Kelas Growthing, kelas para blogger untuk terus belajar
Blogging

Kelas Growthing, Kelas Para Blogger Untuk Terus Belajar

Kelas Growthing? Apa si itu? Kelas Growthing adalah kelas yang digagas oleh mas Irwin dan tim untuk beberapa orang yang memang serius berkembang dalam hal nge-blog . Dan alhamdulillah aku menjadi salah satu orang yang dipilih jadi murid. Berbekal dengan blog TLD yang baru aku punya bulan Januari 2020 ini, aku memang butuh drive untuk mengembangkannya. Sebelumnya aku pernah menceritakan di sini, alasan aku menulis blog ini.

Mengetahui Kelas Growthing Dari Mana?

Sebelum mengetahui darimana mengetahui kelas ini, aku mau bercerita dulu bagaimana aku berkenalan online dengan mas Irwin. Jadi aku diperkenalkan online dengan mas Irwin ini beberapa moms blog, yang ketika itu sedang getol-getolnya men-konsistenkan diri dalam nge-blog. Ketika ku bertanya berguru pada siapa, jawabannya semua merujuk ke satu nama yaitu mas Irwin. Tanpa menunggu waktu lama, aku add Facebook mas Irwin. Lalu di waktu yang hampir bersamaan aku dikenalkan online juga dengan mba Monica dari seorang teman. Aku sempat cakap-cakap dengan mba Monica mengenai di mana tempat belajar blog, lalu mba Monica merujuk ke satu akun Facebook dan ternyata rujukan mba Monica sama dengan rujukan moms blog yaitu mas Irwin. Hal ini yang membuat keinginanku untuk ikut kelas mas Irwin semakin kuat. Sampai aku tiap pagi dan sore selalu intip Facebook mas Irwin untuk lihat apakah ada jadwal kelas 🙂 . Dan ternyata usahaku tidak sia-sia, 5 Agustus 2020 dengan awalan Bismillah , mas Irwin membuka kelas Growth Blogger yang kemudian dikenal dengan nama Kelas Growthing. Dengan Bismillah  pula aku submit apa yang diminta dalam form dengan sejujur2nya. Dan Alhamdulillah di tanggal 27 Agustus 2020, aku menerima whatsapp dari mas Irwin bahwa aku masuk dalam 42 peserta yang berkesempatan belajar di Kelas Growthing.

Rekam Jejak Diterima Kelas Growthing
Rekam Jejak Diterima Kelas Growthing

Ada Apa di Kelas Growthing?

Apa Itu Kelas Growthing
Apa Itu Kelas Growthing

Di kelas Growthing ini, diajari seluk beluk blogging. Setidaknya ada beberapa point penting yang sudah aku dapat dari kelas ini, yaitu :

  1. Bagaimana tata cara menulis yang baik, karena blog itu bahan bakunya adalah tulisan sehingga skill menulis menjadi pondasi pondasi yang penting.
  2. Bagaimana agar tulisan dapat dikenal oleh mesin pencari, karena bagaimana pun blog ini adalah tulisan yang kita unggah di internet dan dicari oleh orang melalui mesin pencari (Google).
  3. Bagaimana membaca pangsa pasar di mesin pencari, ini berguna agar tulisan kita masuk dalam target pembaca.
  4. Bagaimana menentukan kata kunci agar tulisan kita dapat dengan mudah ditemukan melalui mesin pencari.
  5. Bagaimana penerapan SEO ( Search Engine Otomation )  yaitu optimasi blog agar mendapat tepat teratas dalam pencarian Google.

Detail dari point-point di atas, aku tuliskan di page Belajar SEO di Kelas Growthing ya teman-teman, silahkan di baca 🙂 .

Selain materi-materi teknikal tersebut, menurut aku softskill pun ikut diajarkan walaupun secara tidak langsung. Walaupun kami dididik semi militer oleh coachcoach ini, tapi kami seakan tidak gentar malah buat tambah semangat, belum drama nyeleneh para coach, sepertinya tidak pengen kelas ini berakhir :). Softskill yang aku dapatkan seperti :

  1. Bagaimana bersikap sebagai seorang blogger yang ingin dikenal baik di khalayak ramai, bagaimana bertanggung jawab terhadap apa yang sudah dikerjakan/dituliskan.
  2. Bagaimana kedisiplinan dan ketelitian itu diperlukan oleh setiap blogger jika ingin serius di ranah per-blog-an ini.
  3. Bagaimana teamwork itu berperan, yah karena di kelas ini awalnya kami berkelompok, dan jika ada yang tidak kompak, maka 1 tim akan terkena tendangan si madun ( istilah mas Irwin untuk kick peserta ). Di sini pun kami saling bantu membantu agar semua tetap bertahan.
  4. Bagaimana konsistensi dalam menulis itu harus terpatri
  5. Bagaimana blogger dibentuk untuk tetap terus belajar karena ilmu itu berkembang, jangan cepat berpuas diri apalagi sampai menanggalkan ilmu SEO jika merasa blog nya sudah laris.

Blogger Harus Terus Belajar

Blogger Harus Tetap Belajar
Blogger Harus Tetap Belajar

Yap, ini insight yang aku dapatkan setelah 2 pekan mengikuti Kelas Growthing dan semoga janggep jadi 4 pekan yaaa… amin ( mohon bantu doa teman-teman aku tidak di kick ) hehe. Insight-nya adalah di kelas ini para peserta di drive untuk terus belajar, belajar lagi dan lagi. Mengapa ?

  1. Pengunjung yang datang ke blog kita itu bukan hanya untuk memperoleh hal yang bermanfaat, namun juga hal yang baru. Sehingga sebagai blogger perlu mempelajari juga hal-hal baru , tentunya untuk meningkatkan jumlah pengunjung
  2. Dengan terus belajar , kita makin mengasah kemampuan kita dalam menulis, mengolah tata bahasa dalam tulisan dan yang terpenting memberikan nyawa dalam tulisan sehingga membuat pengunjung membaca merasa hidup.
  3. Ilmu SEO selalu berubah-ubah, seiring dengan algoritma google  yang selalu berubah juga. Sehingga blogger dituntut juga untuk selalu update akan hal ini.
  4. Dengan belajar dapat terbangun networking , karena keberhasilan seorang blogger juga ditentukan dengan koneksi yang baik.

Mendapat Teman Baru di Kelas Growthing

Tergabung dalam 42 peserta kelas, otomatis harus saling mengenal antar peserta. Aku jadi kenal dengan blogger seantero Indonesia, ada yang dari Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Jabodetabek sendiri. Berawal dari 42 peserta hingga kini kami menjadi 18 peserta, mengapa? Ya karena lainnya sudah terkena tendangan si madun. Di postingan kali ini, aku ingin memperkenalkan 2 teman blogger tangguh, peserta yang masih bertahan.

Teman Baru Kelas Growthing
Teman Baru Kelas Growthing

Mba Yustrini

Mba Yustrini adalah seorang introvert, pemilik blog https://www.catatanyustrini.com asal Yogjakarta. Mba Yustrini ini menulis blog sudah sejak 2016 silam. Blog ini menjadi sarana mba Yustrini untuk menyimpan naskah cerpen, sarana mengasah kemampuan menulis, mengikuti beberapa , membuat catatan dan mengabadikan moment. Selain itu hal yang aku kagumi dari mba Yustrini ialah beliau senang menghabiskan waktu di took buku dan perpustakaan, WOWWW…pantas saja tulisan-tulisan mba Yustrini selalu berbobot. Mba Yustrini pun rajin menimba ilmu di manapun tersedia termasuk dalam kelas Growthing ini. Satu kesamaan aku dengan mba Yustrini adalah sama-sama penyuka Doraemon, aku jadi flashback jamana aku kecil kamarku bertabur Doreamon J . Oh ya buat teman-teman yang ingin tau lagi ada lomba blog apa saat ini, boleh loh berkunjung ke blog mba Yustrini ini, karena mba Yustrini juga suka berbagi info mengenai lomba blog.

“Belajar untuk Masa Depan yang Lebih Baik”

Yustrini

Mas Eko

Bernama lengkap Wahyu Eko Cahyanto, mas Eko ini adalah seorang designer iseng ( begitu dia menyebutkan dirinya saat perkenalan ) asal Sambas, Kalimantan Barat. Namun setelah mengintip karya-karya mas Eko melalui instagram @wahyuekocahyanto, karyanya bisa di dikatakan bukan karya iseng, tapi memang bener-benr niat buatnya. Dan melalui blog nya https://www.bangekoo.my.id/ , mas Eko yang juga pecinta drakor ini banyak mengulas mengenai drama korea, cuss para Korea lovers segera meluncur ajah ke blog mas Eko buat menambah referensi per-korea-an 🙂 . Mas Eko ini suka nulis tentang hal-hal yang dialaminya dan hal-hal yang memang dia sukai, seperti suka lari , suka makan dan suka matematika.  Mas Eko mulai nge-blog dari tahun 2017. Dan tujuan mengikuti kelas Growthing ini adalah ingin terus upgrade ilmu tentang nge-blog, yang pada akhirnya bisa menaikkan DA blognya Mas Eko ( sama si dengan aku tujuannya mengikuti kelas ini salah satunya ada ini juga hehe )

“Saya lebih senang menyebut diri saya sebagai desainer iseng karena emang suka iseng-iseng desain”

Wahyu Eko Cahyanto

Ada Yang Pengen Ikutan Kelas Growthing Juga?

Bagian ini aku akan berbagi tips, bagaimana jika ingin mengikuti Kelas Growthing yang spektakuler ini. Sebelum mendaftar, pastikan teman-teman niat dengan sungguh-sungguh mau belajar untuk perkembangan blog teman-teman sendiri. Teman-teman harus tough untuk digebleng, karena tujuan akhir dari kelas ini juga demi kemajuan blog teman-teman. Jadi ikutannya bagaimana?

Cara Ikutan Kelas Growthing
Cara Ikutan Kelas Growthing

Untuk  mau memperdalam ilmu per-blog an, dan langsung dimentorin oleh mas Irwin dan mas Pe-we,  Growthing.id bakal buka kelas premium: Coaching SEO For Blogger. Dengan tekun mengikuti kelas tersebut, bisa berkesempatan dapat mencapai DA 30+ dan DR bisa mencapai 50+ , mantul  kan 🙂 . Kelas ini kuotanya terbatas dan biasa yang daftar melebihi batas. So kalau emang serius, cusss segera diamankan ni dengan klik gambar di bawah. Selamat menimba ilmu, ingat Blogger harus tetap belajar , yah !!

Coaching-SEO
Coaching-SEO

46 Komentar
  • Kak Niken

    Ys, karena lmu selalu berkembang begitu juga blog kita. Konsisten dan attitude jadi kunci seorang blogger. Tetap semangttt. Aku mauuuuu belajar lagi sm coach wkwkkwkw. Gak ke amgkut. Syedihhhh

    • Eva Putri

      Asli sih ini menarik banget. Kalo soal membangun blog pengen banget rasanya ikutan kelas semacam ini. Tapi ngga yakin juga bisa konsisten, takutnya malah ditendang sebelum selesai wkwk

  • www.derisafriani.com

    Nah aku kebaca juga postingannya mbak Yustrini. Tapi baru sempat judulnya aja. Keren nih kelasnya. Tapi sayang aku belum punya budget untuk belajarnya. Maybe next time. Pengen naikin DA dan Console.

    • Lasmicika

      Beruntung banget dapat berbagai soft skill dari para coach yang pro di bidang blogging ya. Saya mau praktekkan juga ah, biar makin update juga ilmu per blogging an.

  • Natasha

    Jarang2 ada kelas blogger yang ada ngajarin hardskill dan softskill nih, aku rasa baru di kelas ini ada yang beginian, thanks telah berbagi mbakk..

    • Linda Nur Muhaimin

      Keren banget niy infonya. Memang kita harus terus belaar dan konsisten itu penting meski banyak godaannya tetap harus diusahakan konsisten. Makasih udah sharing, Kak.

  • Nona septiana

    wah coursenya bagus banget ini Nita. Ini 500rb udah paketan semua ya? Atau ada paket yg per tema gitu ? Thanks ya infonya.

  • Shanty Dewi Arifin

    Ah akhirnya bisa menyempatkan diri juga mampir ke blog cantik ini. Kelas yang seru ya. Mudah-mudahan kita bisa bareng sampai akhir bulan ya Nit. Semangat!

    • Silvie

      Seru bgt deh kelasnya, awal nulis aku fikir blog itu cuma buat curhat curhat gak jelas dulu jaman nya kak radit tuh. Ngarep viral. Terus blassss…

      Terus masih ngeblog tapi dengan beda tujuan, adsense.. dulu ngiler banget liat gajian blogger dari adsense. Udah daftar dll akhirnya sadar sih..

      Sekarang blog jadi panggilan diri aja, fokus ke konten yg bermanfaat terus belajar nah pas baru nemu klient di blog baru sadar kalau seo jg penting. Belajar seadanya meskipun angot angotan..

      Hehehe

  • Triyatni

    Kelas growthing ini keren banget. Bermula dari kelas menaikkan domain authority hingga berkembang lebih lengkap dan kompleks.

    Aku udah beberapa kali daftar tapi ditolak huhu. Tapi senang banyak bloger yang semakin berkembang 😆

    • Shafira- ceritamamah.com

      Semoga berhasil smp akhir mbak nita. Keren bgt sih, smg berkah ya Mbak. Ditunggu sharing ilmu blognya lagi 🙂

    • Inna Latifa Rahmawati

      Mom Nita, saluut!! Tulisan Mbak Nita enak banget dibacanya, ngalir banget, rapi memanjakan mata, info grafisnya juga bagus banget. MasyaAllah.

      • Vivian wahab

        Wow keren nih kelasnya, jadi pengen ikutan juga buat menambah ilmu tentang blog. Biar nambah teman juga biar temannya nambah dan saling berbagi ilmu 😄✨

  • Ghina

    Semangat mba Nitaaaaa. Beuh tmbh menantang ya tugasnya. Jangan lupa makan mbak, hihi
    Para coach ini ngajarnya sersan banget emang yaa. Kalo udh kabar2 tendangan madun ngeri ngeri sedap. Semoga lolos sampai akhir ya mbak

  • Meykke Santoso

    wah makin serrruuuu ya Mba Nitha, sayang ya aku keluar di awal saat itu. Udah naik berapa DA nya mba? coach Irwin dan coach Pewe emang juarak ya MMbaa, semangatttt terus sampai 2 minggu ke depan ya

    • Jessica Jolanda

      Kalau mau fokus ngeblog emang kudu paham SEO nih, biar tulisan kita ada dihalaman pertama google yaa mak 😁 skrg mah enak banget ada kelas gini, jadi bisa belajar sama-sama skalian nambah temen baru.

  • Latifah Desti Lustikasari

    kereeen banget mba Nit masih bertahan yaaa, semangat mbak mengerjakan tugas yang luarbiasa sekali, hehehe semangat mbak semangat

    • Ajeng

      Waaa envyy, seru sekali bisa ikutan kelas growthing begini mba, dan setuju banget sih kalau blogger memang harus terus belajar, mau nabung nabung dulu nih supaya bisa ikutan kelasnya, menarik menurutku 🙂 makasih sharingnya mbaa

  • Tian

    Menarik yaa.. Aku juga harus belajar banyak lagi seputar SEO nih. Udah sempat belajar dulu2 tapi kayaknya sekarang ada penyesuaian lagi yaa jadi kudu tetap update. Kapan2 mau ikutan ah kelasnya

  • Winda Ersy

    suatu hari nanti harus ikut kelas ini juga nih biar blog ku sjak thun 2014 ga gtu-gtu mulu😭 mitis lihatnya banyak sarsng laba2😭

  • deviyuanz

    Beberapa kali buat blog tapi rasanyaaa selalu ada yang kurang, ga pede publish akhirnya jadi draft terus hehehe Tulisannya jadi motivasi baru niih..semoga lanjut yaa n share disini ilmunyaah hihiii..

    • Akarui Cha

      Iya banget. Sebagai bligger memang nggak boleh berhenti belajar hal baru dan tetap jaga serta perluas pertemanan. Sungguh luar biasa nih teman teman yang gabung di kelas Growthing-nya coach Irwin. Kompak jadinya.

  • Ria Setiawati

    Aku salut mba sm keinginan km mau menjadi lebih baik dan berkembang dgn serius dlm menulis blog. dengan mencari info ttg kelas growthink ini dan sharing. Aku ngerasa terpacu jadinya untuk mulai nulis blog lagi.

  • Laksmipaopao

    Bersyukur banyak banget yang mencintai dunia perbloggeran.. karena menulis adalah tentang rasa dan pemikiran yang tertuang indah dalam tulisan

    • Inova Melisa

      Huaa “berkesempatan dapat mencapai DA 30+ dan DR bisa mencapai 50+” ? Bener bener mantul mah ini hihihi.. Tapi lumayan kebayang gemblengannya bakal kaya apa :p

  • Reyne Raea

    Waahh keren nih, semangat selalu untuk terus bertumbuh di kelas blogger, biar makin keren ilmunya dalam dunia perbloggeran dan makin semangat ngeblog dengan konsisten 🙂

  • Ida Tahmidah

    Wah setuju banget jadi blogger memang harus terus belajar ya… Aku juga jadi pengen belajar banyak lagi nih.. Sayang belum bisa fokus di dunia blog yang menyenangkan ini..hehe…

  • Retno

    Belajarnya pakai sistem tendang, ya? 😀
    Btw, masa sih Yustrini baru ngeblog tahun 2016? Seingatku dia pernah mereview novelku sebelum tahun 2016 itu deh. Apa tahun 2016 itu TLD-nya ya.

  • Nia Haryanto

    Keren banget deh kelas growthing ini. Pastinya nih bisa bikin kita dan blog kita naik level ya. Huhu kepengen banget deh ikutan. Tapi aku takut dengan materinya sendiri. Wkwkwk… aku lemah orangnya. 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *