Mengatasi rambut rontok karena hijab
Beauty Things

Cara Mengatasi Rambut Rontok Karena Hijab

Penggunaan hijab di kalangan wanita muslimah kini sudah semakin trendy. Dengan menggunakan hijab rambut seorang wanita memang tak terlihat, namun bukan berarti tidak perlu dirawat.

Rambut rontok karena penggunaan hijab sering sekali terdengar, bahkan aku sendiri pun mengalaminya. Menurut aku bukan permasalahan penggunaan hijabnya, namun bagaimana perawatannya adalah inti dari masalah rambut hijab rontok ini.

Rambut Rontok Semenjak Berhijab

Aku menggunakan hijab sejak tahun 2016. Sebelum itu, aku sering sekali melakukan perawatan rambut. Baik itu dengan pergi ke salon, maupun perawatan sendiri di rumah. Setiap dua hari sekali, aku selalu keramas.

Di setiap minggunya, aku selalu meracik cream dengan kandungan-kandungan yang baik untuk rambut, seperti alpukat, lidah buaya, wortel, ginseng, kemiri, coklat dan lain sebagainya. Bahkan kadang aku juga menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan rambut aku.

Setelah menggunakan jilbab, rambut sudah tak terlihat lagi, proses perawatan tersebut aku suka skip. Aku menggunakan sampo sesukanya. Selain itu karena aku adalah seorang karyawan aku sering keramas di pagi hari dan tanpa mengeringkan rambut langsung menggunakan jilbab.

Hari-hari ku diwarnai dengan rambut rontok ketika keramas dan bersisir. Awalnya aku tidak begitu khawatir karena aku sendiri punya tipe rambut yang tebal. Jadi ya, aku berpikir โ€œgapapa lah rontok sesekali, toh rambutku tebal iniโ€.

Jangan pernah berpikiran seperti itu ya sist, karena setebal apapun rambut kalau sering rontok akan menjadi tipis juga. Ini sudah terjadi padaku, harapanku setelah baca ini jangan pernah lagi menyepelekan perawatan rambut walaupun tidak terlihat karena menggunakan hijab.

Penyebab Rambut Rontok Karena Hijab

Mungkin banyak yang berpikir bahwa penggunaan hijab yang menyebabkan rambut rontok. Padahal sebenarnya yang menjadi pokok permasalahan adalah treatment yang belum benar. Berikut penyebab rambut rontok setelah berjilbab :

Penyebab rambut rontok saat penggunaan hijab

Perawatan Rambut Rontok Untuk Wanita Hijab

Walaupun menggunakan hijab dan rambut tidak terlihat, bukan berarti rambut lantas dianggap anak tiri ya, sist. Tetap harus diperhatikan dan dirawat. Rambut yang tidak sehat akan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dalam diri kita sendiri.

Nah, bagaimana caranya melakukan perawatan rambut rontok untuk wanita yang menggunakan jilbab? Berikut cara gampang mengatasi rambut rontok karena penggunaan hijab :

  1. Keringkan rambut sebelum menggunakan jilbab
    Jika hendak menggunakan jilbab, sebaiknya rambut basah setelah keramas dikeringkan terlebih dulu. Menggunakan jilbab dengan kondisi rambut basah bisa menjadikan lebih rentan rapuh dan rontok.
    Apalagi jika rambut basah lalu diikat. Ini akan membuat rambut lepek dan dapat menyebabkan kerusakan rambut.

  2. Pergunakanlah shampo dan conditioner yang memang untuk wanita berjilbab
    Untuk wanita berhijab sebaiknya menggunakan shampo dan conditioner khusus untuk wanita berhijab sebab formulanya sudah disesukan dengan kebutuhan wanita yang mengenakan hijab seharian.

  3. Urailah rambut saat berada di rumah
    Jika teman-teman selalu mengingat rambut ketika menggunakan jilbab, ada baiknya saat berada di rumah, rambut dibiarkan terurai. Hal ini bermanfaat memberkan waktu untuk rambut bernafas.

  4. Jika harus mengikat rambut, ikatlah dengan longgar
    Tujuan mengikat rambut dengan ikatan yang longgar adalah agar rambut pada bagian akar tidak tertarik yang pada akhirnya akan menyebabkan kerontokan.

  5. Rapikan rambut dengan sisir bergigi jarang
    Merapikan rambu dengan bersisi menggunakan sisir bergigi jarang ataupun dengan menggunakan jari akan membuat rambut mudah diatur sehingga meminimalisir kerontokan.

  6. Perawatan tambahan dengan hairmask
    Hairmask ini bermanfaat untuk membantu memperkuat kutikula rambut, merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat, dan mengandung antioksidant.

  7. Penggunaan hijab dengan bahan kain yang tepat
    Pemilihan bahan kain pada hijab cukup memegang peranan penting bagi kesehatan rambut. Sebaiknya menggunakan bahan yang breathable seperti kain katun.

Shampo Untuk Rambut Rontok Hijab

Aku dulu mengira cukup dengan penggunaan shampo saja sudah cukup untuk mengatasi rambut rontok. Ternyata belum, melainkan harus ditambah dengan perawatan ekstra lainnya. Mengapa? Karena tugasnya shampo adalah menghilangkan seluruh kotoran dan debu dari rambut hingga mintak baik dirambut pun ikut hilang.

Selanjutnya, tugas conditioner ini adalah mengembalikan kelembaban rambut. Rambut yang tidak lembab akan menyebabkan ujung rambut mudah patah serta bercabang. Banyak orang yang malas menggunakan conditioner karena menganggap sesuatu yang ribet dan takes time, apalagi jika sedang terburu-buru.

Padahal jika tahu pasti manfaatnya dan sudah merasakannya, pasti penggunaan conditioner ini menjadi agenda pokok setelah dalam keramas setelah menggunakan shampo. Nah supaya tidak terburu-buru keramas dapat dilakukan sepulang bepergian, jadi tidak terikat oleh waktu.

Produk Untuk Mengatasi Rambut Rontok Hijab

Untuk teman-teman yang sedang mencari produk untuk menyudahi drama rambut rontok. Dove mengeluarkan produk yang terinspirasi dari ritual perawatan rambut wanita yang Halal dari Timur Tengah.

Produk dengan formula yang mengandung Habbatus sauda dan Minyak Zaitun untuk mengurangi rambut rontok dan menutrisi kulit kepala sejak pertama kali keramas serta untuk kulit kepala agar tetap sehat dan rambut yang lebih kuat.

Produk untuk rambut rontok wanita hijab

Kesimpulan

Rambut rontok karena penggunaan hijab, sebenarnya permasalahannya terletak pada bagaimana perawatan yang dilakukan. Cara sederhana dapat dilakukan untuk mengatasi rambut rontok. Selain itu perawatan rambut tidak cukup hanya dengan penggunaan shampo, harus dibarengi dengan penggunaan conditioner agar kelembaban rambut tetap terjaga.

Sudahkah teman-teman merawat rambut masing-masing? Salam !

7 Komentar
  • Sariah Ridwan

    Masalah rambut berhijab emang ada aja.. kalo aku masih bingung belum cocok udah coba apa aja.. gatel ya itu parah…kayaknya ini cobain juga yaa๐Ÿคญ

  • Caca

    Perawatan dasar rambut yg sering ke skip adalah conditioner. Krn menurutku bikin rambutku lepek. Apalagi brjilbab gampang bikin rambut lepek

  • Mirza

    Rambut walau berhijab tetep harus dirawat ya karena lebih banyak masalah, makanya harus ekstra perawatannya. Dove solusi shampo bagus buat yg berhijab

  • Alfizza

    Nah bener banget mom, aku sering iket rambut ketat2 terus dipakein hijab. Untungjg udah ada shampoo Dove utk wanita berhijab

  • Marantina

    Dove ini shampoo ku pas masih kuliah deh. Sekarang makin banyak shampoo yang menyasar pengguna berhijab ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *