Alasan Menulis Blog
Blogging

Alasan Menulis Blog Versi nitajuwithafina.com

Di tulisan ini aku akan membongkar alasan menulis blog versi nitajuwithafina.com. Jika ada yang bertanya mengapa aku menulis blog? Maka bacalah sepenuhnya, maka niscahya ditemukan benang merahnya πŸ™‚ . Menulis adalah suatu cara yang dapat dilakukan untuk mengingat sesuatu karena memori manusia yang terbatas untuk mengingat banyak hal. Begitu pun dengan aku, semakin menua baterai memori semakin lemah. Oleh karena itu melalui tulisan aku coba untuk menorehkan apa yang aku lalui, dan sekaligus membagikan pengalaman kepada sesama yang membutuhkan. Menulis blog bagiku terus terang merupakan hal yang baru, selama ini aku hanya menulis di buku catatan biasa hal-hal yang sudah aku alami, beserta solusi yang ada. Mengapa? Karena aku merasa tidak butuh orang lain mengetahuinya. Sampai suatu ketika semua berbalik, dan aku berpikir ini semua harus diungkapkan.

Alasan Menulis Blog

Alasan Menulis Blog

1. Menulis blog : Mengharapkan Pengakuan Anak ABK

Aku punya anak yang tumbuh kembangnya berbeda dari anak normal lainnya, Ezio namanya. Dan pencarian β€œada apa dengan Ezio” berlangsung sekitar 3 tahun dari tahun 2016. Februari 2019 adalah waktu ketika Ezio dinyatakan sebagai anak ABK dengan case ADHD (Attention-deficit/hyperactivity disorder). Keadaan Ezio ini banyak mengubah mindset ku. Namun tidak dengan lingkungan sekitar. Lingkungan sekitar semacam tidak berdamai dengan kondisi Ezio ini. Cemooh demi cemooh sering kali terucap. Komplain demi komplain juga silih berganti terdengar. Anak ABK seakan tidak punya tempat di masyarakat. Jangankan di masyarakat, di lingkungan keluarga juga masih menjadi buah bibir. Mungkin karena selama ini tidak ada pernah ada anak ABK di lingkungan keluarga. Ketika itu aku banyak diam, aku hanya berfokus pada Ezio, mencoba menghiraukan omongan itu walau terkadang menitihkan air mata. Puncaknya adalah ketika Ezio sudah disarankan sekolah olah para terapis dan dokternya, ketika itu sekolah sekitar rumah tidak ada yang mau menerima Ezio dengan alasan tidak menerima anak ABK dan tidak ada tenaga didik yang siap dengan anak ABK. Dan saya mulai berpikir sehina inikah anak ABK di mana orang lain. Alhamdulillah, Ezio tetap bisa bersekolah yang tempatnya jauh dari rumah ( 1 jam perjalanan ), karena hanya sekolah itu yang mau mengerti keadaan Ezio. Sejak saat itu aku memutuskan untuk menceritakan semuanya melalui tulisan, di mulai dari Instagram dulu, lalu aku coba menuliskan urutan cerita Ezio ke dalam blog. Alasan menulis tetang Ezio di blog nitajuwithafina.com  bukan untuk mencari belas kasihan, tetapi untuk menjadi perhatian pihak lain bahwa pendidikan itu hak semua anak , tanpa harus membeda-bedakan mereka.

2. Menulis blog : Sharing is Caring

Setelah aku membagikan cerita mengenai Ezio, ternyata banyak yang menghubungi aku. Untuk personal, ada yang lewat DM Instagram, email dan juga whatsapp. Kurang lebih mereka punya pengalaman serupa pada anak-anak mereka. Tulisanku juga dimuat oleh salah satu e-commerce di artikel tumbuh kembang anak. Dari pengalaman ini lalu aku menyimpulkan bahwa tulisan-tulisanku bisa bermanfaat untuk sesama juga. Mengetahui tulisan-tulisan aku bisa bermanfaat untuk orang banyak, membawa kebahagiaan sendiri untukku. Dan perlahan lingkungan keluarga sendiri dapat menerima keadaan Ezio dengan tidak memberikan label buruk pada Ezio. Sebaliknya, mereka menjadi banyak membantu baik dalam mencari referensi,hingga memberikan  info-info yang baik untuk diterapkan kepada Ezio. Inilah yang menjadi alasan menulis di blok nitajuwithafina.com tetap ku lakukan. Di luar sana ada orang yang menjadi semangat membaca cerita Ezio, ada yang menjadi terbuka mata dan pikirannya bahwa mempunyai anak ABK bukanlah suatu kesalahan melainkan titipan Tuhan kepada orang-orang pilihan.

3. Menulis blog : Menjadi Sarana Komunikasi

Menulis adalah salah satu bentuk komunikasi. Komunikasi lainnya adalah komunikasi lisan yang biasa lewat omongan. Bagiku komunikasi melalui tulisan penyampaiannya bisa lebih lengkap dan terarah. Berbeda jika komunikasi lisan sering kali suka keluar jalur atau biasa bahasa kerennya Out Of Topic. Melalui tulisan kata-kata dirangkai menjadi kalimat dan kalimat dilebur menjadi paragraph, dapat di koreksi jika dibaca ulang tidak sesuai. Dan aku sendiri termasuk orang yang nyaman mengungkapkan sesuatu lewat tulisan daripada lisan. Melalui komunikasi tertulis ini juga aku bisa mendapat banyak teman di dunia maya hingga merambah ke dunia nyata.  Alasan menulis blog nitajuwithafina.com salah satunya juga adalah untuk menambah teman dan networking melalui komunikasi tertulis.

4. Menulis blog : Menjadi Sarana aktualisasi diri

Aku termasuk orang yang tidak punya kepercayaan diri yang cukup untuk berbicara banyak tentang apa yang sedang ku pikirkan. Seakan walaupun sudah dikonsep, ketika bicara depan publik mendadak jadi kertas kosong lagi. Sehingga dengan menulis, aku bisa mengungkapkan uneg-uneg yang tidak terungkapkan melalui omongan, bisa mengeluarkan gagasan dan ide-ide kreatif tanpa perlu merasa grogi. Sehingga alasan menulis blog nitajuwithafina.com bagi aku adalah untuk menjadi orang-orang yang produktif lewat aktualisasi diri.

5. Menulis blog : Meningkatkan konsentrasi & kreatifitas

Yes ini yang aku rasakan lewat menulis, konsentrasi menjadi meningkat sebab dengan menulis kita di ajak berpikir serta fokus pada titik tertentu. Aku bisa melakukan eksplorasi terhadap terhadap sesuatu, aku bisa menemukan solusi terhadap apa yang aku eksplorasi dan aku bisa melakukan eksekusi terhadap solusi yang aku temukan.  Ini yang kemudian aku pakai sebagai konsep kreatif : eksplorasi, solusi, eksekusi. Untuk mambuat tulisan juga ada challenge sendiri, mungkin terlihat mudah hanya dengan menuangkan hati dan pikiran dalam tulisan, tetapi akan sulit ketika harus menghadirkan nyawa di dalam tulisan itu. Untuk itulah alasan menulis blog nitajuwithafina.com aku akan konsistenkan agar nyawa bisa tercipta di setiap tulisanku.

Kendala Saat Menulis Blog

Dalam hal apapun pasti ada kendala yang dihadapi, termasuk dalam menulis. Untuk menulis ini, beberapa kendala yang aku hadapi adalah :

1. Waktu

Aku adalah seorang pekerja yang juga harus membagi waktu dengan Ezio yang memang membutuhkan perhatian khusus, tak jarang aku susah membagi waktu. Aku mengakalinya biasanya setelah Ezio tidur malam, namun tak jarang juga aku ikut tertidur #tepokjidat.

2. Pengetahuan SEO Masih Cetek

Aku dari dulu suka membaca tentang ini, optimasi website. Namun entah mengapa di awalnya oke , begitu praktek njelimet sendiri. Kali ini aku merasa beruntung bisa terpilih di kelas growthing.id , tidak ada alsan untuk tidak bertahan hingga akhir …ganbatte !!

Bertemu Virtual dengan Mba Monica Anggen

Alhamdulillah lewat seseorang, aq dipertemukan virtual dengan mba Monica. Di mulai dengan pembicaraan β€œAssalamualaikum..mba Monica, kenalkan aku Nita……” hingga aku berkelana di blog mba Monica di https://www.monicaanggen.com/ yang super wow pengaturannya, tata bahasanya, designnya sangat bikin betah untuk berlama-lama ada di sana. Dan aku terperangah dengan halaman about nya Mba Monica yang sudah menelorkan karya-karya Best Seller hingga menulis lebih dari 50 buku, WOWWW. Buku-buku mba Monica yang Best Seller antara lain :

  • Nggak Usah Kebanyakan Teori Deh…!
  • Yakin Selamanya Mau Di Pojokan?!
  • 99 Cara Berpikir ala Sherlock Holmes.
  • 99 Cara Mengasah Intuisi ala Sherlock Holmes.
  • 99 Cara Perbedaan Mengelola Waktu Miliarder vs Orang Biasa.
  • 99 Cara Bangkit dari Keterpurukan Miliarder vs Orang Biasa

Hingga suatu ketika, alhamdulillah banget, aku bisa bergabung di Kelas Growth Blogger  yang dipilih dari beribu-ribu rakyat Indonesia dan aku termasuk 42 orang di antaranya , thank you coach :).

Hari pertama materinya adalah Mahir Menulis dan Editing Blogpost oleh mba Monica. Kelasnya berupa kulwap (kuliah whatsapp) namun isinya bermutu semua, mba Monica menyampaikan dengan bahasa sederhana yang mudah dimengerti dan tanpa typo, uniknya mba Monica terlihat sedang dibonceng ketika memberikan materi hihi… luar biasa dan materi tetap disampaikan sesuai koridornya. Mba Monica pun menceritakan asal mula beliau hingga bisa seperti sekarang. Mba Monica menyatakan bahwa dia tidak pintar , namun hanya beruntung suka baca dan bisa mati gaya kalau tidak ada bacaan dirumah. Dan aku merasa tertampar dengan kalimat ini. Bahkan dalam sebulan mba Monica bisa membaca 7-10 buku dalam sebulan WOWWWWWWW !

Wejangan dari mba Monica

Tips Menggapai Impian
Tips Menggapai Impian Oleh Monica Anggen

Lalu ada 1 pepatah dari Mba Monica yang sangat memotivasiku, yang bisa juga memotivasi orang lain :

Bakat itu hanya 1%, 99% penentu sukses adalah niat, ketekunan, dan kerja dengan sepenuh hati.

Terima kasih banyak banget benget atas ilmu dan inspirasinya mba Monica. Rasanya pengen ikutan kelasnya lagi, penasaran kalau offline ngajarnya gimana πŸ™‚

Akhir kata inilah Alasan Menulis blog nitajuwithafina.com. Berharap bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya. Dan semoga aku bisa memberi nyawa di setiap tulisanku. Bagaimana dengan kamu?

Salam πŸ™‚

61 Komentar

Bebas Berkomentar Namun Sopan ^-^



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *