membacakan buku untuk bayi
Review

Membacakan Buku untuk Bayi sebagai Kegiatan Bonding Time

Kegiatan membaca buku merupakan kegiatan untuk semua kalangan, tak terkecuali untuk bayi. Loh? Bayi? Bayi kan belum bisa membaca? Ya betul bayi belum bisa membaca namun bayi sudah bisa mendengar, jadi orang tua lah yang bertugas untuk membacakannya. Membacakan buku untuk bayi ternyata bisa juga jadi alternatif untuk kegiatan bonding time mama dan anak.

Waktu yang Tepat Membacakan Buku Untuk Bayi

So?  Kapan waktu yang tepat untuk membacakan buku ? Jawabannya adalah sejak dalam kandungan. Penelitian menunjukkan detak jantung janin akan menjadi teratur saat Mama berbicara. Ini artinya ia merasa tenang saat mendengarkan suara Mama.

Ketika ia lahir ke dunia, maka ia akan memberikan respon terhadap cerita yang dibacakan Mama saat ada dalam perut, daripada cerita baru dari buku.

Membacakan buku untuk bayi adalah interaksi sosial awal antara Mama dengan bayi. Suara Mama adalah stimulasi penting yang membuat chemistry antara Mama dan bayi.

Manfaat Membacakan Buku untuk Bayi

Seperti yang disebutkan di atas, membacakan buku adalah interaksi untuk membangun chemistry. Selain itu, ada lagi manfaat membacakan buku untuk bayi :

  1. Mempererat bonding
  2. Melatih fokus dan konsentrasi
  3. Meningkatkan kerja otak
  4. Agar anak terbiasa membaca
  5. Baik untuk perkembangan emosi

Walaupun Si Kecil belum mengerti, ada banyak manfaat dari membacakan buku untuk bayi. Cek buku bacaan yang tepat untuk bayi baru lahir berikut ini!

filosofi buku

Tips Bagaimana Membaca Buku untuk Bayi

Tips berikut bisa Mama terapkan saat melakukan kegiatan membaca buku untuk bayi :

  1. Memilih buku yang tepat sesuai usia
  2. Sediakan buku yang interaktif
  3. Letakkan buku di sisinya
  4. Buat suasana membaca jadi menyenangkan
  5. Tetapkan waktu khusus
  6. Tetap jaga kebersihan buku

Tips Memilih Buku Cerita untuk Bayi

Buku cerita yang baik untuk bayi itu biasanya mengandung :

  1. Gambar yang menarik sehingga tidak membosankan bagi bayi
  2. Cerita ringan dengan nilai-nilai yang bisa diajarkan pada anak sedini mungkin

Banyak orang yang beranggapan buku cerita untuk bayi itu mahal, karena khusus. Menurut pandangan aku sih ini adalah seebuah bentuk investasi. Oke, namun bagi sebagian orang tua yang menganggap bahwa buku itu mahal, kini Mama’s Choice punya solusinya.

Mama’s Choice telah menghadirkan Buku Cerita Anak Dunia Bunbun yang bisa menemani bonding time Mama dengan anak di rumah. Apa sih isi Buku Cerita Anak Dunia Bunbun itu?

buku cerita anak dunia bunbun

Buku cerita anak dunia Bunbun adalah karya Watiek Ideo, buku ini merupakan buku cerita dengan gambar menarik dan cerita yang ringan untuk dibacakan kepada Si Kecil sebagai pengisi bonding time . Buku cerita anak dunia Bunbun ini terdiri dari 2 seri yaitu : seri berbuat baik dan seri bermain aman. Selain itu, ada bonus sticker lucu yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas anak. Buku cerita ini bisa didapatkan gratis dengan membeli Mama’s Choice Irish Bella’s Baby Essential Kit.

Mama’s Choice Irish Bella’s Baby Essential Kit

Mama tau ga,  Mama’s Choice Irish Bella’s Baby Essential Kit ini adalah produk perawatan bayi pilihan artis cantik Irish Bella. Mama’s Choice Irish Bella’s Baby Essential Kit ini terdiri dari :
1 pcs Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash
1 pcs Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil
1 pcs Mama’s Choice Baby Rash Cream

mama's choice irish bella's baby essential kit

Mengapa ini dipilih oleh Irish Bella, tentunya bukan tanpa alasan. Keunggulan dari Mama’s Choice yang membuat Irish Bella memilih ini sebagai perawatan bayinya. Keunggulan Mama’s Choice Irish Bella’s Baby Essential Kit adalah :

  1. Bebas dari toksin dan aman untuk kulit sensitif Si Kecil
  2. Harga lebih hemat
  3. Setiap pembelian Baby Essential Kit bisa dapatkan Buku Cerita Anak Dunia Bunbun

Menurut aku sendiri yang juga masih memakai perawatan Mama’s Choice untuk anakku, selain keunggulan yang disebutkan di atas, aku merasa bahwa Mama’s Choice ini praktis dibawa bepergian, bahan-bahan yang alami membuat aku tidak khawatir akan iritasi kulit pada anak, wangi juga lembut karena pada dasarnya tidak mengandung tambahan parfum.

Untuk bisa mendapatkn produk ini, Mama tidak perlu khawatir sudah tersedia baik di website Mama’s Choice (www.mamaschoice.id ) dan juga bisa dapatkan Mama’s ChoiceIrish Bella Baby Essential Kit lebih hemat di sini!

Dan untuk bisa mendapatkan info lebih banyak tentang dunia seputar Mama dan Anak serta produkproduk berkualitas, Mama bisa pantengin Instagram Mama’s Choice di @mamaschoiceid.

17 Komentar
  • Lintang

    Emang penting banget sih membangun bonding dengan bayi dengan membacakan buku. Anak-anak saya juga sampe apal nih seri Dunia Bunbun.

  • Siti Mustiani

    Membangun negerasi yang cinta dengan literasi memang harus dimulai sedini mungkin ya mbak, bahkan ketika masih di dalam kandungan.

  • Muhammad Rifqi Saifudin

    Bonding bareng anak itu ternyata sepenting itu ya, banyak manfaat yang bisa didapetin. Dan tentang membaca buku, aku yang suka baca ini juga berangan-angan nanti kalau punya anak mau bikin dia suka baca dari kecil, ternyata niatku ini manfaatnya banyak banget ya

  • Dyah ummu AuRa

    Produk-produk Mama’s Choice ini emang berkualitas banget ya mbal. apalagi sekrang ada buku cerita si Bunbun yang seru dan juga lucu, pasti anak-anak suka.

  • Alfa Kurnia

    Makin lengkap ya sekarang produk Mama’s Choice juga ada bundling buku cerita anaknya. Bermanfaat banget untuk para ibu yang punya bayi dan balita.

  • nyi Penengah Dewanti

    Barokallah makasih mba Nita, buat rekomendasinya noted banget buat aku yang belum ada anak nih
    jadi punya ancang-ancang juga.

  • antung apriana

    sekarang sudah banyak banget ya, mbak pilihan buku buat anak. apalagi dengan adanya marketplace bikin kita bisa beli buku dengan lebih mudah dan murah

  • Nurul Fitri Fatkhani

    Saya juga yakin kalau membacakan untuk bayi itu memiliki banyak manfaat. Selain mempererat bonding dengan anak juga bisa menambah kosa kata anak-anak, ya…

  • Wiwid nurwidayati

    Wah lengkap banget ya, beli peralatan mandi dapat buku lagi. Bagi anaknya yang suka buku seneng banget ni pasti

  • Santi suhermina

    Yayaya.. Membaca emang penting. Bukan cuma bayi. Bahkan pas masih jadi janin di kandungan pun suka dibacain buku. Anak2 jadi lebih berkembang maksimal otak nya ya mom

  • Fionaz Isza

    Saya sering membaca buku di sebelah anak2 akhirnya mereka jadi kepo dan lama2 ikutan suka baca buku juga sampe sekarang kak. Aq jadi pengen punya buku dunia bunbun ini buat anakq pasti dia seneng

  • Ennis Kurniasih

    Paket Essential kit-nya lengkap, yaa. Cocok juga buat kado ke teman atau saudara yang baru mempunyai anak. Plus dapat buku cerita jugaa. Mm, aku setuju banget kegiatan bonding dengan anak ini, dilakukan dengan membaca buku bersama-sama.

  • Nisa

    Cakep yaa mama choice’s ini, udaah dapat produk dapat buku yang lucu lagi dunia bonbon. Jadi double manfaatnya.

    Kalau si bayi cuma bisa mendengarkan, tapi saat kita membacakan cerita dia respon ketawa aja, jadi senang bngt hehe

  • Jihan

    wah samaan, anak saya juga asyiiik bangett sama buku dunia bunbun barunya kemarin. sampai maem pun ngga kerasa udah habis banyak karena dia sibukkk sama buku wkwkw jadi emak happy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *