Olahraga Hilangkan Stres
Healthy

Jenis Olahraga Yang Efektif Hilangkan Stres

Jenis Olahraga Yang Efektif Hilangkan Stres – Stres ? Sebenarnya apa sih stres itu? Apa semua orang harus mengalaminya sehingga butuh kegiatan fisik yang bisa efektif hilangkan stres? Dikutip dari website kemkes.go.id, stres adalah reaksi seseorang baik secara fisik maupun emosional (mental/psikis) apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri.

Kalau ditelaah lebih dalam berdasarkan pengertian ini, sebenarnya stress adalah hal yang normal dalam menjalani kehidupan. Namun apabila sudah berat atau berlangsung cukup lama dapat mengganggu kesehatan.

Pernahkan Anda Stress?

Apabila pertanyaan itu diajukan pada diriku sendiri maka jawabannya adalah pernah. Setelah menikah, aku menghadapi beberapa permasalahan bahkan mulai saat anak aku lahir. Permasalahan yang tidak pernah ku prediksi sebelumnya, mulai dari kelainan lahir anakku hingga diagnosa gangguan perkembangan yang jatuh kepada anakku.

Aku lahir dari keluarga dengan kondisi yang sangat normal. So, awal mulanya aku berpikir yahh…sebuah keluarga akan berjalan dengan semestinya seperti saat orang tuaku membesarkanku. Dan yang terjadi tidak demikian.

Mengalami kondisi ini sangat tidak mudah bagiku. Stres berkepanjangan menderaku. Alhamdulillah ada segelintir ruang di otakku yang berkata “hey kamu boleh kepikiran, tapi tidak boleh tinggal diam, karena anakmu membutuhkanmu”. Mulai sejak ini aku rajin mencari pertolongan baik itu dari keluarga sendiri maupun psikolog.

Cara Mengurangi Stres

Saat itu, aku juga seorang pekerja kantoran yang bekerja di luar rumah. Saat banyak orang mengatakan bahwa sebaiknya aku di rumah saja membersamai anak. Namun, aku merasa dengan bekerja aku merasa happy dan dengan ke-happy-an itu, aku bisa lebih waras membersamai anakku. 

Ini beberapa cara yang aku tempuh untuk mengurangi stress :

1. Mulai terbuka dengan seseorang yang dapat dipercaya

Semula aku orangnya sangat tertutup. Semua ingin ku pendam sendiri. Ternyata ini yang buat aku tambah stress. Jadi sebaiknya pilihnya seseorang yang dapat dipercaya untuk mau mendengarkan. Untuk menemukan orang tersebut memang tidak gampang. Namun pasti ada orang yang mau mendengarkan kita, mungkin teman sekomunitas, sekantor atau malah keluarga sendiri. Dengan mulai terbuka ini, banyak bisa mendapatkan pandangan dari point of you yang berbeda.

 

2. Beribadah sesuai dengan keyakinan masing-masing

Sesungguhnya Tuhan maha memberi. Ketika Tuhan memberikan suatu keadaan kepada kita, itu berarti Dia anggap kita mampu. Maka libatkankan Tuhan saat menyelesaikan problematika yang ada.

 

3. Lakukan kegiatan yang membuat bahagia

Awalnya ini ku abaikan. Aku selalu memikirkan bagaimana anakku saja. Ternyata tidak begitu. Kita harus membuat diri kita bahagia dulu untuk bisa merawat anak dengan kondisi tersebut. Sehingga cobbalah lakukan kegiatan apapun yang bisa membuat nyaman, dan setelah melakukannya bisa merasa bahagia.

 

4. Carilah bantuan psikolog jika merasa perlu

Kalau merasa belum juga teratasi, maka segera cari yang ahli. Minta bantuan untuk bisa kembali waras. Waras di sini maksudnya adalah sehat secara mental. Dan bisa menemukan solusi dengan hati yang jernih. Untuk saat ini pergi ke psikolog bukan lagi hal yang tabu dan tidak usah beranggapan akan ada orang yang mencemooh. Hindari pikiran itu dan fokus pada apa yang harus diselesaikan.

 

5. Berpikir positif

Berpikirlah positif, memang ini agak susah untuk dipraktekkan. Kalau aku, suka menanamkan ke diri sendiri bahwa this shall to past. Dan teman kantor aku pernah memberikan petuah bahwa ”kita ini orang yang sudah dipilih Tuhan, artinya kita spesial, libatkan Tuhan dalam menyelesaikan permasalhanmu”.

 

6. Menjaga kesehatan diri dengan makan makanan bergizi dan rajin berolahraga

Kesehatan diri sendiri ini wajib dijaga, karena untuk keluar dari stress, kita harus sehat dulu. Jangan karena banyak pikiran, jadi gak makan, yang ada badan malah sakit. Percayalah kalau sakit mengerjakan apapun jadi tidak mood. Dan pada akhirnya semua usaha menjadi terhambat. Selain makanan sebagai penunjang kesehatan tubuh, olahraga juga bisa menjadi opsi untuk mengurangi stres.

Olahraga Untuk Hilangkan Stres

Kalau kata orang lebih baik mencegah daripada mengobati, nah hampir sama dengan prinsip : lebih baik olahraga daripada stress dan menkomsumsi obat penenang. Olahraga adalah cara yang aman untuk mengurangi bahkan menghilangkan stres, tidak ada efek buruk bagi tubuh.

Ada beberapa jenis olahraga yang dapat menghilangkan stres, yaitu :

  1. Berenang
    Tau gak, mengapa anak kecil sangat suka jika di ajak main air apalagi pergi ke kolam renang? Pasti karena mereka merasa bahagia. Oleh sebab itu, jika kita mengalami stress, cobalah pergi ke kolam renang dan berenang. Aktivitas berenang dapat merangsang otak melepaskan zat kimia pengatur rasa senang. Sehingga, bisa menekan hormon pemicu stress.
  2. Bela diri
    Olahraga bela diri merupakan cara positif untuk melepaskan stres, dan emosi. Biasanya pelampiasan stres bisa sampai merugikan atau menyakiti orang lain. Nah, dengan olahraga bela diri, tak hanya bisa meluapkan stres, tapi juga mengasah keterampilan badan dan kekuatan otot, bukan?
  3. Bersepeda
    Apakah Kamu tidak bertanya-tanya , mengapa selama pandemic pengguna sepeda meningkat? Yup, bersepeda bisa mempertajam kemampuan kognitif dan menstabilkan suasana hati. Dengan bersepeda dapat membantu menurunkan kadar kortisol (hormon stres) di tubuh. Dan juga mendukung peningkatan serotonin dan dopamin (hormon kesenangan). Sehingga , mood akan menjadi lebih baik dan kamu terbebas dari stres.
  4. Yoga
    Yoga adalah olahraga untuk mengatasi stres, yang tak hanya berfokus pada gerakan, tapi juga pemusatan pikiran dan pernapasan. Sehingga, perpaduan beberapa aspek ini diyakini dapat membuatmu menjadi rileks. Lalu bagaimana dapat melakukan olahraga yoga? Yoga terdiri dari beberapa jenis, alangkah baiknya menyerahkan porsi latihan kepada sang ahli. Nah sekarang sudah ada yoga class yang lokasinya tersebar di Jabodetabek.

Kelas Yoga di Strongbee

 

StrongBee

Kalau bingung harus mulai dari mana? Jawabannya adalah Strongbee. Kamu bisa download aplikasi ini pada smartphone Kamu. Lalu cari bagian Yoga Class. Berbagai macam kelas yoga yang dapat Kamu pilih sebagai alternatif. Lokasinya pun pasti tidak jauh-jauh dari lokasi rumah. Instrukturnya memang bebar-benar paham tentang yoga, sehingga dalam berkaktivitas murid tidak perlu takut.

Aplikasi StringBee

Baca Juga :
Aku dan Olahraga Bulutangkis
Belajar dari Seorang Fajar Alfian

Silahkan tinggalkan jejak, tapi jangan link hidup yahh :)

20 Komentar
  • eka fitriani larasati

    Wah ada kelas yoga di strongbee, pengen nyoba deh. Btw healing sekarang jadi trend pereda stress ya. Mostly healing yang disebut adalah liburan. Padahal olahraga favorite juga bisa banget jadi healing stress ya

  • Mei Daema

    saya paling suka olahraga sepeda Mba Nith, fun aja rasanya kalau udah sepedaan, stressnya hilang, mungin karena sepedaan kan keliling ke beberapa tempat ya bsia melihat banyak orang, hutan, tumbuhan atau lingkungan sekitar lainnya yang membuat stress kita menurun

    • Okti

      Berenang, yoga dan beladiri tidak pernah saya lakukan. Kalau bersepeda ya cukup sering.
      Sehat itu teramat mahal. Maka jangan sampai menyia-nyiakan nya ya

  • tukang jalan jajan

    waaah bener nih, temenku yang hectic dengan kerjaan selalu ikut yoga untuk olahraganya selain gerakkannya bikin tenang juga latihan pernafasan bikin lebih tenang

    • Nyk

      Wah menarik banget info ttg olah raga buat ngilangi stres. Aku sih lebih sering renang, tapi sejak pandemi udah jarang renang. Ada pilihan lain ya pengen ikut kelas Yoga. Wuik ada di aplikasi Strongbee, pengen cobain ah…mksh infonya ya kak

  • Didik

    Berhubung ngga bisa berenang dan bela diri serta ga ada tempat yoga di wilayahku, yang enak ya cuman bersepeda keliling kampung atau pas Car Free Day gitu sih. Bisa cuci mata sekaligus pelipur lara saat duka, apalagi saat utang menumpuk. Haha..

    • Lithaetr

      Saya merasa begitu mbak, kalau sudah kurang bergerak merasa cepat stres. Selama ini kalau olga senang yang langsung emang. Jadi pengen nyoba kelas di strongbee deh, biar ngatur waktu olahraga nya bisa lebih fleksibel dan nyari lokasi bisa terjangkau dari rumah.

  • Antung Apriana

    Kelas yoga di Strongbee ini online atau offline, ya, mbak? Aku belum pernah sih nih ikutan kelas yoga pernahnya kelas zumba aja

  • Ayu Natih Widhiarini

    Aku kalau stress juga sering sepedaan dan yoga Mba. Kadang suka HIIT juga untuk bakar kalori. Btw aku juga pakai Strongbee untuk cari kelas yoga online yang bagus untuk meredakan stress. Pernah ikut kelasnya sekali.

  • Jihan

    Bersepeda, bela diri, sukaaa banget aku! Dan emang bener pikiran yg asalnya rusuh ruwet gituu jadi makin fresh dan happy, badan pun jadi enteng gitu

  • Dian Farida Ismyama

    Aku rindu berenang lagi. Sejak pandemi belum berenang di kolam umum hiks. Enak ya bisa yoga dari rumah pakai strongbee

  • Yuni Bint Saniro

    Aku berencana memulai olahraga rutin nih, Kak. Kayaknya olahraga jalan aja deh. Sama lari-lari dikit. Biar sehat jasmani dan pikiran juga. Sebenarnya pingin yoga. Tapi di Madura tu sulit nyari instruktur Yoga.

    Kalau pake aplikasi strongbee ini oke juga ya. Bisa online juga nggak kelasnya, Kak?

  • Fenni Bungsu

    Yoga memang asik karena melakukannya bisa di rumah atau disela-sela kesibukan kerja, cuma daku belum konsisten menerapkan nya kak, huhu.
    Baru jalan kaki yang sering dilakukan.

  • Dian

    Olahraga tidak hanya bagus untuk kesehatan tubuh kita ya mbak
    Tapi juga bisa mengatasi stres
    Aku sukanya sih berenang dan sepeda

  • Retno

    Setuju aku kalau olahraga bisa menghilangkan stress. Tapi untuk Yoga aku masih beberapa kali mencoba. Mungkin perlu ikut kelas biar lebih terasa manfaatnya..

  • Qoty Intan Zulnida

    Berenang dan bersepeda ternyata bisa jadi salah satu olahraga tuk hilangkan stress juga yaaa. Wah padahal saya senang melakukannya. Mungkin karena itu juga ya, tanpa sadar mengurangi kadar stress dalam diri

  • laily

    Yoga ini selain bisa menenangkan diri untuk menghilangkan stress juga bisa membentuk tubuh lho. Sama seperti olahraga lainnya

  • lendyagassi

    Aku dikenali aplikasi Strongbee melalui iklan di youtube.
    Dan beberapa testimoni yang sudah pernah mengikuti kelas di Strongbee. Rasanya olahraga memang bikin hidup lebih berkualitas. Pikiran sehat, badan pun bugar.

  • Marita Ningtyas

    Eh bener banget lo berenang itu bikin happy. Berenang itu olahraga favorit karena ga berkeringat hehe. Sayangnya ga bisa dilakuin setiap hari. Makanya sekarang lagi pengen belajar yoga juga. Seru juga nih ada Strongbee. Install juga aah.

  • Arai Amelya

    Udah banyak nih temen-temen aku yang rekomendasiin buat join Strongbee, apalagi emang lagi pengen banget coba yoga. Tubuh dan pikiran bisa ikutan sehat dan segar gitu yak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *