Pesanten di Bandung
Special Needs Kids

Rekomendasi Pesantren di Bandung

Mencari sekolah untuk anak bukan perkara mudah, bahkan orang tua rela mencari info ke sana ke mari untuk bisa menggali informasi mengenai sekolah tersebut. Bahkan survey sekolah juga merupakan ritual wajib yang selalu orang tua lakukan sebelum menyekolahkan anaknya. Sangat berbeda saat kecilku dulu. Yap, mungkin sekolah juga belum begitu banyak seperti sekarang ini. Selain sekolah biasa, pesantren jugan menjadi alternative untuk menyekolahkan anak. Simak rekomendasi pesantren di Bandung pada artikel ini.

Pertimbangan Masuk Pesantren

Saat ini usia anakku 8 tahun dan duduk di kelas 2 SD. Aku sendiri masuh belum punya rencana anakku akan bersekolah di mana saat dia menginjak usia SMP maupun SMU. Saat ini anakku bersekolah di sekolah inklusi. Untuk menentukan dia akan melanjutkan bersekolah di mana, aku butuh  melihat bagaimana perkembangannya . Apakah dia suah bisa beradaptasi dengan ADHD yang dia punyai.

Namun aku juga sering kali mendengar baik dari teman maupun tetangga mengenai anak masuk pesantren. Dan aku juga bertanya, apa yang melatar belakangi mereka memasukkan  anaknya ke pesantren.

Beberapa pertimbangaan masuk pesantren adalah :

  1. Ingin memperdalam agama
  2. Ingin membentuk akhlak berkualitas pada anak
  3. Mengajarkan mandiri ke anak
  4. Faktor pekerjaan orang tua
  5. Mengajarkan tanggung jawab ke anak

Apapun alasan yang dikemukakan, yang jelas orang tua menginginkan kebaikan bagi putra-putrinya. Baik dari sisi pendidikan, lingkungan, akhlaq maupun terbiasa ibadah tertib.

Rekomendasi Pesantren di Bandung

Saat ini sudah banyak daerah yang menyelenggarakan pesantren modern, tak terkecuali Bandung. Sebut saja Yayasan Al Ma’soem Bandung yang sudah berdiri sejak 1986. Al Ma’soem ini menyelenggarakan jenjang pendidikan Formal dan Non Formal.

  1. Jenjang formal
    Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Universitas
  2. Jenjang non formal
    Pesantren Siswa Al Ma’soem (PSAM), Kursus Komputer & Bahasa (LPK & LPB), Bimbingan Belajar,Pesantren Mahasiswa

Profil dan Kegiatan Pesantren Al Ma’soem Bandung

Untuk pesantren Al Ma’soem ini berdiri pada tahun 2000. Pesantren ini beralamat di Jln. Raya Cipacing No. 22 RT 01 RW 05 Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor Sumedang. Komplek yayasan seluas ± 4 hektar ini merupakan jariyah dari almarhum Bapak H. Ma’soem (wafat Syawal 2001), seorang pengusaha muslim sukses asli Jawa Barat, yang didukung sepenuhnya oleh istri dan putera-puterinya. Pada saat itu putera tertua beliau yaitu almarhum H. Nanang Iskandar Ma’soem yang mewakili adik-adiknya merespon dan berjibaku membangun serta membesarkan yayasan sebagai ladang amal. Masya Allah.

Saat ini pesantren Al Ma’soem menerima santri untuk jenjang SMP – SMA saja. Pada tahun 2009 Pesantren Al Ma’soem mantap jadi sebuah pesantren yang tidak identik dengan kumuh, keras, kampungan, gaptek. Penerapan tag line ”disiplin dan islami” menjadi tugas utama pengelola dan siapapun yang terlibat di dalamnya. Hal ini ditandai dengan diperbaharuinya pola pelayanan katering, laundry, penanganan kedisiplinan, pola pembelajaran, sistem IT  dan kegiatan-kegiatan kesantrian lainnya.

Semua ini bermaksud demi mewujudkan insan kamil yang kemudian dibahasakan dalam motto Cageur Bageur Pinter. Pembelajarannya pun tidak hanya mengkaji kitab kuning klasik, akan tetapi diberikan juga materi yang sudah disederhanakan ke dalam bahasa Indonesia, tanpa meninggalkan khas kepesantrenannya. Al Ma’soem ini meyakini alumni yang sudah digembleng dengan pola ini akan mewujud menjadi insan yang beritelektual tinggi dan berakhlakul karimah, sebagaimana visi yang ditanamkan sejak awal berdirinya.

Fasilitas Pesantren Al Ma’soem

Fasilitas Pesantren Al Ma'soem BandungSetelah membahas lika liku Al Ma’soem, yuk kita bahas mengenai fasilitas yang ada di sana. Fasilitas ini terkait dengan sistem Al Ma’ soem yang membentuk kegiatan unit sesuai dengan minat bakat santri. Tak heran beragam fasilitas dibangun untuk memenuhi kebutuhan ini.

Fasilitas pesantren :

  • Setiap kamar diisi antara 4-6 santri, dilengkapi kamar mandi di dalam, dan tempat tidur 
  • Kantin yang representatif
  • Mini Market 
  • Laundry
  • Komputer 
  • Lingkungan yang tenang, nyaman, dan asri
  • Animasi
  • Berkuda
  • Memanah
  • Kolam Renang Terpisah
  • Ruang Bernyanyi
  • Ruang Gym

Kegiatan Pesantren :

  • Kegiatan olahraga seperti futsal, bola basket, bola voli, sepak bola, renang, atletik, taekwondo, merpati putih, tarung derajat, karate, panjat dinding, dan lain-lain. 
  • Olah seni seperti teater, degung, paduan suara, qasidah, nasyid, kaligrafi, animasi, kursus pembuatan film, dan lain-lain.
  • Keterampilan pikir seperti kelompok studi islam (KSI), pelatihan dakwah, keorganisasian dewan santri, dan lain lain. 
  • Rekreasi dan aktivitas lain seperti ziarah dan rihlah, musabaqah dalam rangka hari besar Islam, dan lain-lain.

Kegiatan Pesantren Al Masoem Bandung

Peraturan dan Pelanggaran

Di Al Ma’soem terdapat peraturan untuk mengatur santrinya. Ada juga sistem sanksi bagi santri yang melanggar aturan. Apabila pelanggaran ringan maka akan berlaku sistem poin, namum jika masuk pelanggaran berat, maka santri dikembalikan ke orang tua. Untuk santri yang poin pelanggarannya sudah mencapai batas maksimal, juga dikembalikan ke orang tua. Santri yang keluar dari pesantren berarti  keluar juga dari sekolah formal Al Ma’soem.

Kesimpulan

Memilih jalan sekolah biasa dan pesantren adalah pilihan orang tua dan anak itu sendiri. Namun perlu diketahui pondok pesantren tidaklah seseram dulu. Apalagi Al Ma’soem yang sudah mengusung konsep pesantren modern. InsyaAllah anak akan betah berada di sini. Sehingga pesantren Al Ma’soem pantas menjadi rekomendasi pesantren si Bandung

Silahkan tinggalkan jejak, tapi jangan link hidup yahh :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *