rekomendasi game online ringan
Review

Rekomendasi Game Online Ringan Untuk Mengatasi Stress

Rutinitas yang padat,ditambah lagi dengan masa PPKM yang berkepanjangan tak jarang membuat aku bergelut dengan yang namanya stress. Jika dulu untuk mengatasi stress aku suka pergi berlibur, namun dengan kondisi pandemi sekarang aku harus mengubur jauh keinginanku itu. Aku mulai mencari cara agar stress ini tidak berkepanjangan, termasuk di antaranya mencari rekomendasi game online ringan.

Mengapa Mencari Game Online Ringan?

Bermula dari aku melihat ayah Ezio (anak aku) tengah asyik bermain game online di laptopnya. Aku jadi kepo dan mulai mencari tahu. “Siapa tahu, bisa mengatasi stress” pikirku. Setelah mencari tahu, ternyata game online yang dimainkan suamiku ada beberapa jenis. Mulai dari jenis action, olahraga hingga petualangan.

Karena melihat dia asyik, aku mencoba untuk ikut bermain. Setelah beberapa kali mencoba, ternyata permainan-permainan tersebut terlalu susah bagiku. Yang ada malah aku jadi makin stress ga pernah bisa main hehe…

Lalu suamiku menyarankan supaya aku mencari game online yang ringan saja. Aku jadi flashback ke masa kuliah di mana aku suka beberapa permainan onine ringan seperti Zuma, Pacman, dan Tetris. Aku mulai mencari permainan sejenis, siapa tahu masi ada yang menyediakan. Karena situs tempat aku bermain dulu sudah tidak ada.

Rekomendasi Game Online Ringan

Setelah menyusuri mesin pencari, ternyata aku tidak menemukan game yang persis sama seperti yang aku mainkan dulu ketika jaman kuliah. Yah, jaman makin berkembang tentu banyak pengembangan game dari jaman dulu.

Tapi, aku menemukan satu situs game online ringan yang yahhh… lumayan mirip dengan yang pernah aku mainkan, malah lebih lengkap permainannya. Aku jadi bisa mencoba mainan lainnya, yang ternyata cukup mengasyikan. Akupun menikmatinya.

Aku menemukan plays.org. Dari namanya sudah bisa ditebak kalau situs ini adalah situs untuk bermain. Menurut aku, situs ini tampilannya mudah untuk dipahami. Sebenarnya bukan hanya ini kelebihan dari situs ini. Ada beberapa hal yang membuat aku tambah jatuh cinta dengan plays.org.

Mengenal Plays.org

Plays.org adalah situs yang menawarkan game online ringan bersifat fun dan free, cukup dengan memainkannya di browser. Dan memang tujuan dari situs ini adalah untuk membantu meringankan beban pikiran masyarakat yang sedang bergelut dalam masa pandemi.

plays.org tempat main game online ringan

Yah, situs ini memang baru dipublikasi tahun 2021 ini. Walaupun baru launch di tahun 2021 ini, Plays.org sudah mempunyai ratusan game beragam, dengan berbagai kategori pilihan. Kita sebagai pemain dapat memberikan rating pada game yang dimainkan. Game di Plays.org dapat berjalan cepat walaupun dimaikan depan paket data seluler karena kebanyakan game di situs ini dibangun dengan Javascript yang ringan.

Aku suka bermain di waktu senggang, di sela-sela aktifitasku. Tapi aku lebih suka bermain di malam hari, sebab bermain di plays.org bisa buat aku penasaran. Gamenya ringan tidak perlu berpikir terlalu keras, cocoklah buat ibu-ibu macam aku.

kategori game di Plays.org

Keunggulan Situs Plays.org

Situs ini dibangun berasaskan bermain adalah fun dan bukan kompetisi. Aku berani merekomendasikan permainan ini kepada teman-teman karena selain menawarkan game online ringan, Plays.org juga memiliki beberapa keunggulan, yaitu :

  1. Tidak berbayar
  2. Permainannya sederhana, gak perlu capek mikir
  3. Tidak perlu di download
  4. Tidak perlu register
  5. Mempunyai beberapa kategori permainan
  6. Tidak ada iklan
  7. Ada instruksi untuk bermain game
  8. Bisa menyimpan permainan favorit
  9. Setiap hari ada game baru yang di update

Game Online Favorit-ku

Dari sekian banyak game yang ada di situs ini, aku paling suka dengan 4 game. 4 game ini merupakan permainan yang aku sering mainkan di masa kecil hingga kuliah dulu.

  1. Tetra Blocks: Neon Tetris-Inspired Line Making Game
    Bermain Tetra Blocks ini mengingatkanku pada usia-usia sekolah dasar. Ketika itu namanya adalah Tetris. Dan bermainnya pada satu alat namanya Game Bot. Lalu jika ada salah peletakan balok, alat tersebut mengeluarkan suara “bego, lu”. Apa ada yang pernah bermain Game Bot sepertiku juga di waktu kecil?

    Tetra Blocks ini adalah permainan menyusun balok. Balok yang ditampilkan beraneka ragam bentuk, ada yang bentuk huruf L, Z, T dan lain sebagainya. Seru deh selain mengasah ketelitian, game ini juga membuat kita harus membuat strategi agar tidak game over.

  2. Play Bin Pall Pinball Online
    Melihat bentuk Play Bin Pall Pinball ini aku jadi teringat dengan game Pinball yang dulu suka aku mainkan di Nintendo. Ah di kala itu, punya Nintendo adalah satu hiburan ku. Aku hanya diperbolehkan bermain oleh orang tuaku setelah selesai belajar.

    Tidak jauh beda dengan Pinball Nintendo, Bin Pall Pinball Online ini juga mengharuskan pemain menjaga bola agar tidak jatuh, dengan cara menggoyangkan semacam jarum jam agar bola bisa terpental ke atas.

  3. Frogtastic: Frog Themed Zuma Inspired Ball Game
    Permainan Zuma ini aku kenal saat aku kuliah dulu. Aku masi memainkannya di Facebook haha. Ini jadi 1 hibura aku juga. Aku memang tidak terlalu suka game yang berat, suka dengan game fun seperti ini.

    Di Plays.org ini setelah aku cari, ternyata namanya adalah Frogtastic: Frog Themed Zuma Inspired Ball Game. Karena mungkin bolanya keluar dari mulut katak. Ini permainannya gampang-gampang ngeselin haha..kenapa? karena Cuma mengelompokkan bola-bola yang ada dalam 1 kelompok warna, nanti bolanya lama-lama habis. Ngeselinnya adalah ketika kita menembak bola, tapi jatuhnya ke bola yang tidak sama kelompok warna. Jadinya bolanya makin mengular dan jadi game over deh hehe .

  4. Classic Solitaire: Free Online Klondike Solitaire Card Game
    Permainan terakhir yang aku sering mainkan dulu juga ada Solitaire, biasa main di komputer. Mainnya biasa di sela perpindahan waktu kuliah di laboratorium. Dan persis banget dengan Classic Solitaire yang aku mainkan di Plays.org ini.
game online ringan

Kesimpulan

Bermain game itu tidak harus yang wah, bermain game yang sifatnya fun bisa membantu meredakan stress selama di rumah. Aku memilih bermain game di Plays.org karena pilihan gamenya banyak, loadingnya cepat, tidak ada iklan yang mengganggu dan game yang aku suka bisa aku simpan untuk main di waktu berikutnya.

12 Komentar
  • Wahid Priyono

    Ngegame, paling hobi banget. Mobile legend paling suka. Ya game di atas juga ringan ya kak, bisa menyesuaikan dengan device hp yang dipake. Seru memang kalo sudah maen game bareng temen2, cuma perlu bagi waktu dengan baik sih biar gak kebablasan. Hehe.

  • Katerina

    Rekomendasi yang cocok buat yang ingin bermain game ringan buat fun di kala senggang ya. Kalau gamer profesional udah lain lagi game nya.

  • Fenni Bungsu

    Sepertinya daku bakal suka nih, secara game onlinenya gak hanya gratis tapi juga bebas iklan.
    Maklum aja kalau ada iklan pas lagi main game kan bikin ilfil hehe. Siip banget Kak Nita rekomennya, mau daku coba

  • Annie Nugraha

    Waaahh ratjoen ini sih hahahaha. Secara ya nge-game on-line tuh memang kegiatan yang menghilangkan kebosanan. Sejauh ini paling saya main Tetris, Candi Crush Saga, sama Solitaire. Jadul semua dah itu hahahaha. Ntar cobain ah buka plays.org. Nyobain. Toh gratis juga kan?

    • Rafahlevi

      Duhh aku tuh paling gak bisa main game. Gak bakat aja gitu.. mentok di tetrus wkwkwkwk..
      kalo stress lebih ke nonton c healingnya.. tapi nanti kita coba intip yaa gamenya sapa tau bisa nihh tq refrensinya..

  • Mutia Ramadhani

    Aku dulu pecandu game. Game apa aja dicobain, sejak masih pake komputer box, sampai ipad, trus smartphone. Udah stop sejak Maetami 2 tahun. Soalnya suka lihatin emaknya main game, dan aku gak mau anakku jadi kecanduan main game juga. Kekeke. Bukannya aku antigame loh. Cuma mungkin belum umurnya anakku aja kali ya. BTW, list-nya tetap aku keep. Kali aja ntar bisa main game diam-diam kalo si kakak udah tidur. Hahahaha.

  • Nanik Nara

    iya saya suka sebel kalau lihat suami jadi emosi karena kalah terus main game. Main game itu kan buat hiburan, lha ini kok malah menaikkan level emosi negatif.

    Saya generasi gamebot mbak hehehe…. kalau sekarang saya mainnya Zuma sama magic lines. Kalau lagi pengen yang agak mikir, main sudoku

  • Eca Arun

    Wah sama dong kak. Aku juga suka banget Tetra Blocks. Permainan klasik yang masih seru aja dimainkan di masa sekarang ini. Aku juga suka main2 game di sela-sela waktu kerja biar mengurangi penat.

  • Ririn Wandes Melalak Cantik

    Banyak banget ternyata nih game online yang bisa dicoba untuk dimainkan untuk seseruan juga. Selama ini lumayan stres juga sih dengan beragam deadline. Menarik lah mau coba mainkan ya karena gak terlalu ribet juga harus mikir terlalu berat tentang penyelesaian masalah di game.

  • Maria Soemitro

    Wah pas banget!!

    saya sering pingin “gak mikir”

    nonton drakor/dorama kan tetep harus mikir, beda dengan game yang bikin fresh pikiran

    bisa tersenyum dan teriak 😀

  • santi suhermina

    Wah asyik nih ada rekomendasi game yg ringan. Saya ko yg berat2 udah nyerah duluan. Kan prinsip saya game buat hiburan. Cari yg bisa bikin otak jadi fresh tp yg gak sampe kecanduan gitu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *