Belajar SEO Growth Blogger
Uncategorized

Belajar SEO di Kelas Growth Blogger, Antara Kick Dan Tick

Belajar SEO terus terang adalah sesuatu hal yang baru aku pelajari. Karena aku juga baru nyemplung ke dunia blog sejak punya Ezio dan menceritakan segala yang terjadi padanya. Awalnya aku hanya sekedar menulis dan ingin berbagi supaya orang di luar sana bisa paham mengenai keadaan anak berkebutuhan khusus. SEO sendiri adalah hal yang sudah sering aku dengar tapi tak pernah ku pelajari karena anggapanku SEO digunakan untuk pelaku bisnis. Dan ketika coba kulik SEO ternyata rumit bahkan lebih rumit dari coding, itu dulu first impression ku kepada dunia SEO. Setelah meng-kulik sendiri aku pusing, aku coba mencari ribuan referensi di jagad internet. Hasil nya adalah bikin aku tambah puyeng.

Di suatu ketika aku dipertemukan online dengan mba Monica, dikenalkan oleh temanku. Dari mba Monica lah aku tau kalau ada kelas-kelas yang di buka oleh sebuah tim ( tim apa yaaa namanya…takut salah sebut ). Ketika itu aku diminta pantau add dan pantau Facebook nya Mas Irwin atau Mas PeWE. Menurut mba Monica, beliau hanya membantu menyampaikan info namun untuk jadwal bukan mba Monica yang atur. Akhirnya Mas Irwin dan Mas PeWe masuk ke dalam friendlist Facebook ku. Dengan tekun aku membaca testimoni orang-orang, parallel dengan aku intip-intip website mereka di https://masirwin.com/ dan https://www.pe-we.com/ . Dan aku berpikir ini powerfull banget, rapi , jelas, terstruktur, kalimat-kalimatnya hidup ( yang geer dipersilahkan ^_^ ). Mulailah aku mencari-cari kelas yang di buka oleh mas Irwin dan mas Pewe ini, tapi pengen yang gratis  ( haha maklum lah ya emak-emak ) dan alhamdulillah aku diterima di kelas Growth Blogger ini. Terima kasi mba Monica, mas Irwin dan mas Pewe.

Apa itu Kelas Growth Blogger

Menurut aku, kelas Growth Blogger ini adalah kelas yang dibuka gratis untuk para blogger yang ingin serius menambah ilmu, mengembangkan blog dengan cara yang tepat dan tentunya untuk menaikkan DA. Kelas ini dirancang dengan asas kekeluargaan dan wajib militer. Tiap materi di delivery dengan matang, terstruktur bahkan sampe merasa “yah koq sudah kelar” . Yes, karena di kelas ini menganut system CBSA, kalau kata mas Irwin “kalau di cekokin terus kapan bisanya”. Dianalogikan apik oleh mas Irwin dan mas Pewe sehingga kami murid-murid mangguk dengan sebenar-benarnya (mangguk karena paham materi).  

Aku pernah bercerita di sini tentang materi menulis oleh mba Monica Anggen. Setelah itu hari-hari berikutnya materi di delivery oleh coach Bahrul Ilmu or nama keren nya adalah coach Baim.

Profil Coach Bahrul Ilmi

Sebelum masuk ke materi apa saja yang sudah diajarkan oleh coach Baim. Alangkah baiknya kenal dulu dengan coach luar biasa yang satu ini. Coach Bahrul Ilmi yang akrab di sapa coach Baim ini adalah Content Writer Pontianak. Bisa ditengok beliau di https://nulisin.com/ .

Belajar SEO  dengan Coach Bahrul Ilmi
Coach Bahrul Ilmi

Meskipun penyandang disabilitas, tidak menyurutkan hidupnya. Berbagai prestasi kerap diraih. Selain kemauan yang keras, kecintaannya nya ke dunia teknologi membawa coach Baim menjadi juara di berbagai lomba yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika, antara lain juara 1 dalam kategori Photoshop dan Public Speaking, Juara 1 dalam kategori Internet pada tingkat regional, serta pada tingkat nasional coach Baim kembali mendapat Juara 1 dalam kategori Internet. Meskipun ketika usia sekolah kerap kali coach Baim mendapat perlakukan tidak baik dan kurang menyenangkan dari teman-temannya, namun dia tidak pernah merasa harus balas dendam. Sebaliknya yang ditunjukkan oleh coach Baim adalah prestasi demi prestasi. Prinsip coach Baim yang luar biasa aku akan kutip disini, karena bisa menjadi penyemangat buat semuanya.

“Perluaslah pertemanan sebanyak mungkin, bahkan dengan mereka yang tidak disabilitas, dan jangan meminta orang lain mengerti diri kita, karena tidak semua orang dapat mengerti kita. Setiap orang memiliki keterbatasan, namun bukan berarti kita tidak dapat menembus batas”

By Bahrul Ilmi

Belajar SEO dengan coach Baim

Belajar dengan didikan Growth Blogger harus sigap, tahan banting dan pantang menyerah. Semua pasti lulus, entah itu lulusnya di kick ( diluluskan duluan ) atau lulusnya di tick ( lulus bab ini dan lanjut ke bab berikutnya.

Belajar SEO, Ini materi yang paling ditunggu-tunggu. Alhamdulillah coach Baim menyampaikan dengan bahasa yang awam yang memuatnya mudah dipahami sehingga say no to puyeng. Yang bikin puyeng membereskan apa yang harus di bereskan haha…

Belajar SEO
Belajar SEO

Sebelum masuk ke intinya, coach Baim mengajarkan beberapa hal yang berhubungan erat dengan yang namanya SEO ( Search Engine Optimation) , yaitu :

1. Google Analtytic

Google Analtytic (GA) selama ini diketahui untuk menampilkan statistik data pengunjung, yah hanya itu dan kadang hanya ditengok jika ada yang minta atau kalau submit job  #eh, selebih nya di anak tirikan. Lewat materi yang diajarkan coach Baim ini ternyata banyak banget informasi yang bisa diperoleh dari Google Analytic ini. Dari materi ini aku jadi tau ternyata GA ini bisa membantu aku melakukan evaluasi konten, mengetahui postingan mana yang menjadi minat pengunjung hingga memutuskan kapan waktu yang tepat untuk posting tulisan. Ternyata banyak fitur-fitur yang powerfull  yang jarang bahkan tidak tersentuh oleh ku , yaitu :

  •  Realtime

Di fitur ini kita dapat melihat berapa banyak pengunjung yang saat ini ada di blog kita secara realtime. Dapat juga mengetahui lokasi , sumber traffic hingga artikel apa yang di baca. Kalau buat ku sendiri jika akan terasa menyenangkan apablila angka realtime ini tidak 0(nol).         

  • Audience

Di fitur ini kita dapat mengetahui profil lengkap pengunjung kita dalam rentan waktu yang tentunya dapat disesuaikan. Kita bisa mengetahui rata-rata darimana pengunjung berasal ( negara,kota), minat, umur  hingga browser yang digunakan. Dengan data ini menurut aku sangat membantu dalam pembuatan tulisan berikutnya disesuaikan dengan demografi pengunjung.

  • Acquisition

Di fitur ini kita dapat mengetahui, dari media apa pengunjung berasal apakah dari  organic search ( hasil pencarian google), direct ( langsung ke halaman blog kita ), referral ( dari website lain ),social (dari sosial media). Dan aku sendiri lagi focus bisa mendapat porsi yang besar untuk organic search ini , oleh karena itu perlu belajar SEO

  • Behavior

Di fitur ini kita dapat melihat ringkasan blog secara umum. Bisa melihat pageviews, unique pageviews, bouce rate. Menu ini yang sering digunakan oleh para blogger untuk mengetahui jumlah pengunjung blog. Dan disini juga dapat melihat apakah pengunkung betah di blog kita atau Cuma baca satu artikan kemudian meninggalkan.

2. Google Search Console

Terus terang sebelum mengikuti kelas ini, aku berpikir google itu otomatis meng-index­ blog kita di mesin pencari google, ternyata tidak begitu ferguso ^^. Artikel kita harus di index dulu ke mesin pencari dengan menggunakan Google Search Console ( GSC ). Selain meng-index, GSC juga memberikan banyak informasi ke pada pemilik blog mengenai beberapa hal yang aku anggap penting untung diketahui:

  • Error

Tentu nya kita tidak ingin jika blog yang kita bangun memiliki banyak error, karena dengan error ini tentunya berdampak pada performa blog. Dengan GSC ini kita bisa mengetahui error yang terdapat di blog kita, sehingga bisa diperbaiki untuk performa bloh ke depannya.

  • Kata kunci

Query atau kata kunci ini adalah kata apa yang menghubungkan antara tulisan kita dengan pengunjung. Ini tentunya berguna untuk mengembangkan tulisan-tulisan kita selanjutnya

3. Keyword Research

Setiap blogger pasti ingin tulisannya bisa di baca orang banyak, namun untuk menuju ke sana. Karena orang banyak itu mencari tulisan dalam mesin pencari, dengan demikian kita harus membuat tulisan kita juga bisa dibaca oleh mesin pencari. Dan untuk membuat tulisan jenis tersebut maka perlu di adakan adanya Keyword Research (riset kata kunci). Dalam bahasan sama coach Baim dikenalkan tools namanya UberSuggest. Tools ini kepunyaan Neil Patel, berbayar namun ada gratisnya yang pemakaiannya dibatasi. Penasaran? Silahkan berkunjung ke mahakaryanya Neil Patel ini.

4. Parameter SEO

Dari kelas mempelajari parameter SEO ini, aku mendapat banyak pe-er untuk membenahi artikelku yang sangat engga  SEO banget.

Belajar SEO sesi 11 Parameter SEO
11 Parameter SEO

So apa saja yang kudu diperhatikan jika ingin memenuhi syarat SEO :

  1. Cek apakah judul artikel sudah mengandung kata keyword
  2. Jangan lupa sisipkan keyword pada permalink
  3. Sisipkan juga keyword pada meta description
  4. Sisipkan keyword pada awal paragraph pertama
  5. Jangan lupa optimasi tag heading ( H1-H6)
  6. Optimasi gambar is must
  7. Efektiflah menggunakan outbound link
  8. Jangan lupa manfaatkan internal link
  9. Pergunakan keyword turunan
  10. Jangan malu-malu share ke sosmed
  11. Submit ke GSC is must

Coba dilihat-lihat lagi artikel apakah sudah memenuhi syarat SEO di atas. Aku pun banyak yang harus di benahin. Mau didetailkan? Eits bukan aku jagonya hehe, ilmuku juga baru dipermukaan ni tentang per-SEO-an. Nah buat yang mau memperdalam ilmu per-SEO an, mending langsung belajar sama ahlinya, karena Growthing.id bakal buka Coaching SEO For Blogger yang langsung dimentorin oleh mas Irwin dan mas Pe-we. Selain itu dengan mengikuti kelas tersebut, bisa berkesempatan dapat mencapai DA 30+ dan DR bisa mencapai 50 + , mantepppp ya tho.

Bealjar SEO pada Coaching SEO For Blogger
Coaching SEO For Blogger

Jangan lewatkan kelas ini, karena kuota terbatas dan yang daftar melebihi batas biasanya. So kalau emang serius dengan SEO , cusss segera dilamar ni kelasnya ( kelasnya yaa… jangan couch nya hihi ) dengan klik gambar di atas. Selamat menimba ilmu, percayalah di kick  dan di tick itu related dalam hidup, tetap semangat !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *