cara atasi bayi cegukan
Healthy,  Motherhood

Cara Atasi Bayi Cegukan

Bayi cegukan bikin pusing 7 keliling? Semoga setelah baca artikel ini moms bisa lebih tenang lagi yah. Karena cegukan itu adalah proses yang normal pada seorang bayi, apalagi bayi baru lahir hingga usia 3 bulan.

Penyebab Bayi Cegukan

Sebenarnya banyak hal yang bisa membuat bayi cegukan.  Yuk kita lihat apa saja yang menjadi penyebab bayi cegukan.

  1. Diafragma pada bayi belum matang
    Belum matangnya fungsi saraf yang bertugas mengatur diagfragma, menyebabkan bayi mudah mengalami cegukan karena kontraksi yang terjadi pada otot diagfragma. Ketika sang bayi tumbuh semakin besar, diagfragma dan otot di perut serta tulang rusuk menjadi lebih kuat. Ini bisa menurunkan frekuensi cegukan.

  2. Udara yang dingin
    Udara dingin juga bisa menyebabkan bayi cegukan. Sehingga, moms harus rajin ya cek suhu ruangan, apabila kamar terlalu dingin degan suhu AC yang ada, segerlah naikkan suhu ruangan.

  3. Terlalu banyak menyusu,dan menyusu dengan penggunaan botol
    Terlalu banyak menyusu mengakibatkan kekenyangan pada bayi. Kekenyanyan ini bisa memicu otot diafragma untuk kontraksi, sehingga menyebabkan bayi cegukan.

    Ketika bayi menyusu dengan botol, memungkinkan udara masuk ke lambung. Ketika udara masuk, ini memicu terjadi cegukan pada bayi.

  4. Pola makan ibu
    Cegukan juga dipengaruhi oleh pola makan sang Ibu, karena akan mengalir sebagai ASI. Semua makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu akan mengalir ke bayi melalui asi.

  5. GERD ( Gastrointestinal Reflux Disease )
    Kemungkin ada penyakit refluks asam lambung pada bayi, menyebabkan bayi menjadi cegukan. Untuk memeriksanya, moms memerlukan bantuan tenaga medis.

Cara Atasi Bayi Cegukan

Nah kalau bayi moms mengalami cegukan, sebaiknya moms ga perlu panik dulu. Karena memang itu hal yang normal. Untuk menghentikannya, ada beberapa cara dengan berbagai kondisi :

Bayi masih menyusu ASI
Moms perlu memperhatikan posisi menyusui yang benar. Pastikan putting susu seluruhnya berada dalam mulit bayi. Posisi menyusui yang benar adalah sebagai berikut :

posisi menyusu yang benar

Perhatikan saat bayi menyusu, jaga agar bayi menyusu dalam keadaan terlalu semangat. Karena jika terlalu semangat, udara mudah masuk ke diagfragma bayi.


Moms dapat melakukan burping. Sandarkan bayi tegak menhadap ke kita (seperti posisi menggendong ), lalu tepuk punggung bayi dengan lembut. Cara ini bisa mendorong udara ke atas dan menhentikan cegukan.

Bayi minum dari botol
Moms perlu memastikan botol yang digunakan apakah sudah sesuai dengan standart umur bayi. Dengan lubang yang sesuai, bayi bisa mengatur pola menyusu sehingga mengurangi kemungkinan cegukan.

Bayi sudah dapat MPASI
Jika sudah MPASI, maka pemberian makanan kepada bayi harus secara perlahan

Pijat dengan lembut
Elus-elusnya punggung dari bokong kearah kepala dengan lembut

Demikian moms, metode yang bisa digunakan saat bayi cegukan. Jadi sekarang udah ga kebingungan lagi kan mom? ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *