Deposito BPR Komunal
Financial

Deposito BPR Komunal, Cara Investasi Masa Kini

Kalau mendengar investasi, kira-kira apa yang terlintas? Emas, tanah bangunan, saham, deposito atau apa lagi? Sejujurnya aku sendiri awalnya cuma mengenal bentuk investasi  sebatas emas, tanah bangunan dan deposito.

Kalau flashback  ke didikan bokap, ayahku memang menyarankan jika suatu saat ingin berinvestasi, lakukan pada jenis investasi yang aman. Emas, tanah bangunan dan deposito adalah bentuk investasi yang aman.

Ketika bekerja, alhamdulillah aku bisa mengenal  jenis yang instrumen investasi lainnya. Ternyata banyak dan mempunya profil resiko masing-masing. Karena aku senang ber-experiment aku sudah mencoba beberapa instrument investasi di antaranya saham, reksadana, obligasi, emas dan deposito. Nah kali ini aku akan bercerita mengenai satu instrument yang baru saja aku ajukan, Deposito BPR Komunal. Apa dan kenapa aku memutuskan ambil instrumen ini, yuk simak ceritaku.

Apa itu Deposito BPR Komunal ?

Deposito BPR Aman

Kira-kira satu bulan yang lalu aku membaca berita fintech. Lalu ada yang memberitakan mengenai  platform peer-to-peer (P2P) lending yang sudah mengantongi izin OJK yang dikembangkan oleh PT Komunal Financial Indonesia (komunal.id) untuk membantu kinerja Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Sebelum memutuskan lebih lanjut, aku coba membaca dan memahami bagaimana cara kerja platform ini. Sebagai ilustrasi, platform ini memungkinkan masyarakat untuk investasi lewat instrumen deposito terbitan BPR yang tergabung di Komunal. Dan sebagai investor tidak perlu khawatir karena semua sudah berizin OJK dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).  Jadi deposito BPR aman.

Karena sifatnya peer-to-peer (P2P) lending dana investasi dari investor ini akan disalurkan kepada UMKM berupa pinjaman. Sebagai investor akan mendapatkan bunga di sana. Sudah bisa kebayang ya teman-teman, bagaimana siklusnya?

Investasi di Deposito BPR

Setelah membaca detail sistimnya, akhirnya akupun memutuskan untuk mulai mendaftar untuk investasi di intrumen deposito ini. Untuk cara daftarnya sangat mudah. Berbeda dengan jaman dulu, jika ingin buka deposito harus datang ke Bank, kali ini tidak perlu.

Investor cukup mendaftarkan diri melalui situs, sudah bisa melakukan investasi deposito secara online. Lalu keamanannya bagaimana? Deposito BPR Komunal sudah mengantisipasi hal tersebut. Ada beberapa verifikasi yang harus dilakukan sebelum investor menyetorkan dananya.

Aku sudah melakukan pendaftaran ini, dan menurut aku cara daftarnya benar-benar milenial. Tidak ada pergi ke bank, tidak ada setor langsung uang tunai juga. Semua proses dilakukan melalui online. Verifikasi yang berlapis, membuatku yakin untuk melakukan proses ini.

Cara Pendaftaran Hingga Mendapatkan Bilyet

DepositoBPR Komunal ini menawarkan beberapa pilihan nominal serta bunga yang dapat investor pilih sesuai dengan kemampuan masing-masing. Sebagai langkah awal aku memilih instrument dengan nominal pengajuan Rp 1.000.000,-. Nominal ini aku pilih sebagai permulaan. Jika suatu saat aku ingin memperbesar nominal, aku bisa melakukan penempatan dana  pada opsi yang lain.

Langkah-langkah untuk melakukan penempatan deposito :

  1. Lakukan pendaftaran pada web https://depositobpr.id/ . Pada langkah awal ini akan muncul opsi apakah buka akun utk keperluan Deposan atau Mitra BPR. Sebagai investor, tentu aku memilih opsi Deposan.
  2. Setelah memilih deposan, maka proses registrasi akan berlanjut ke proses pengisiian data diri. DI sana sudah terdapat  isian seperti nomor KTP, nama lengkap, alamat dan juga pembuatan kata sandi. Setelah itu, proses dilanjutkan dengan mengisi nomor HP, bank untuk melakukan transfer, upload KTP dan jufa foto selfie, serta ada isian referral code. Referral code ini bisa isi dengan kode investor lain yang sudah melakukan pendaftaran. Kalau teman-teman ingin mendaftar juga bisa menggunakan kode referral aku ini ya : NM7374.
  3. Setelah itu web akan meminta investor untuk melakukan persetujuan dengan klik centang pada kolom tersedia. Saranku, bacalah sekilas karena dengan melakukan klik ‘setuju’ itu artinya kita sebagai investor menyetujui pernyataan yang terdapat pada layar itu.
  4. Setelah selesai, investor akan melanjutkan verifikasi di PrivyID.id . Privy.id ini adalah perusahaan penyelenggara sertifikat elektronik tersertifikasi dan penyelenggara tanda tangan elektronik. Perusahaan ini memang resmi memyandang status penyelenggara sertifikat elektronik dari Kementrian Komunikasi dan Informasi. Sehingga dapat dipastikan deposito BPR aman.
  5. Proses verifikasi awal sudah, setelah itu layar web akan menunjukkan beberapa pilhan deposito mulai dari jutaan hingga milyaran. Di sini teman-teman bisa memilih deposito yang sesuai dengan kemampuan atau target yang ingin dicapai.Pilihan Deposito BPR
  6. Setelah memilih, situs akan mengarahkan kembali ke PrivyID untuk melakukan tanda tangan digital pada sebuah surat. Kembali aku sarankan, sebelum melakukan penandatanganan digital, sebaiknya teman-teman membaca dulu isi surat perjanjian yang ada.
  7. Setelah melakukan proses penandatangan digital, maka status pengajuan penempatan deposito akan ditinjau oleh pihak BPR untuk kemudian disetujui atau ditolak. Pada tahap ini ada verifikasi melalui telepon atau whatsapp dengan menanyakan beberapa data yang perlu.
  8. Setelah mendapat persetujuan, barulah investor dapat melakukan transfer dana. Dan status deposito berubah menjadi ‘aktif’.
  9. Dengan berubah status menjadi ‘aktif’ dan proses transfer sudah dilakukan, maka pihak Komunal akan mengrimkan fisik bilyet ke alamat terdaftar.

Alasan Melakukan Penempatan Dana di Deposito BPR Komunal

deposito bpr komunal-ku

Sebagai investor tentunya wajib menganalisa untuk memilih di mana dananya akan ditempatkan. Begitupun aku, walau sebagai investor kecil wajib hukumnya untuk mengetahui kelebihan instrument yang akan aku tempatkan sejumlah dana. Dana ini bisa ku persiapkan untuk masa depan anak aku.

Ini keunggulan melakukan penempatan di Komunal Deposito BPR:

  1. Imbal hasil tinggi
    Deposito BPR menawarkan imbal hasil yang lebih besar daripada bank konvesional, mencapai 6.00 % pa.
  2. Aman dan rendah risiko
    Dengan adanya izin OJK serta dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga 2 milyar rupiah, menjadikan deposito ini aman untuk dijadikan investasi ke depan.
  3. Akses yang mudah
    Melalui Komunal, semua BPR yang sudah tergabung dalam LPS dapat melakukan penempatan deposito dari manapun lewat gadget yang sudah terkoneksi internet.
  4. Ada promo
    Khusus untuk pembukaan pada bulan Desember 2021 ini, ada program Komunal Deposito BPR BrrBr! Hadiah Langsung !!. Dengan buka deposito di Komunal Deposito BPR mulau 5 juta rupiah, investor akan bawa pulang hadiah langsung. Hadial langsung ini sesuai dengan nominal penempatan yang teman-teman lakukan. Hadiah mulai dari saldo dana, Mi Band 6, Samsung Galaxy Tab, Apple Watch hinga iPhone 13 mini. Caranya adalah dengan memasukkan kode promo HUJANBERHADIAH maka hadiah akan langsung dikirimkan ke alamat teman-teman pada 10 Januari 2021.Lalu bagaimana jika penempatan dananya di bawah 5 juta? Tenang tidak perlu khawatir ada juga cashback sebedar Rp 100.000 yang akan masuk ke akun Dana teman-teman. Caranya adalah dengan memasukkan kode promo RINTIKHADIAH maka hadiah akan langsung dikirimkan ke akun dana teman-teman pada 10 Januari 2021.
  5. Tambahan Cashback
    Masih inginkan hadiah lagi. Masih ada, teman-teman bisa mendapatkan cashback sebesar Rp 100.000,- dengan memasukkan kode referral. Nah teman-teman bisa menggunakan kode referral : NM7374 . Input pada saat pendaftaran akun pertama kali.
    promo komunal deposito

Semoga pengalamanku melakukan penempatan di deposito BPR Komunal ini dapat memberikan alternatif cara investasi masa kini yang anti ribet dan mudah.

Baca Juga :
Kerja di Dana Pensiun, ngapain aja?
Menabung dengan banyak pos? ini caranya

Silahkan tinggalkan jejak, tapi jangan link hidup yahh :)

39 Komentar
  • Damar Aisyah

    Risiko masih rendah jadi cocok buat yang baru belajar punya deposito seperti saya. Setoran awalnya pun cukup terjangkau, jadi sangat menarik untuk dicoba.

  • Gina

    Wah, kebetulan aku kerja di BPR, kolaborasi BPR-BPR dengan Digital Financial, memberikan peluang insan BPR semakin melek teknologi dan juga membantu banyak nasabah dan calon nasabah karena bisa dilakukan secara online. Inovatif!

  • Didik

    Cara investasinya gampang, setorannya terjangkau, bunganya tinggi, di mana lagi kalo bukan di BPR Komunal. Aku salah besar terhadap BPR. Kirain ini bank2 daerah gitu. Ternyata teknologi mereka udah sangat canggih sekarang. Duit kita juga dijamin aman loh. Ayo investasi sekarang, terutama depositonya.

  • T.Retno

    Satu juta udah bisa buka deposito? Ringan banget, ya, mengingat biasanya baru bisa bikin deposito minimal 5 juta. Bagus nih buat mengamankan uang biar nggak langsung abis karena dikit-dikit gesek kartu.

  • Yustrini

    Wah bisa buka deposito tanpa harus ke bank. Ini cocok banget buat aku mbak. Dan menguntungkan sekali karena ada cashback juga. Menarik.

  • Fenni Bungsu

    Buka deposito buat investasi masa depan, sekaligus juga bisa dapat promonya. Jadinya dapat banyak manfaatnya ya, apalagi cara bikin akunnya juga gak susah

  • Jihan

    Akhirnyaaa ya mbaa, aku jg kemarin memberanikan diiri untuk punya deposito. Mumpung nominal minimalnya ngga terlalu tinggi dan cocoklah ya untuk freelancer kayak saya hehehe.

  • hallowulandari

    iyaaa! ini investasi ter hepi yang aku buat sih, sebelumnya udh tabungin reksadana, dan ini kali pertama buka deposito, cashback nya banyak banget mana minimal dananya sangat terjangkau tenor pun banyak pilihan dari 1-12 bulan!

    • Aminnatul Widyana

      Bagus nih buat yang mau uangnya nambah secara otomatis. Simpan aja di deposito yang terpercaya dan sudah diawasi oleh OJK. Contohnya seperti BPR komunal ini.

      • Imawati Annisa Wardhani

        Deposito cocok ya untuk yang mau investasi, cuan dan resiko rendah. Sekarang memang sudah harus pinter-pinter cari tau mana instrumen investasi yang tepat buat financial planning masa depan, caranya juga udah gampang bisa pake ponsel aja..

      • Hani

        Sekarang emang makin banyak yang melek investasi ya mba. Alhamdulillahnya makin banyak investasi dengan fasilitas yang memudahan, salah satunya ini.

      • Alfizza

        Waaah, terima kasih infonya mom Nita. Aku yg pagi getol pengen investasikan penghasilan jadi ada insight baru dr model investasi BPR ini. Semoga nanti bisa nyoba apalagi ada promonya gini

  • Arda Sitepu

    Sederhana ya mbak cara deposito BPR Komunal ini, apalagi hasil yang didapatkan juga jauh lebih baik dari deposito umumnya. Jadi pengen join di deposito BPR ini kak.

  • Erin Friyana

    Aku baru berkenalan dengan Deposito Mba dan baru tahu kalau ini masuknya investasi. Aku kira kaya nabung biasa. Akhirnya, aku juga buka deposito di BPR Komunal. Coba dulu yang satu juta selama tiga bulan.

  • Meykke Santoso

    Aku dulu pas jaman SMA dan kuliah juga nabungnya di BPR dan sekarang BPR juga benr bener ga mau ketinggalan dan makin maju ya Mba, sampai bisa buat deposito juga. Wah anak millenial harus ikut nih..

  • lendyagassi

    Mendapat banyak keuntungan dengan berinvestasi di Komunal Deposito BPR.
    Selain mendapat cashback juga kalau ikutan dalam jangka waktu yang ditentukan yaa.. sepanjang bulan Desember 2021 sampai 10 Januari 2022.
    Jangan ragu untuk berinvestasi di Komunal Deposito BPR.

    • Pradyta Febriana Rudiyanto

      Waaah aku baru tahu ternyata bpr punya instrumen investasi. Cara pendaftarannya pun mudah dan tentunya aman. Terimakasih sharingnya yaa mba 🥰

    • Fenni Bungsu

      Dengan gak ribet caranya dan kemudahan lainnya yang dirasakan, pasti bakal jadi idola untuk memiliki investasi dengan deposito ini

  • Shyntako

    Saya suka investasi tapi asli males banget harus dateng ke bank or kantor representatifnya buat urus administrasi, makanya pas tau ada produk deposito bpr komunal ini langsung dong tertarik

  • Diaz Bela

    Banya juga promo menarik yang ditawarkan ya, mba. Untuk yang pemula di deposito, mungkin bisa coba yang 3 bulan dulu, gitu, ya, mba?

  • wiwid nurwidayati

    Buka rekening deposito hanya dengan uang 1 juta. Mudah banget ya, mbak. Apalagi dapat bunga tinggi. Kita bisa menabung sedikit demi sedikit nih, klo 1 juta bisa buka rekening deposito.

  • Naqiibatin Nadliriyah

    Baru tahu ada aplikasi deposito minimal 1 juta begini. apalagi udah berizin OJK. Wooow, jadi pengen nyobain. Makasih rekomendasinya, kak

  • maya rumi

    aku tertarik nih sama hadiah dari depositonya, lumayan banget soalnya, btw term waktunya berapa lama yah mba untuk deposito ini ? aku sih biasanya kalau deposito paling lama setahun aja

  • aliyatus sa'diyah

    wah kalo udah diawasi OJK gini jadi lebih aman gak takut lagi ya apalagi kalo deposito gini resikonya rendah

  • Ainhy edelweiss

    Wah baru tau investasi di komunal BPR, tahun ini berencana untuk punya deposito juga biae ada income

  • lendyagassi

    Sebentar lagi program HUJANBERHADIAH dari Komunal Deposito BPR akan segera ditutup nih..
    Yang belum memiliki deposito BPR Komunal bisa angsung mendaftar agar mendapat banyak benefits yang pasti menguntungkan untuk deposan.

  • Mporatne

    Daripada Kenyangin perut mendingan deposito. Makin perut gede makin pusing kecilin badan tapi kalau makin gede deposito maka makin happy

  • Hida

    Wah baru tau nih kalo BPR bisa juga untuk menyimpan deposito ya. Setau saya tuh buat simpan pinjam aja kayak koperasi.

  • Nyi Penengah Dewanti

    Keren inovasinya. Batu tau kalau BPR juga bisa buat nyimpen Deposito. Dengan kemudahan akses melalui teknologi digital memang sangat membantu untuk kita para calon konsuen untuk memilih penyedia jasa keuangan ya.

  • Renayku

    Era digital seperti skrg ini benar2 memudahkan kita dlm segala hal ya termasuk financial management begini. BPR komunal ini bisa jadi pilihan utk saving uang zaman now.

  • Marantina Napitu

    Tadinya aku pikir BPR Komunal ini cuman versi digital BPR aja.. taunya jadi semacam marketplace untuk produk deposito yaa.. Lumayan banget suku bunga yang ditawarkan bisa sampe 6%. Sekarang deposito yang aku punya cuman 4% bunganya ^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *