Tips Menjadi Ibu Produktif Sehat Ceria
Lifestyle

Tips Menjadi Ibu Produktif Sehat Ceria

Tips Menjadi Ibu Produktif Sehat Ceria – Pada era digital ini, ibu produktif tidak bisa lagi diartikan ibu yang bekerja kantoran. Ibu yang ada di rumah pun bisa menjadi ibu produktif. Teknologi yang berkembang saat ini memungkinkan para ibu tetap produktif walau di rumah saja.

Tidak sedikit para ibu yang produktif di rumah, malah menghasilkan sesuatu yang luar biasa yang mempunyai nilai lebih. Apa saja sih kegiatan produktif yang dapat ibu lakukan di rumah?

Kegiatan Produktif di Rumah dapat berupa :

  1. Memelihara tanaman
  2. Menulis blog
  3. Membuat konten
  4. Menyalurkan hobi keterampilan
  5. Menjadi mompreneur pada bidang yang dikuasai

Tips Menjadi Bunda Produktif di Rumah

“Aduh rumah berantakan”
“Gimana nih, banyak yang terbengkalai?”
“Duh anak jadi sakit karena kurang diawasin”

Yah…mengurus rumah tangga sembari tetap produktif di rumah bukan hal yang mudah ya bunda. Bunda yang memutuskan menjadi bunda produktif di rumah, harus memikirkan juga keadaan di rumah.

Tenang bun, aku dulu pernah berada di posisi yang bingung harus bagaimana mengatur semuanya. Aku adalah pekerja kantoran yang bekerja dari jam 08.00 hingga 16.00 yang saat ini sedang Work From Home (WFH). Aku juga seorang penulis konten di blog pribadiku ini. Sementara itu aku punya anak berkebutuhan khusus yang butuh perhatian lebih. Lalu bagaimana aku bisa keluar dari kebingungan itu.

Berbagai kegiatan bunda produktifAgar para bunda sekalian tidak mengalami hal yang sama seperti aku. Aku akan bagian tips jadi ibu produktif di Rumah yang sehat dan ceria :

Bangun lebih pagi dari anggota keluarga lain

Bangunlah lebih pagi mendahului anggota keluarga lainnya. Ini situasi kondusif karena bunda tidak akan mendapat gangguan, sehingga bunda dapat berpikir lebih jernih. Persiapkan segala sesuatu yang diperlukan pada hari itu. Seperti sarapan keluarga, bekal anak sekolah, baju kantor dan lain lain yang memang diperlukan diri sendiri dan anggota keluarga.

Buat To Do List untuk aktifitas hari ini

Buatlah to do list atau daftar aktifitas yang akan dilakukan hari ini. Daftar ini bisa dibuat pada malam hari sebelum tidur, atau bisa juga pagi hari saat bunda bangun lebih awal. Hal ini berguna selain untuk pengingat, bisa juga untuk membantu bunda agar fokus dengan aktifitas tertentu dan tidak melenceng ke hal-hal lain yang tidak perlu.

Petakan kegiatan

Petakan kegiatan seperti plot waktu. Contoh jam 08.00-16.00 adalah jam kantor sehingga fokus pada kerjaan kantor. Jam 16.00 – 18.00 digunakan untuk bermain bersama anak. Jam 19.00 – 20.00 dapat digunakan untuk belajar bersama anak. Selepas itu bisa mengerjakan kegiatan atau hobi produktif lainnya. Fokuslah, untuk tiap plot waktu yang sudah ditentukan.

Misalnya jika ibu bekerja, jam 8 pagi hingga jam 4 sore khusus mengerjakan pekerjaan kantor, tidak boleh nyambi kerjakan hal-hal lain seperti menulis blog ataupun mengajar anak. Kenapa? Karena itu akan membuat kerjaan kantor terbengkalai sehingga akan mengobankan waktu yang lain untuk menyelesaikannya.

Buat target harian

Buatlah target harian yang sesuai dengan kemampuan, dan pastikan selesai pada hari tersebut sehingga tidak ada hutang target pada hari berikutnya.

Buat kesepakatan dengan anggota keluarga lainnya

Nah ini hal yang menurut aku penting : kerja sama antar anggota keluarga. Sampaikan apa saja yang kita kerjakan. Minta pengertian akan hal tersebut. Juga minta bantuan jika memerlukan bantuan. Dukungan keluarga adalah hal utama, agak bunda bisa bekerja dan berkegiatan dengan tenang.

Siapkan tempat khusus untuk bekerja

Sbisa mungkin siapkan area kerja untuk bunda. Kenapa? Punya tempat kerja yang khusus akan membantu bunda dalam mengerjakan pekerjaan. Saat berada di tempat itu, secara tidak langsung tubuh akan mengisyaratkan diri untuk bekerja karena sudah mengatur bahwa tempat itu adalah tempat untuk bekerja.

Pastikan kebutuhan keluarga selalu siap tersedia

Kebutuhan keluarga di sini seperti kebutuhan makan, karena aku punya anak yang masih aktif bermain dalam rumah maka ada kebutuhan bermain. Tak terkecuali kebutuhan kesehatann seperti vitamin dan obat-obatan

Baca referensi terkait dengan kesehatan keluarga terutama anak

Yang terakhir, bunda juga harus rajin mencari tau mengenai kesehatan keluarga terutama anak. Konsisi keuarga dana dan anak yang sehat tentu membuat bunda happy. Nah dengan bekal referensi ini setidaknya bunda bisa tidak terlalu panik jika mengalami hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, terutama menyangkut kesehatan anak. Nah sekarang yang menjadi andalanku adalah situs panduanbunda.com

panduanbunda.com

Situs ini berisi banyak sekali artikel tentang parenting, kesehatan hingga tips-tips yang bisa kita gunakan karena relate dengan kehidupan sehari-hari. Bahkan di situs ini juga menyajikan produk-produk yang aman digunakan untuk penanganan di saat anak sakit. Bunda-bunda juga bisa setok produk ini untuk jaga-jaga.

Contoh produk yang bisa buat setok seperti sirup penurun panas anak dan bayi, Termorex. Ada juga sirup pereda flu dan batuk andalanku, Anakonidin. Dan untuk lengkapnya, bisa kunjungi https://panduanbunda.com/produk untuk langsung melihat obat yang diperlukan.

Menariknya lagi, Panduan Bunda mengapresiasi para bunda hebat yang punya peranan penting untuk keluarga dengan cara menyediakan bermacam hadiah yang cocok untuk para bunda. Caranya bagimana?

Cara ikutan kompetisi ini gampang banget!

  1. Follow @PanduanBunda
  2. Tunjukan sisi Super Bunda km dengan cara upload foto carousel kegiatan multitasking Bunda (slide 1)dan momen saat bunda merawat si kecil sakit(slide 2)
  3. Tulis di caption kenapa kamu bisa disebut sebagai Super Bunda
  4. Tambahkan hashtag #SuperBunda #BundakuHeroku
  5. Jangan lupa tag panduan bunda dan mention 3 teman kamu di kolom caption
  6. Share postingan ini di story, jangan lupa di highlight ya!

Big Quiz Panduan Bunda

Atau untuk info lengkapnya, bunda bisa langsung mengunjungi Instagram Panduan Bunda.  Jangan lupa ikutan ya, bun. Bunda Produktif serta keluarga sehat dan ceria pasti menjadi dambaan para Bunda. Semoga tips menjadi bunda produktif dapat membantu para bunda yang saat ini lagi kebingungan yah…. Salam ☺

Silahkan tinggalkan jejak, tapi jangan link hidup yahh :)

11 Komentar
  • Eri Udiyawati

    Dan time management ialah kunci dari segalanya. Kita harus disiplin menyelesaikan to do list one by one. Pokoknya gak boleh goyah ya.

    Menarik juga nih PanduanBunda, bisa juga nih ikutan kompetisinya.

  • Qoty Intan Zulnida

    Menjadi ibu produktif memang harus tetap bahagia yaaa.
    Btw, semua itu hampir kulakukan setiap hari, tapi selama ini aku jarang bikin to do list padahal itu penting banget yaaa. Ya akhirnya ada aja yang kelupaan deh karena gak ditulis detail. mulai saat ini harus bikin to do list dan target harian nih

    • Okti

      Itu kompetisi story’ nya ga ada tanggal terakhir ikutan ya? Pengen juga nih ikutan. Gabung dengan panduan bunda juga biar bisa nambah ilmu dan wawasan juga teman

  • Ursula meta Rosarini

    Salam kenal bund, samaan bund, akupun selalu sedia produknya Konimex di rumah buat jaga2 kalau anak sakit

  • wiwid nurwidayati

    Maksih tipsnya mbak. Ini berguna banget sama aku, yang masih amburadul kadang kegiatan sehari-hari, hingga nggak dapat apa-apa. padahal kelihatan sibuk banget.

  • Jihan

    Bener mbaa kalau ibu ngga bahagia tuh ngga bisa produktif, aku kayak gitu soalnya. Biar bisa jadi produktif tuh harus senyum ceria bahagia. Kalau sedih,bawaannya pengen magerrrrr muluuuk

  • Nunung

    Waah sekarang enak ya ada situs seperti panduan bunda. Jadi banyak informasi menarik seputar anak dan keluarga. Nggak perlu langganan majalah bulanan khusus mommy dan parenting kayak jaman dulu lagi . Tinggal meluncur semua informasi mudah didapatkan.

  • Witri Prasetyo Aji

    Aku baru tahu sih sama panduanbunda ini, dan ngebantu banget yah. Bisa tahu tentang ilmu parenting. Jadi ibu bisa belajar parenting tapi juga tetap produktif ya Mak…

  • Didik

    Kasih info ini ke bunda ahhh. Soalnya challenge-nya gampang banget.

    Bundaku emg udah multitasking banget sejak pagi. Mulai dari memasak, ngemong si kecil (mandiin, ngasih makan, hingga ngajak jalan2). Belum lagi siangnya nemenin tidur. Ada juga harus nemenin tamu yg datang. Kalo sorenya harus ikut pengajian. Sorenya juga kadang masak lagi buat makan malamnya. Fiuhh bunda emg the best deh. Ga kuat kalo aku suruh gantiin perannya. Salut dan bangga utk bunda.

  • Rahmah

    Hmm memang berat jadi ibu tapi bukan berarti enggak bisa
    Makanya saya yakin bahwa perjalanan ini bayarannya surga
    Mahal dan butuh perjuangan terbaik

  • Happy Hawra

    salut banget sama bunda-bunda yang bisa seimbangkan antara menjadi orangtua dan juga berkarya. semangat terus, semoga keberkahan melimpah selalu ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *