuk anak normal. Ada yang menetapkan hingga 2 sampai 3 kali lipat dari nilai SPP bulanan anak normal.

Mengapa sekolah ABK mahal?

mengapa sekolah anak ABK mahal

Mengapa lebih besar biaya SPP nya? Sebab untuk anak berkebutuhan akan mempunyai Guru Pendamping Khusus ( GPK ) atau biasa juga disebut Shadow Teacher. Dan tidak terelakkan juga menghadapi anak ABK butuh skill yang berbeda dengan anak normal. Treatment untuk anak ABK ini juga akan khusus. Ini yang menyebabkan biaya SPP nya lebih tinggi dari anak normal.

Sekolah inklusi juga biasanya mematok 1 kelas itu hanya sekitar 15 sampai dengan 20 orang tidak lebih. Hal ini guna memberikan fokus yang lebih optimal bagi anak ABK. Sekali lagi, mengenal sekolah untuk anak berkebutuhan khusus itu tidak sulit, yang sulit menemukannya. Dengan demikian, tetaplah semangat !! 🙂

38 Komentar
  • Siti Mustiani

    Kalau di Pontianak ada nih salah satu sekolah swasta dan kebetulan menerima anak berkebutuhan khusus walaupun bukan termasuk sekolah inklusi. Menarik sih, saya sempat mengajar ABK ini, memang perlu sabar dan teknik-tenik pengajaran yang lebih spesial. Salut untuk guru-guru yang mengajar ABK di seluruh Indonesia, saya setuju bahwa anak-anak dilahirkan pasti punya keunikannya masing-masing.

  • Muna Fitria Hidayat

    Selama ini selalu penasaran: ABK yang diijinkan bersekolah di sekolah inklusi, apakah ada batasannya? Maksudnya, apakah untuk anak dengan “keterbatasan” tertentu? Atau semua anak spesial bisa diterima?
    Semangat terus, Mbak Nitha 💜

    • Dian

      sebenarnya, apakah memang harus anak abk sekolah di sekolah inklusi ya mbak?
      aku pernah dgr, baiknya disekolahkan di sekolah umum dgn pendamping, agar perkembangan belajar nya lebih cepat.
      seperti anak mentor menulisku, dari sd hingga kuliah ya di sekolah umum, meski tuna rungu anaknya bisa mengikuti
      dan skrg berprestasi sbg designer

  • sarahjalan_

    memang tak bisa disamakan biaya sekolah ABK dengan umum ya mom, sebab kemampuan guru yang mengajar juga lebih spesifik untuk ABK. Dan tetap semangat buat para mom menemukan sekolah khusus untuk anak

  • Hendra Suhendra

    Baru tau informasi soal sekolah inklusi ini. Ternyata bisa ya, ABK digabung belajar bersama dengan anak normal.

    Biaya sekolahnya pun ternyata lebih mahal dari anak biasa. Lalu apakah semua ABK bisa diterima belajar di sekolah inklusi? Atau ada kriteria tertentu saja?

    Makasih infonya

    • bunsal

      Di Lombok, cukup jarang sekolah inklusi, apalagi selengkap ulasan di atas
      Jadi terinspirasi untuk cari tau. Mungkin sebenarnya sudah ada, tapi saya yg blusukannya kurang jauh

  • Nur Asiyah

    Kadang bertanya-tanya, untuk sekolah campuran seperti ini rentan tindakan bully atau tidak ya kak. Karena pasti murid yang ada akan sangt beragam. atau ada aturan khusus yang dapat menekan agar tindakan negatif tersebut tidak muncul

  • Fenni Bungsu

    Kalau digabungkan untuk membiasakan atau beradaptasi dengan lingkungan ya, jadi bisa sama-sama belajar saling menerima dan menghargai satu sama lain. Karena dari sekolah itulah terjadinya pembelajaran

    • Icha Marina Elliza

      Semangat kak Nita…
      Di Medan pun sebenarnya tidak sulit menemukan sekolah inklusi. Tapi memang kebanyakan ya sekolah swasta.
      Sekolah negeri di sini tetap banyak yang menerima ABK dengan catatam harus ada shadow teacher nya.

  • Bambang Irwanto

    Alhamdulillah sekrang di Bekasi sudah banyak Sekolah inklusi. Jadi Anak Berkebutuhan Khusus, bisa merasakan bersekolah di sekolah formal. Orang tua pun akan lebih bahagia juga. karena dulu, memang Anak Berkebutuhan Khusus selalu ditolak bersekolah di sekolah umum.
    Dan ini bagus juga bagi murid yang normal. Bisa lebih menghargai, lebih berempati, juga lebih bersyukur.

    • Lasmicika

      Aku juga kepikiran gitu sih. Kenapa ABK digabungkan dalam satu sekolah dengan anak lain?

      Bukan tentang anak normal akan terganggu dengan kehadiran ABK, tapi lebih memikirkan gimana nanti ABK menyejajarkan langkah dengan anak-anak lain.

      Cuma ya, pasti pihak sekolah sudah mempertimbangkan hal ini baik-baik dan bisa menangani kendala yang ada.

      Semoga Ezio dapat sekolah terbaik ya mbak.

  • Rudi G. Aswan

    bagus ya di Bekasi sudah cukup banyak sekolah inklusi yang memadai. Kalau di kota kecil saya, ya masih minim. Ya minim jumlah dan edukasinya. Lingkungan sekolah yang penuh toleransi rasanya sulit didapatkan karena ya pemahaman ortu dan guru malah tak jarang masih kurang. Semoga makin banyak sekolah inklusi di Indonesia, agar ABK bisa mendapat pendidikan semestinya. Semoga juga biayanya bisa dijangkau, mungkin didukung pemerintah daerah.

  • Adevi Gads

    Wah keren ya bekasi. Sayangnya sekolah sekolah inklusi dengan sistem pendidikan yang bagus adanya hanya di kota besar. Di daerah kami yang jauh dari kota sulit sekali menemukannya. Sedihhhh

  • Lidya

    Aku tinggal di Bekasi tapi baru tau info soal sekolah inklusi ini, nanti aku share ke teman yang membutuhkan ya. Ternyata Victory Plus School termasuk sekolah inklusi juga ya

  • Didik

    Kadang kesel juga sih sekolah skrg mahal2 banget. Aku jadi teringat tetanggaku yg pny ABK. Sampe sekarang juga ga disekolahin krn ga ada biaya. Akhirnya ya jadi cibiran masyarakat lain..pdhl kalo ada bantuan, sekolah inklusi ini perlu digalakkan loh. ABK tak jarang melahirkan anak2 jenius loh.

  • Kak Niken

    kakak kalila di awal masuk sekolah pun masuk sekolah yang memiliki program inklusi. awal pemikirannya biar kakak kalila bisa memahami bahwa setiap manusia itu unik dan memiliki kelebihan masing2

  • Mutia Nurul Rahmah

    Oh, ternyata sekolah inklusi itu seperti ini. Aku jadi tahu dan bisa jadi pilihan bila nanti sudah punya anak

  • Samleinad

    Sekolah inklusi mulai memang punya tujuan yg mulia ya. Anak2 berkebutuhan khusus bisa bersekolah bareng anak-anak nornal lainnya, hal ini bisa menumbuhkan sikap toleransi dan saling menghargai pada anak didik. Terima kasih utk pembahasan yg lengkap mengenai sekolah inklusi ini

  • Adriana Dian

    sekolah inklusi ini bikin pendidikan jadi setara untuk anak yang berkebutuhan khusus yaaa.. untuk anak anak.biasa juga bisa membantu mereka menerima beragam perbedaan fisik yang ada yaaa

  • iidYanie

    Sekolah inklusi di Bekasi lumayan banyak ya berbeda sekali kondisinya dengan di tempat saya tinggal, hanya 1-2 saja jadi wajar harga sekolahnya sedikit lebih mahal dibanding sekolah yang lain, semoga semakin banyak sekolah umum yang berfungsi sebagai sekolah inklusi ini ya mba 🙂

  • Fachrur

    di bekasi bearti ada sekolah inklusi, ternyata memang cocok untuk anak” yang takut di bullying.. semoga daerah lain sekolah inklusi juga bisa karena masih sedikit saja

  • Kakakiky

    Sekolah inklusi ini cukup unik menurut saya, di mana sekolah ini menggabungkan antara siswa yang normal dan siswa dengan kebutuhan khusus. Akan ada pengajaran moral yang lebih di sekolah seperti ini di mana siswa pastinya akan diajarkan untuk saling menghargai sesama walaupun mereka berbeda.

  • Haryadi Yansyah | Omnduut

    Sekolah seperti ini mestinya semakin banyak dan semakin tersebar luas di seluruh Indonesia. Untuk kota besar kayak Palembang aja, sekolah inklusi masih sulit ditemukan. Jikapun ada, letaknya hanya menguntungkan penduduk wilayah tertentu dan memberatkan yang lainnya.

    Sepupuku yang memiliki anak berkebutuhan khusus salah satu “korban” saat anak harus disekolahkan di sekolah umum dan ternyata penerimaan pengajar ternyata jauh dari ideal. Ya, di sisi lain paham butuh guru-guru khusus untuk membantu menangangi ABK.

  • yuntango

    Kalau Ngebayangin bagaimana SDM di sekolah inklusi ini sungguh mengajarkan arti toleransi. dan karena ngebayangin itu jadi penasaran, bagaimana metodenya. That’s why biayanya juga lebih mahal dari sekolah biasa.

  • FIRSTY UKHTI MOLYNDI

    aku punya pengalaman yang gak enak saat bersekolah SD di sekolah non inklusi. Dulu kan jarang ya terdengar pendidikan inklusif ga semasif sekarang 🙂

  • gina

    point 3 dan 4 bagi saya paling penting, karena perlu dipupuk dari dasar soal pengertian perbedaan dan menjujung tinggi toleransi. Apalagi di daerah Bekasi. Oh ya saya juga domisilinya di Bekasi, tepatnya di Tambun, Kabupaten Bekasi. Kalau daftar sekolah inklusi kabupaten Bekasi, ada gak kak?

  • Juliastri Sn

    Sekolah inklusi dengan pengajar yang gesit, sabar dan berkompeten dalam mendidik ABK adalah koentji keberhasilan SDM dalam sekolah itu ya mba. Bagaimanapun, keistimewaan ABK harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh supaya metode pembelajarannya tepat sasaran.

  • Akarui Cha

    Wajar rasanya jika sekolah khusus ABK lebih mahal harganya.

    Semoga tulisan tentang sekolah inklusi untuk ABK di Bekasi ini banyak memberi manfaat bagi para orangtua yang berjuang untuk menemukan sekolah yang tepat bagi anak.

  • lendyagasshi

    Sekolah anakku, Bandung Islamic School juga menerima murid inklusi. Tapi memang sebelum memasukkan anak ke sekolah, orangtua harus banget survey satu per-satu dan kalau boleh anaknya duduk di kelas selama beberapa hari untuk trial.
    Dan komunikasi dengan shadow teachernya kudu terbangun.

    Semoga berjodoh dengan sekolah yang terbaik yaa, kak..

  • Gita Sarrah

    Ternyata di Bekasi banyak juga ya sekolah inklusi. Setelah baca tulisan ini saya baru ngeh sama istilah sekolah inklusi. Saya jadi ingat sama anaknya sepupuku, ternyata dia bersekolah di sekolah inklusi yang support untuk anak berkebutuhan khusus. Semoga semakin banyak sekolah inklusi yang support bagi masyarakat yang membutuhkan khususnya dengan biaya yang lebih terjangkau.

  • Fajarwalker.com

    Waw aku baru tau kalau ada sekolah inklusi seperti ini. Kukira selama ini anak-anak berkebutuhan khusus akan selalu masuk ke sekolah khusus.
    Ternyata ada semacem ‘hybrid school’ gini juga ya. Banyak pulak ini di bekasi. Saya sebagai warga bekasi semi nomaden jadi merasa bangga.

    Semangat ya kaak.
    Fajarwalker.com

    • Nita Juwithafina

      Sebab kalau ga dicampur dia bisa lebih mundur mas. Sekolah khusus itu yang bertitle SLB, itu biasanya untuk anak yang depannya ada tuna nya… *paham kan ya mas maksud aku.. agak ga tega aku nulisnya 🙁

  • maya rumi

    mba adikku kerja di sekolah inklusi untuk tk saja sih di daerah jakarta barat daerah grogol, aq baru tahu loh kalo sekolah seperti ini di istilahkan dengan sekolah inklusi dan seperti cerita mba adikku pun sering cerita mendidik abk ini memang lebih menantang yah tapi menjadi kesenangan tersediri juga untuk pengajar maupun sekolah itu sendiri,

    alhamdullilah ini di bekasi banyak sekali yah sekolah inklusi jadi bisa ada pilihan untuk orang tua menyesuaikan dengan budget yang mereka punya

    • Nita Juwithafina

      Iya mba.. soalnya 1 kelas biasa maximal cuma ada 2 orang. Kalau banyak sekolah inklusi bisa makin banyak menampung mba

  • Zikri Fadhilah

    Meski tidak ada embel-embel inklusinya, sepertinya sekolahku dulu (SMA) juga menampung ABK walau belum pernah aku jumpai ke tahap yang disabilitas. Tapi ya namanya juga remaja, sekali dua kali pasti ada kejadian bully, syukurnya guru-guru selalu bisa jadi penengah yang baik khususnya bagi ABK.

    • Nita Juwithafina

      Untuk sekolah inklusi biasa memang ga dicantumkan mas. CUma kalau emmang dia terima anak ABK dan punya kurikulim khusus ABK bisa dikatakan itu sekolah inklusi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *