Kelas Growthing, kelas para blogger untuk terus belajar
Blogging

Kelas Growthing, Kelas Para Blogger Untuk Terus Belajar

Kelas Growthing? Apa si itu? Kelas Growthing adalah kelas yang digagas oleh mas Irwin dan tim untuk beberapa orang yang memang serius berkembang dalam hal nge-blog . Dan alhamdulillah aku menjadi salah satu orang yang dipilih jadi murid. Berbekal dengan blog TLD yang baru aku punya bulan Januari 2020 ini, aku memang butuh drive untuk mengembangkannya. Sebelumnya aku pernah menceritakan di sini, alasan aku menulis blog ini.

Mengetahui Kelas Growthing Dari Mana?

Sebelum mengetahui darimana mengetahui kelas ini, aku mau bercerita dulu bagaimana aku berkenalan online dengan mas Irwin. Jadi aku diperkenalkan online dengan mas Irwin ini beberapa moms blog, yang ketika itu sedang getol-getolnya men-konsistenkan diri dalam nge-blog. Ketika ku bertanya berguru pada siapa, jawabannya semua merujuk ke satu nama yaitu mas Irwin. Tanpa menunggu waktu lama, aku add Facebook mas Irwin. Lalu di waktu yang hampir bersamaan aku dikenalkan online juga dengan mba Monica dari seorang teman. Aku sempat cakap-cakap dengan mba Monica mengenai di mana tempat belajar blog, lalu mba Monica merujuk ke satu akun Facebook dan ternyata rujukan mba Monica sama dengan rujukan moms blog yaitu mas Irwin. Hal ini yang membuat keinginanku untuk ikut kelas mas Irwin semakin kuat. Sampai aku tiap pagi dan sore selalu intip Facebook mas Irwin untuk lihat apakah ada jadwal kelas 🙂 . Dan ternyata usahaku tidak sia-sia, 5 Agustus 2020 dengan awalan Bismillah , mas Irwin membuka kelas Growth Blogger yang kemudian dikenal dengan nama Kelas Growthing. Dengan Bismillah  pula aku submit apa yang diminta dalam form dengan sejujur2nya. Dan Alhamdulillah di tanggal 27 Agustus 2020, aku menerima whatsapp dari mas Irwin bahwa aku masuk dalam 42 peserta yang berkesempatan belajar di Kelas Growthing.

Rekam Jejak Diterima Kelas Growthing
Rekam Jejak Diterima Kelas Growthing

Ada Apa di Kelas Growthing?

Apa Itu Kelas Growthing
Apa Itu Kelas Growthing

Di kelas Growthing ini, diajari seluk beluk blogging. Setidaknya ada beberapa point penting yang sudah aku dapat dari kelas ini, yaitu :

  1. Bagaimana tata cara menulis yang baik, karena blog itu bahan bakunya adalah tulisan sehingga skill menulis menjadi pondasi pondasi yang penting.
  2. Bagaimana agar tulisan dapat dikenal oleh mesin pencari, karena bagaimana pun blog ini adalah tulisan yang kita unggah di internet dan dicari oleh orang melalui mesin pencari (Google).
  3. Bagaimana membaca pangsa pasar di mesin pencari, ini berguna agar tulisan kita masuk dalam target pembaca.
  4. Bagaimana menentukan kata kunci agar tulisan kita dapat dengan mudah ditemukan melalui mesin pencari.
  5. Bagaimana penerapan SEO ( Search Engine Otomation )  yaitu optimasi blog agar mendapat tepat teratas dalam pencarian Google.

Detail dari point-point di atas, aku tuliskan di page Belajar SEO di Kelas Growthing ya teman-teman, silahkan di baca 🙂 .

Selain materi-materi teknikal tersebut, menurut aku softskill pun ikut diajarkan walaupun secara tidak langsung. Walaupun kami dididik semi militer oleh coachcoach ini, tapi kami seakan tidak gentar malah buat tambah semangat, belum drama nyeleneh para coach, sepertinya tidak pengen kelas ini berakhir :). Softskill yang aku dapatkan seperti :

  1. Bagaimana bersikap sebagai seorang blogger yang ingin dikenal baik di khalayak ramai, bagaimana bertanggung jawab terhadap apa yang sudah dikerjakan/dituliskan.
  2. Bagaimana kedisiplinan dan ketelitian itu diperlukan oleh setiap blogger jika ingin serius di ranah per-blog-an ini.
  3. Bagaimana teamwork itu berperan, yah karena di kelas ini awalnya kami berkelompok, dan jika ada yang tidak kompak, maka 1 tim akan terkena tendangan si madun ( istilah mas Irwin untuk kick peserta ). Di sini pun kami saling bantu membantu agar semua tetap bertahan.
  4. Bagaimana konsistensi dalam menulis itu harus terpatri
  5. Bagaimana blogger dibentuk untuk tetap terus belajar karena ilmu itu berkembang, jangan cepat berpuas diri apalagi sampai menanggalkan ilmu SEO jika merasa blog nya sudah laris.

Blogger Harus Terus Belajar

Blogger Harus Tetap Belajar
Blogger Harus Tetap Belajar

Yap, ini insight yang aku dapatkan setelah 2 pekan mengikuti Kelas Growthing dan semoga janggep jadi 4 pekan yaaa… amin ( mohon bantu doa teman-teman aku tidak di kick ) hehe. Insight-nya adalah di kelas ini para peserta di drive untuk terus belajar, belajar lagi dan lagi. Mengapa ?

  1. Pengunjung yang datang ke blog kita itu bukan hanya untuk memperoleh hal yang bermanfaat, namun juga hal yang baru. Sehingga sebagai blogger perlu mempelajari juga hal-hal baru , tentunya untuk meningkatkan jumlah pengunjung
  2. Dengan terus belajar , kita makin mengasah kemampuan kita dalam menulis, mengolah tata bahasa dalam tulisan dan yang terpenting memberikan nyawa dalam tulisan sehingga membuat pengunjung membaca merasa hidup.
  3. Ilmu SEO selalu berubah-ubah, seiring dengan algoritma google  yang selalu berubah juga. Sehingga blogger dituntut juga untuk selalu update akan hal ini.
  4. Dengan belajar dapat terbangun networking , karena keberhasilan seorang blogger juga ditentukan dengan koneksi yang baik.

Mendapat Teman Baru di Kelas Growthing

Tergabung dalam 42 peserta kelas, otomatis harus saling mengenal antar peserta. Aku jadi kenal dengan blogger seantero Indonesia, ada yang dari Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Jabodetabek sendiri. Berawal dari 42 peserta hingga kini kami menjadi 18 peserta, mengapa? Ya karena lainnya sudah terkena tendangan si madun. Di postingan kali ini, aku ingin memperkenalkan 2 teman blogger tangguh, peserta yang masih bertahan.

Teman Baru Kelas Growthing
Teman Baru Kelas Growthing

Mba Yustrini

Mba Yustrini adalah seorang introvert, pemilik blog https://www.catatanyustrini.com asal Yogjakarta. Mba Yustrini ini menulis blog sudah sejak 2016 silam. Blog ini menjadi sarana mba Yustrini untuk menyimpan naskah cerpen, sarana mengasah kemampuan menulis, mengikuti beberapa , membuat catatan dan mengabadikan moment. Selain itu hal yang aku kagumi dari mba Yustrini ialah beliau senang menghabiskan waktu di took buku dan perpustakaan, WOWWW…pantas saja tulisan-tulisan mba Yustrini selalu berbobot. Mba Yustrini pun rajin menimba ilmu di manapun tersedia termasuk dalam kelas Growthing ini. Satu kesamaan aku dengan mba Yustrini adalah sama-sama penyuka Doraemon, aku jadi flashback jamana aku kecil kamarku bertabur Doreamon J . Oh ya buat teman-teman yang ingin tau lagi ada lomba blog apa saat ini, boleh loh berkunjung ke blog mba Yustrini ini, karena mba Yustrini juga suka berbagi info mengenai lomba blog.

“Belajar untuk Masa Depan yang Lebih Baik”

Yustrini

Mas Eko

Bernama lengkap Wahyu Eko Cahyanto, mas Eko ini adalah seorang designer iseng ( begitu dia menyebutkan dirinya saat perkenalan ) asal Sambas, Kalimantan Barat. Namun setelah mengintip karya-karya mas Eko melalui instagram @wahyuekocahyanto, karyanya bisa di dikatakan bukan karya iseng, tapi memang bener-benr niat buatnya. Dan melalui blog nya https://www.bangekoo.my.id/ , mas Eko yang juga pecinta drakor ini banyak mengulas mengenai drama korea, cuss para Korea lovers segera meluncur ajah ke blog mas Eko buat menambah referensi per-korea-an 🙂 . Mas Eko ini suka nulis tentang hal-hal yang dialaminya dan hal-hal yang memang dia sukai, seperti suka lari , suka makan dan suka matematika.  Mas Eko mulai nge-blog dari tahun 2017. Dan tujuan mengikuti kelas Growthing ini adalah ingin terus upgrade ilmu tentang nge-blog, yang pada akhirnya bisa menaikkan DA blognya Mas Eko ( sama si dengan aku tujuannya mengikuti kelas ini salah satunya ada ini juga hehe )

“Saya lebih senang menyebut diri saya sebagai desainer iseng karena emang suka iseng-iseng desain”

Wahyu Eko Cahyanto

Ada Yang Pengen Ikutan Kelas Growthing Juga?

Bagian ini aku akan berbagi tips, bagaimana jika ingin mengikuti Kelas Growthing yang spektakuler ini. Sebelum mendaftar, pastikan teman-teman niat dengan sungguh-sungguh mau belajar untuk perkembangan blog teman-teman sendiri. Teman-teman harus tough untuk digebleng, karena tujuan akhir dari kelas ini juga demi kemajuan blog teman-teman. Jadi ikutannya bagaimana?

Cara Ikutan Kelas Growthing
Cara Ikutan Kelas Growthing

Untuk  mau memperdalam ilmu per-blog an, dan langsung dimentorin oleh mas Irwin dan mas Pe-we,  Growthing.id bakal buka kelas premium: Coaching SEO For Blogger. Dengan tekun mengikuti kelas tersebut, bisa berkesempatan dapat mencapai DA 30+ dan DR bisa mencapai 50+ , mantul  kan 🙂 . Kelas ini kuotanya terbatas dan biasa yang daftar melebihi batas. So kalau emang serius, cusss segera diamankan ni dengan klik gambar di bawah. Selamat menimba ilmu, ingat Blogger harus tetap belajar , yah !!

Coaching-SEO
Coaching-SEO

46 Komentar

Bebas Berkomentar Namun Sopan ^-^



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *