Keuntungan Era Tren Belanja Online
Financial

Raup Keuntungan Era Tren Belanja Online Dengan Lazada

Hendaklah kamu berdagang, karena di dalamnya terdapat 90 persen pintu rezeki”

Kalimat yang merupakan anjuran Nabi Muhammad SAW yang kemudian diikuti jejaknya oleh Papaku. Papaku dulu sebenarnya seorang pegawai negeri namun beliau nyambi berdagang. Beliau juga yang mengajariku bagaimana berdagang itu. Hanya saja metode jaman dulu jelas berbeda dengan metode sekarang. Dulu tidak ada tren belanja online . Sehingga proses jual beli terasa begitu panjang 🙂 . Penasaran ga? Dengerin cerita berdagang papaku jaman dulu yuk .

Jual Beli Jaman Dulu

Aku dulu tinggal di Jayapura, Irian Jaya atau sekarang orang lebih mengenal dengan Papua. Kurang lebih 13 tahun aku hidup di tanah Papua. Profesi papaku adalah pegawai negeri, namun beliau nyambi berdagang untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Berhubung di Jayapura ketika itu barang-barang serba mahal, jadi papaku melihat ada peluang di sini. Beliau mengusung konsep, membeli barang di Jakarta saat ada dinas dan menjualnya di Jayapura sebatas ke teman-teman kantor. Barang yang beliau jual pun menyesuaikan dengan kebutuhan para pekerja kantor. Dan alhamdulillah laris.

Dulu aku ingat  banget, sepulang dinas pasti rumah sudah penuh dengan barang-barang jualan papa, hasil belanja di Jakarta. Belanjanya tentu setelah selesai bertugas di kantor pusat Jakarta. Barang jualan Papa memang tertumpuk di rumah, karena tidak mempunyai gudang. Nanti ketika ada orang yang membeli, Papa membawa barang tersebut ke kantor untuk diserahkan ke pembelinya.

Kalau sekarang flashback lagi, sungguh betapa ribetnya proses jual beli jaman dulu yah. Terus aku membandingkan lagi dengan jaman sekarang yang semua dipermudah dengan adanya daring.

Pengalaman Belanja dan Jualan Online Pertama Kali

Aku sendiri baru mengenal dan merasakan belanja dan jualan online sekitar tahun 2010. Ketika itu papaku memutuskan untuk menghabiskan masa pensiunnya di Bekasi. Dan untuk mengisi rumah di Bekasi, aku membeli barang-barang secara online. Karena papaku di Bekasi, akupun memutuskan untuk pindah ke Bekasi dan menjual sepeda motorku yang ku gunakan di Surabaya secara online juga.

Saat itu aku memanfaatkan Forum Jual Beli ( FJB) di Kaskus. Dan posisiku ada di Surabaya. Ketika pertama kali barang-barang datang di rumah, orang tuaku terheran-heran. Kenapa tiba-tiba barang-barang bisa berdatangan, sementara pembelinya ada di Surabaya 🙂 ? . Lalu aku sempat menjelaskan bahwa aku membelinya secara online, membayar dengan metode transfer, sehingga barang-barang itu kemudian diantarkan ke rumah.

Begitupun motorku, aku merasa lebih gampang menjualnya secara online ketimbang harus mengiklankannya di koran atau selembaran lainnya. Kalau sekarang aku sudah tidak pernah lagi belanja di FJB Kaskus, entah masih ada atau tidak forum tersebut. Sekarang lebih banyak bertransksi melalui e-commerce yang lebih berpotensi.

Potensi Jualan Online di E-Commerce

Sebenarnya tren belanja online sendiri sudah banyak pergerakan. Dari dulu yang awalnya melalui forum, lalu beralih ke media sosial, dan kini melalui e-commerce. Dan di e-commerce  sendiri sudah banyak peningkatan yang terjadi.

Sebut saja Lazada. Lazada adalah e-commerce  yang telah lama ada, bahkan aku sempat membeli peralatan menyusui ketika Ezio masih bayi di sini, sekitar tahun 2014. Lazada dulu hanya bisa diakses melalui web browser karena ketika itu hanya mempunyai website. Dan seiring dengan perkembangan teknologi, Lazada mengembangkan aplikasi sehingga bisa diakses melalui handphone. Sehingga dapat menjangkau lebih banyak masyarakat.

Hingga kini Lazada  tak hanya melayani pembeli, namun juga memberi layanan bantuan pagi para penjual. Sudah banyak sekali peningkatan fitur-fitur untuk mendukung penjual, salah satunya fitur inkubasi di mana tim Lazada akan membantu penjual baru untuk jualan di Lazada. Makanya, Yuk Jualan Online 🙂 .

Masih penasaran dengan sejarah singkat tren belanja online di Indonesia? Langsung aja baca artikel yang ada di Blog Yuk Jualan Online dari Lazada berikut ini: Tren Belanja Online . Dengan memahami sejarah tren belanja online di Indonesia, Kamu juga bisa ikut memperkirakan bagaimana tren belanja online di masa mendatang.

Keuntungan  Jualan Online di Lazada

Yuk Jualan Online LazadaBanyak keuntungan yang ditawarkan Lazada untuk para penjual. Sehingga penjual tidak hilang arah dan tambah semangat untuk bejualan. Yuk Jualan Online karena ada keuntungan jualan di Lazada :

  1. Subsidi gratis ongkir
    Lazada mensubsidi gratis ongkir untuk pembeli, sehingga dapat meminimalisir biaya operasional toko. 
  2. Komunitas seller & pendampingan seller baru
    Lazada memiliki komunitas Seller terbesar di Indonesia yang tersebar di seluruh kota. Dan pendampingan seller dapat mendukung untuk siap berjualan. 
  3. Gratis ikutan campaign dan promo untuk seller baru
    Campaign dan promo bisa seller baru ikuti dan meningkatkan traffic 7x dari hari biasa. 
  4. Aplikasi yang lengkap untuk operasional seller
    Seller center mendukung operasional seller untuk mempersiapkan seller siap berjualan dan mendapatkan order pertama.
  5. Blog Yuk Jualan Online by Lazada
    Terdapat Blog Yuk Jualan Online yang memuat banyak insight bisnis – Blog Yuk Jualan Online merupakan persembahan dari Lazada kepada para seller Lazada yang sudah memiliki toko online maupun yang baru mencoba memulai berjualan online. Terdapat banyak insight menarik seputar bisnis seperti tips dan trik menjalankan bisnis online, prediksi tren produk terkini, do & dont’s saat berjualan online dan lain sebagainya. Blog ini cocok banget dibaca untuk kamu yang ingin menambah wawasan seputar cara mengembangkan bisnis online.

Bagaimana? Keuntungannya banyak dan gak kaleng-kaleng ya kan. Yuk jualan online, karena pasti dapat bimbingan untuk jualan.

Cara Jualan Online di Lazada

Pertanyaan selanjutnya adalah “bagaimanakah daftar jadi seller di Lazada?”. Sebelum mendaftar baiknya pahami dulu tipe seller yang ada di Lazada. Tipe seller di Lazada saat mendaftar :

  1. Marketplace Perorangan
  2. Marketplace Perusahaan
  3. Distributor Resmi
  4. Distributor Tunggal

Persyaratan Jualan Online Lazada

Setelah semua persiapan terpenuhi dan dokumen lengkap, maka langkah selanjutnya adalah :

Cara Jualan Online Lazada

Kesimpulan

Tren belanja online yang kian berkembang memang terkesan memaksa penjual untuk beradaptasi dengan keadaan. Namun ini yang menjadikan usaha tersebut tetap eksis dan tidak tenggelam di masa maraknya usaha-usaha baru yang bermunculan.

So, yuk jualan online. Kalau Kamu bingung, mulai dulu dengan buka akun seller di Lazada. Nanti akan mendapatan bimbingan untuk langkah jualan kamu selanjutnya 🙂 . Semangat Jualan !!

Silahkan tinggalkan jejak, tapi jangan link hidup yahh :)

17 Komentar
  • Khoirur Rohmah

    Ahh iya aku pernah itu mbak belanja online dulu dari website, ya ampun. Pas sekarang dimudahkan dengan adanya Aplikasi e-commerce Lazada ini. Sering belanja di Lazada, transaksinya mudah.
    Tapi kalau untuk berjualan di Lazada ini yang perlu dicoba deh
    Aku ada produknya tapi belum pernah daftar seller di Lazada
    Kek nya bisa dehh utk penjual pemula seperti aku berjualan di Lazada yg ternyata bisa dipandu juga ya mbak

  • Nurul Fitri Fatkhani

    Asyik ya, jualan online di Lazada. Seller bisa dapat pendampingan untuk membangun bisnisnya. Selain itu banyak campaign dan promo yang bisa dimanfaatkan, baik bagi seller atau pembelinya.

  • YSalma

    Belanja online sekarang ini sudah kebutuhan, karena lebih hemat waktu dan tenaga.
    Bagi seller, kudu tergabung di Lazada untuk memanfaatkan momen tren belanja online ini.
    Mana dapat pendampingan untuk seller baru dan banyak ilmu digital marketing lainnya.

    • Fadmala

      Saya sendiri belum pernah merasakan berjualan di forum kaskus, pernahnya cuma di FB.. Walaupun tetap waswas takut penipuan jg sih.. Pakai ecommerce Lazada aman ya mba untuk jualan.. Apalagi kita bisa dapetin banyak benefit jg untuk para pedagang dr tim Lazada..

      • Artha

        Saya jg cm sempat tau aja tapi Ndak sempat belanja. Tren jualan online baru saya ikuti saat ada jual beli di Facebook. Sepertinya dropship per dari marketplace sih. Makanya kalau kenal lazada duluan dan dapat banyak promo, bisa untung maksimal

  • Diah Alsa

    sejak ada marketplace forum sejenis Kaskus kayaknya udah jarang banget ya Mbak yang menyentuhnya.
    saya tiap tahun masih dapat kok email dari Kaskus, pas hari ultah hihih
    jualan online di Lazada banyak untungnya ya, bisa banyak belajar juga dari sini.

  • Iim Rohimah

    Seneng bgt kalau ada marketplace yang pengunjungnya banyak banget kaya Lazada. Bisa berpeluang bagus, apalagi kalau jualannya bener2 dari hati dan terus belajar. Banyak kok orang yang benar2 sukses dari jualan online.

  • Apura

    Gampang banget ternyata cara daftar jadi sellernya di Lazada yah. Rasanya mau jualin online juga nih sisa produk fashion bekas toko ibuku.

  • Yuni Bint Saniro

    Kalau dipikirkan lagi. Emang iya sih. Jual beli jaman dulu tuh kadang-kadang ribet. Tapi sekarang sih udah nggak lagi. Ada e-commerce yang memudahkan segalanya. Kayak di Lazada. Mana kita bisa daftar sebagai seller juga lagi.

  • Fenni Bungsu

    Berbisnis online udah bukan lagi hal yang sulit sih ini, karena bisa raih keuntungan dan memanfaatkan fitur terbaik dari Lazada, selain itu ada webinarnya juga buat tambah wawasan

  • Witri

    Lazada ini tuh e-commerce langganan dan kalau inget belanja online, aku pasti inget Lazada. Kayak belanja online ya Lazada aja..hehehe

  • hallowulandari

    harus jago-jago promosi jualan online nih ya kak, untung Lazada kasih banyak kemudahan dan promo nih buat seller

  • Monica Anggen

    Ini jadi peluang bagus buat siapa pun yang ingin punya bisnis sampingan ya. Bisa mulai bangun bisnis online di Lazada. Apalagi menjadi seller di Lazada juga dapat pendampingan untuk mengembangkan bisnis. Ini jelas menguntungkan banget buat pemula yang baru belajar bisnis

  • Damar Aisyah

    Saya sudah pernah nyoba daftar di Lazada. Syaratnya gak neko-neko, caranya juga gampang. Cuma kalau PR saya butuh stok produk ready biar gak keteteran terima orderan. Oh ya, banyak juga tips dari pada seller pemula.

  • lendyagassi

    Ternyata melatihkan sense of berdagang ini memang perlu dari keluarga yaa..
    Sehingga ada seni untuk memberikan harga dan pengalaman saat menjual barang.
    Kini, ada tren belanja online yang semakin memudahkan. Mencoba belajar marketing online, pastinya lebih berwarna.

  • Erin

    Aku suka belanja di Lazada, kayanya harus jadi seller juga biar dapat keuntungan buat jualan yang lagi dirintis. Apalagi syaratnya mudah ya Mba, Nit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *