Kemanana data di ruang digital
Tekno

Pentingnya Keamanan Data di Ruang Digital, Sudahkah Amankah Aset Anda?

Aduh, kenapa ini tiba-tiba website tidak bisa diakses?
Internet aman, database tidak mati, koneksi ke database bagaimana?”
“Database nge-lag,dan deadlock”

Sebuah kegaduhan yang pernah terjadi pada beberapa waktu silam. Yap, sebuah website yang dikelola oleh tim tiba-tiba tidak bisa di akses. Dan banyak pengunjung yang melakukan protes akan hal tersebut. Padahal website tersebut tidak termasuk website transaksional. Hanya memang website tersebut mempunyai data-data yang confidential. Usut punya usut ternyata ada percobaan hacker untuk login ke sebuah website tersebut secara berlulang-ulang, sehingga terjadi deadlock pada sisi database. Ini mengapa artikel ini akan membahas mengenai keamanan data di ruang digital.

Apa itu Aset Digital?

Pada era transformasi digital ini, data yang ada di jagat maya sudah merupakan suatu aset bagi pemiliknya. Mengapa? Karena aset tersebut memberikan nilai bagi individu maupun kelompok, termasuk juga perusahaan.

Jadi sudah kebayang belum apa itu aset digital? Aset digital adalah segala sesuatu yang ada dalam format digital dan dilengkapi dengan hak untuk digunakan mempunyai nilai bagi individu maupun kelompok. Bentuknya bisa berbentuk gambar, foto, tulisan, video, audio, PDF, desain, slide presentasi, dan website yang tersimpan dalam bentuk file. Selain itu akun pun sekarang sudah dapat dikatakan sebagai aset digital.

Istilah aset digital harusnya bukan merupakan hal asing bagi para blogger maupun content creator. Yang setiap harinya berurusan dengan proses pembetukan aset ini. Setiap pelaku pasti mempunyai akun blog ataupun media social. Jika ini tidak aman, maka orang lain bisa mengambil alih kepemilikannya.

Kebiasaan Yang Membuat Akun Mudah di Bobol

Gathering ITSEC AsiaPada hari Sabtu, 21 Mei 2022 lalu, aku berkesempatan mengikuti Gathering bersama ITSEC Asia. Acara tersebut menghadirkan 2 pakar yang sudah lama berkecimpung dalam dunia security  dan juga content creator&blogger. Dua narasumber tersebut adalah Presiden Direktur PT ITSEC Asia, Andri Hutama Putra dan Blogger&Content Creator, Ani Berta.

Melalui gathering ini, baik Mas Andri maupun Mba Ani memberikan pandangan tentang beberapa kebiasaan yang kadang kita tidak sadari, justri malah membuat akun mudah diakses orang tak bertanggung jawab.

Beberapa kebiasaan yang bisa membuat akun mudah dibobol :

  1. Kurang istirahat, sehingga mudah bertindak di luar kesadaran
  2. Melakukan akses akun pada beberapa tempat
  3. Melakukan klik pada link yang berbahaya
  4. Menggunakan kata sandi yang sama untuk semua akun
  5. Pengaturan kata sandi yang mudah 

Bersama para founder

Tips Menjaga Keamanan Data di Ruang Digital

Selain mengungkapkan beberapa kebiasaan di atas, pada kesempatan ini Mas Andri juga memberikan beberapa tips untuk para penggiat digital untuk menjaga data di ruang digital agar aman.

Mas Andri menyampaikan beberapa tips yang mudah untuk dipraktekkan. Berikut tips jaga keamanan data di jagad digital :

  1. Gunakan password yang kuat dan ganti berkala
    Kalau kata mba Ani “jangan alay dalam menuliskan nama, tapi alaylah dalam membuat password” . Yap ini memang benar adanya, password yang alay itu merupakan password yang kuat karena menggunakan kombinasi yang unik. Selain itu jangan lupa juga ganti password secara berkala. Kalau teman-teman pernah mendapati permintaan pergantian pin ATM, itu adalah bagian dari pengamanan kartu ATM. Begitu juga dengan password akun, sebaikan secara berkala melakukan penggantian password.
  2. Clustering email
    Custering email maksdunya adalah lakukan pengelompokan email sesuai dengan kebutuhannya masing-masiing. Sebab menggunnakan satu email untuk semua kebutuhan akan membua risiko untuk kena hack. Dengan melakukan pengelompokan akun akan lebih muda mengidentifikasi bisa terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
  3. Aktifkan Two Factor Authentication (2FA)
    2FA adalah fitur pengaman ganda untuk akses aplikasi. Aktifkanlah ini untuk mencegah akses login yang tidak diinginkan dari orang lain.
  4. Hindari login pada perangkat tidak dikenal
    Jika tidak terpaksa sebaiknya hindari login pada perangkat yang bukan milik sendiri. Dan jika sampai terpaksa login pada perangkat lain, jangan lupa melakukan logout.
  5. Hati-hati membuka email, tautan dan juga aplikasi mencurigakan
    Email dan tautan biasa dibuat semenarin mungkin untuk mencari korban. Jika terdapat sebarang link yang mencurigakan, sebaiknya jangan buka. Jangan tergitur dengan iming-iming seperti hadiah atau voucher.
  6. Kenali fitur-fitur pengaman aplikasi
    Sebaiknya memanfaatkan fitur pengaman aplikasi yang sudah seperti Touch ID / Face ID, 2FA, Setelan Privasi, Report & Block, Peringatan Masuk Akun.
  7. Pasang Antivirus
    Jangan meremehkan kerja antivirus. Karena ini yang bisa mejadi tameng pada pernagkat yang kita gunakan untuk menangkal virus membahayakan
  8. Lakukan aktivasi SSL (Secure Socket Layer)
    SSL biasa digunakan untuk melindungi website. SSL sendiri ada beberapa level keamanan. Pengguna bisa menyesuaikan dengan kebutuhan website yang akan diamankan.

Dengan mengikuti acara ini, semua peserta diharapkan menjadi agen perubahan terhadap treatment keamanan di ruang digital pada akun teman-teman. Karena ketika sudah terjadi pembobolan akun, akan sulit untuk kembalii seperti semula. Yuk jaga aset digital kita !

Peserta Gathering ITSEC Asia

Silahkan tinggalkan jejak, tapi jangan link hidup yahh :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *