Menambah Follower dengan Giveaway
Blogging

Tips Menambah Follower Dengan Giveaway

Giveaway?Follower? Untuk yang aktif di media sosial pasti tidak asing dengan kedua kata ini. Apalagi pengguna media sosial yang melabelkan dirinya influencer. Angka follower berasa sangat berharga untuk eksistensi diri. Bagaimana dengan anda? Apakah anda termasuk pemerhati follower? Atau apakah anda termasuk giveaway hunter? Atau apakah kedua-duanya? Di artikel kali ini aku akan membahas pengaruh giveaway terhadap pertumbuhan follower.

Giveaway VS Follower

Secara bahasa awam giveaway dapat diartikan membagi-bagi hadiah gratis dengan beberapa syarat tertentu. Nah syarat ini biasa dipergunakan oleh sang pemberi hadiah gratis tersebut untuk bisa mendongkrak follower pada akun mereka dari berbagai platform. Syaratnya tentu bergantung pada sang pemberi hadiah, bisa follow akun, comment, like atau di-share lagi berita itu ke teman-teman lain. Sebenarnya ini sama-sama menguntungkan bagi sang pemberi hadiah dan si pengikut giveaway. Kenapa? Karena sama-sama merasakan manfaat. Yang satu menguntungkan karena mendapat follower dan yang satu menguntungkan karena ada kesempatan dapat hadiah.

Jika kata orang untuk mencapai sesuatu butuh perjuangan, mengadakan giveaway  untuk akun teman-teman juga bisa menjadi bentuk perjuangan dalam mendongkrak follower. Beberapa hari lalu di Kelas Growthing, aku di ajarkan mengenai โ€œManajemen Sosmed auto Selebgram Auto 10k Followersโ€ oleh coach  yang sudah malang melintang di dunia sosial media, Ilham Sadli. Coach Ilham Sadli ini adalah CEO Growthing pemilik akun twitter Pengagum Rahasiamu, yang merupakan personal brandingnya yang sukses.

Profil Ilham Sadli
Profil Ilham Sadli

Optimasi Media Sosial Untuk Personal Branding

Saat ini personal branding jarang banget digunakan oleh pengguna sosial media padahal ini penting. Personal branding ini memberikan banyak keuntungan jika dibangun pada sosial media kita. Apa sih personal branding itu? Menurut coach Ilham, secara sederhana personal branding adalah cara kita memasarkan diri kepada orang lain atau komunitas yang menjadi target kita.

Bagaimana si cara mulai mem-branding? Sebelum membranding, ada 5 prinsip yang harus kamu coret-coret dulu nih, teman. 5 Prinsip itu adalah :

1.Tentukan audience

Menentukan siapa audience nya ini penting untuk perkembangan akun ke depannya. Karena bisa lebih focus ke satu titik ( tidak carut marut ). Bagaimana menentukannya? Yap kamu harus menentukan dulu audience seperti umur dan jenis kelamin, pendidikan, gaya hidup, gaya bahasa, makanan, tempat nongkrong dan sebagainya.

2.Menentukan seperti apa kita ingin dikenal

Silahkan dikonsep, seperti apa teman-teman ingin dikenal. Contohnya, ingin dikenal sebgai pribadi yang menyenangkan, humoris dan gaul. Ini teman-teman harus definisikan sendiri.

3.Apa bedanya dengan akun lain

Apa yang menjadikan akun teman-teman unik, berbeda dari yang lainnya. Apakah bahasanya,tata kalimatnya atau karakternya.

4.Tentukan suara akun kita

Suara akun itu seperti sapaan teman-teman, gaya bercanda dan juga tone suara.

5.Konsisten

Konsisten ini di penamaan akun, konten hingga profil.

Ketika 5 prinsip ini sudah bisa diterapkan maka selanjutnya harus bisa dioptimalkan branding nya.

Cara Optimalkan Branding
Cara Optimalkan Branding

Pengalaman menambah follower di Twitter

Aku akan menceritakan bagaimana aku melakukan treatment pada akun twitter aku, sesuai dengan arahan coach Ilham Sadli.

Tips Twitter
Tips dari coach Ilham Sadli untuk meningkatkan follower Twitter

Aku bukan merupakan pengguna twitter aktif ya teman-teman, seakan akun twitter aku ini ku anak tirikan, hiks  maapkan akun twitterku : @nitajuwithafina .
Saat ini aku langsung mengambil langkah ke-4 yaitu membuat giveaway. Aku kolaborasi dengan dengan mba Maria melalui akun twitter @shinytanjung dan mba Susie melalui akun twitter @susiencuss_ . Jadi akun aku di promote oleh mba Susie dan akun aku mempromote aku mba Maria. Langkah awal yang aku lakukan cukup sederhana :

  1. Draft pengumuman giveaway yang menarik agar banyak yang ikut
  2. Tentukan hashtag yang tepat
  3. Sebar ke media sosial dan juga jalur komunikasi seperti whatssapp, line.
Giveaway Pertama Twitter
Giveaway Pertama Twitter

23 September 2020 pagi adalah waktu yang aku pilih untuk posting info giveaway. Dan saat ini 25 September 2020, hasilnya lumayan membuat aku tercengang.

Hasil mengadakan giveaway di twitter :

1.Penambahan follower hampir 90%

Penambahan follower twitter
Penambahan follower twitter

2.Interaksi yang meningkat pesat

Gambaran interaksi
Gambaran interaksi

3.Tawaran dari brand untuk mencoba produk

Ini adalan berupa pesan yang dikirimkan suatu brand kecantikan yang menanyakan apakah bersedia untuk dikirimkan produk dan diberikan feedback nya ke twitter, dengan prinsip full barter. Untuk aku yang notabenenya jarang banget review di twiter menurut aku ini kesempatan baik. Kebetulan aku juga cukup tau dengan performa brand ini.

Okay teman-teman demikian tips-tips, analisa dan pengalaman aku mengadakan giveaway dan menambah follower di Twitter. Apakah teman-teman tertarik untuk mencobanya juga? ^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *