Bongkar Rahasia Blog
Blogging

Bongkar Rahasia Blog di Webinar Marathon Coaching Growthing.id

Punya blog tapi masih bingung kenapa mangkrak? Udah nulis banyak tapi berasa blog masih gitu-gitu aja? Bisa jadi treatment masih kurang yahud sehingga blog butuh perhatian lebih. Manusia saja kalau kurang perhatian jadi ngambek kan? Hehe. Ditulisan ini aku akan bahas mengenai bongkar rahasia blog agar blog menjadi lebih powerfull, efektif dan rame pengunjung. Bongkar rahasia blog ini aku dapatkan dari Webinar Maraton Coaching Growthing.id yang diadakan oleh Growthing dan BRT Network. Webinar ni dilaksanakan dari 25 Oktober-28 Oktober 2020 bertepatan dengan Hari Blogger Nasional.

Sekilas aku ingin bercerita tentang blog nitajuwithafina.com ini. Blog ini lahir baru di bulan Januari 2020. Aku menulis blog ini awalnya lebih banyak sharing tentang keadaan Ezio, namun ternyata banyak banget manfaat dari nge-blog ini baik untuk diri sendiri dan orang lain, lengkapnya bisa baca manfaatnya disini yah. Dan semakin ke sini makin nyadar ternyata untuk nge-blog itu banyak ilmunya yang harus terus di upgrade. Pastinya sebagai penulis di blog ingin tulisannya dibaca kan. Nah untuk bisa tulisan dibaca oleh orang banyak, tulisan harus berhasil ditemukan di mesin pencari. Bagaimana caranya agar tulisan kita bisa muncul di mesin pencari dengan urutan teratas dan bagaimana cara agar blog bisa banyak yang ngunjungin? Akan menjadi pe-er sepanjang masa bagi para blogger.

Pembahasan di Webinar Marathon Coaching Growthing.id

Di atas aku sudah mention bahwa ada pe-er seumur hidup untuk para blogger yaitu bagaimana memunculkan tulisan teratas di mesin pencari dan bagaimana menjaga traffic blog itu sendiri. Ini adalah tantangan yang harus dihadapi oleh para blogger, tidak jarang banyak yang give-up dengan prosesnya. Aku merasa beruntung bisa mengetahui webinar ini dan bisa mengikuti selama 3 hari full, bisa bertanya sepuas-puasnya mengenai segala keresahan tentang blog, dan bisa juga mendengar sharing dari peserta lain sehingga bisa menambah perbendaharaan pengetahuan dalam blog.

1.Tips Meningkatkan Traffic/Pageview Blog

Di hari pertama sesi ke-1, peserta sudah disuguhkan dengan pembahasan menarik yaitu tentang bagaimana meningkatkan traffic/pageview blog yang ini adalah bagian dari pe-er para blogger. Materi ini disampaikan oleh mba Rini Novita Sari pemilik blog www.celotehdinihari.com.

Manfaat pageview/traffic tinggi
Manfaat punya pageview/traffic yang tinggi

Menurut mba Rini, beberapa masalah yang ada saat ini adalah banyak blogger yang masih mengabaikan jumlah traffic/pageview blog. Para blogger hanya focus untuk meningkatkan Domain Authority (DA) namun lupa untuk optimasi. Ada juga sebagian blogger yang bingung bagaimana meningkatkan pageview bahkan belum tau manfaat dari pageview tersebut.  Nah daripada makin pusing yuk simak bahasan berikut.

  • Apa itu pageview

Aku sering menemukan banyak blogger kebingungan jika ditanya berapa pageview blognya. Jadi teman-teman pageview adalah jumlah halaman yang dilihat oleh pengunjung blog. Jika diminta dalam rentang waktu tertentu berarti kita harus sesuaikan tanggalnya. Semakin tinggi jumlah pageview, semakin bagus pula kualitas blog dan kontennya. Untuk melihat pageview ini bisa menggunakan Google Analytic.

  • Manfaat punya pageview/traffic yang tinggi

Lalu buat apa sih punya pageview tinggi? Pageview tinggi ini penting banget untuk eksistensi blok teman-teman.

  • Mengetahui dari mana sumber traffic blog

Sebenarnya sumber traffic blog ini darimana aja si? Ya penting buat blogger untuk mengetahui sumber traffic jika ingin meningkatkan traffic. Ya iyalah, kalau ga tau asalnya dari mana traffic itu bagaimana kita mau mencari traffic.. ya ga teman-teman? Untuk mengetahui sumber traffic web, bisa menggunakan Google Analytic dengan akses Analitik – Akusisi – Ringkasan. Dari menu tersebut teman-teman akan mengetahui apakah traffic blog teman-teman berasal dari organic search,direct, social atau referral. Sumber traffic blog organic search merupakan sumber terbaik berasal dari mesin pencari, direct berasal dari orang yang langsung menuju url blog, social berasal dari media sosial, dan referral berasal dari backlink atau guest post blog.

  • Cara meningkatkan traffic/pageview blog

Lalu bagaimana cara meningkatkan traffic/pageview blog. Ini ilmu-ilmu yang diajarkan oleh mba Rini.

a. Riset Keyword

Riset keyword ini penting dilakukan jika ingin artikel blog yang kita tulis dibaca oleh orang. Keyword di sini adalah kata kunci yang sering orang masukkan pada mesin pencari, sehingga penting blogger mengetahui keyword  apa yang sering orang cari.

Di webinar kemarin mba Rini menjelaskan beberapa cara untuk riset keyword.

  • Menggunakan intuisi/feeling , karena sebenarnya kita pun sebagai pembaca sering mencari kata kunci di mesin pencari
  • Menggunakan Google Keyword Planner
  • Keywordtool.io +Google Keyword Planner
  • Keywordfinder.io
  • Neil Patel

Caranya adalah masukkan prediksi keyword. Lihat volume pencarian nya, direkomendasikan penentuan keyword jika volumenya 100-1000 per bulan.

b. Menulis artikel SEO dan human friendly

Setelah menentukan keyword , maka selanjutnya buatlah artikel yang memenuhi kriteria SEO dan juga human friendly. Bagaimana menulis artikel SEO ini? Apa saja syarat-syaratnya? Aku sudah pernah bahas sebelumnya pada artikel 11 Parameter SEO ini.

c. Link Building

Link Building itu adalah suatu teknik tertentu agar website lain memberikan (link) tautan menuju blog kita. Istilah gampangnya adalah link blog kita berada di blog orang lain.

d. Membuat artikel trending atau viral

Ini salah satu teknik yang bisa dilakukan untuk menggiring pengunjung ke blog kita, membahas hal yang sedang trending atau viral. Untuk cek apa yang sedang trending dapat akses ke Google trend.

e. Blogwalking

Blogwalking ini adalah saling mengunjungi antar sesame blogger agar terjalin interaksi.

f. Optimasi pagespeed

Siapa si yang senang dengan sistem yang lemot? Tantu langsung pada protes. Yap, ini berlaku juga untuk blog. Pengunjung cenderung akan meninggalkan blog kita apabila loading di blog kita lama. Jadi pagespeed di blog kita harus benar-benar dipantau. Tenang tidak perlu memakai stopwatch ya teman-teman, ada tools yang dapat dimanfaatkan seperti Google Page Speed Insight.

g. Desain blog yang menarik dan navigasi yang jelas

Desain blog yang enak dipandang mata biasa akan membuat pengunjung betah di blog kita, tentu harus didukung dengan navigasi yang jekas agar pengunjung tidak tersesat.

h. Kulik Google Search Console

Google Search Console dapat dimanfaatkan untuk mengetahui performance blog kita di mesin pencari . Kita dapat mengetahui page  blog kita berada di halaman berapa posisi ke berapa. Sehingga kita bisa melakukan analisa terhadap tulisan kita.

i. Kulik Google Analytics

Google Anayitics ini dikenal untuk menampilkan data statistic pengunjung. Jika dikulik lebih dalam Google Analytics ini member banyak sekali informasi, seperti bisa mengetahui artikel mana yang paling banyak pengunjungnya, sehingga kita bisa membuat artikel yang related dengan yang paling banyak dibaca pengunjung.

2. Ngulik Traffic dari Google Analytics (GA)

Nah untuk perkara ngulik-ngulik Google Analytics, di hari pertama sesi ke 2 Webinar Marathon Coaching Growthing.id kemaren dihadirkan coach Bahrul Ilmi, seorang blogger asal Pontianak yang sudah nge-blog sejak 2013.

Mengapa harus pasang Google Analytics (GA)? 

Kegunaan Google Analytics (GA)
Kegunaan Google Analytics (GA)

Nah selanjutnya ada menu wajib Google Analytics (GA) yang harus diketahui blogger lho, yaitu :

  1. Real Time
  2. Audience
  3. Acquisition
  4. Behaviour

Keempat fitur ini aku pernah bahas juga ketika belajar SEO dengan coach Baim di kelas Growthing ke-1.

3. Foto pada artikel blog

Menambahkan foto pada tulisan di blog saat ini menjadi unsur yang penting. Ini diungkapkan oleh mba Gilang pada Webinar Marathon Coaching Growthing.id di hari ke dua.

Manfaat foto dalam artikel
Manfaat foto dalam artikel

Pada sesi ini mba Gilang membagikan tips mengabadikan objek dengan menggunakan smartphone. Mengapa menggunakan smartphone? Mba Gilang menerangkan bahwa kelebihan smartphone adalah :

  • smartphone dimiliki hampir semua orang
  • mudah dibawa dan digunakan
  • tidak perlu report transfer file
  • bisa diedit langsung di smartphone
  • cukup bagus untuk digunakan di blog maupun social media.

Untuk cara pengambilan gambarnya, aku sudah pernah ulas di artikel memotret menggunakan smartphone.

4. Branding di Social Media

Tulisan sudah oke, foto pun sudah dilengkapi, dan artikel sudah diterbitkan. Lalu apa langkah selanjutnya? Gunakanlah social media untuk media promosi blog teman-teman. Mengenai materi branding ini disampaikan oleh Mas Ilham Sadli, CEO Growhing, pemilik akun twitter Pengagum Rahasiamu. Di pertemuan ini coach Ilham mengutarakan manfaat social media untuk blogger.

Manfaat Social Media
Manfaat Social Media

Untuk memilih social media yang akan kita gunakan untuk branding, caranya adalah dengan melakukan trial error pada akun-akun social media yang kita punya dari berbagai platform.

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika akan branding ke social media adalah tujuannya apa, karakternya bagaimana,  bahasanya bagaimana dan gaya bicaranya seperti apa. Optimasi  social media ini aku pernah detailkan di artikel Optimasi Media Sosial Untuk Personal Branding.

5. Diskusi Santai Tentang Blog dan SEO

Di hari ke tiga Webinar Marathon Coaching Growthing.id, para peserta diberikan kesempatan untuk mendiskusikan segala keresahan di dalam blognya kepada mas Irwin dan mas Pewe. Ada beberapa peserta yang mendapat kesempatan blog nya di audit oleh mas Irwin. Ngeri-ngeri sedep lihatnya karena warning-nya udah bukan ratusan bahkan udah ribuan. Aku dengan seksama mendengarkan pesan-pesan mas Irwin kepada pemilik blog sembari mencatat hal-hal penting yang bisa aku aplikasikan ke blog aku ataupun mencobanya sendiri.

Diskusi blog
Diskusi blog

 Penutup dari masing-masing sesi ini adalah pembagian harga pintu aka doorprize yang menggiurkan banget bagi para blogger yang perebutkan oleh hampir 100 peserta yang hadir. Hadiahnya dari produk-produk premium hingga kelas premium. Sebenarnya setelah penutup , adalagi akhir sesi dari penutupan, mungkin klo ada nama, bisa dinamakan sesi campur dari atau rupa-rupa. Suasana lebih membaur, saling lempar canda tidak cuma antar coach tapi juga antar peserta dan coach. Ada juga acara tembang kenangan, muterin lagu lawas hingga lagu ulang tahun. Ada juga yang perkenalan mic dengan berbagai suara, sampe aku mikir kalau acara pencarian bakat nanyi bawa mic sendiri bisa auto lolos nih hehe….. πŸ™‚

Ramah tamah marathon coaching
Ramah tamah

Semoga dengan aku bongkar rahasia blog di Webinar Marathon Coaching Growthing, teman-teman semakin tercerahkan dan makun semangat nge-blog nya. Semangat !

59 Komentar

Bebas Berkomentar Namun Sopan ^-^



  • nurulrahma

    Ini gokilll banget siik. Para master yang mumpuni di digital world pada ngariung di satu workshop, BRAVO! Serunya lagi, mereka kalo ngasih ilmu tuh beneran applicable ya. Jadi siap dipraktikkan. Semangaaatt!

      • Yessi

        Wah jelas banget nih bahasannya. Berguna banget buat sy yg masih newbie. Ternyata semua memegang peranan penting ya, tidak cuma konten tulisan tapi juga pemasarannya dan analisanya

    • Okti Li

      Daging banget semua ilmunya ya. Dengan adanya penjelasan detail dari ahlinya begitu saya harap gjdak ada lagi blogger karbitan yang muncul tenggelam dan kaga ada kabar. Semoga pesertanya semua bisa konsisten menulis berbagai manfaat…

      • Rindang Yuliani

        Seru ya rangkaian acaranya. Aku tak bisa ikut ketiganya karena kendala sjnyal. Tapi rangkuman materi dari Mbak Nita ini membantu bgt utk mengetahui garis besar atau inti dari Coaching Marathob kemarin. Thanks, Mbak.

  • Anggraeni Septi

    wah baca tulisan ini berasa PR ku buanyak banget haha,. Emang kalo pengen jadi blogger profesional kudu optimasi blog secara maksimal ya. Apalagi kalo belajar dari ahlinya kayak mba Rini ini, salut dagh buat pengisi yang udah berbagi ilmu.

    • Adriana Dian

      Zeru banget ya iniihhh, mengobati kerinduan akan KGB. Wkwkwkwkwk. Mba nit happy banget nih pasti keangkut KGB lagiiiii~ yaiya pasti happy ya, wong coachnya kece kece semua giniiii

  • Yeni Sovia

    Wah baru ya mba. Kalau gitu saya ucapkan selamat datang di dunia blogging dan salam kenal ya. Salah satu yang paling sulit dalam dunia blogging ini adalah konsisten. Semoga kita konsisten ya mba, kecuali kita memilih prioritas yang lain.

    Ngomong-ngomong webinarnya keren ya sampai 3 hari. Hebat pasti ada banyak ilmu yahg mba dapetin. Semangat belajar terus kita ya

    • Rahmah

      Saya senang bisa kenal kak Nita juga di KGB 1 dulu dan sekaramg sering bertemu pada webinar BRT alias GT
      Bismillah kalaumau berusaha, pasti bisa
      Selamat belajar lagi ya

  • Ghina

    Mantep kali, pe jelas an le gkao udah kek 3 hari coach nampang ngejelasin di zoom nih Mbak. πŸ‘

    Abis bongkar botol sama sharing hari terakhir nih ngerasa tm h bnyk aja PRnya yaa, tapi PR yg kmrn juga masih bnyk yg belym dikerjain nih.

    • Maria tanjung

      Ya Ampuunn, seru banget acaranya nih pasti. Sayang aku udh daftar pas lg ada keperluan keluarga jadi izin ga hadir. Mbak Nitha lengkap banget ini ulasannya. Emang bener ya percuma DA tinggi kalau PV rendah. Aku juga berusaha naikkin PV aku sih. Bismillah kita berkembang bersama dalam menaikkan PV blog mbak.

    • Yunieah.com

      Eh, mba kemaren ikutan yg coach 3 hari berturut-turut ya πŸ˜„ aku kok jadi keingatan sama suara mas ari ya Enak banget di denger plus bikin suasana kelas tuh jadi santai tapi ilmu nya daging semua

  • Maria Soemitro

    pekerjaan rumah yang belum selasai nih: memunculkan tulisan teratas di mesin pencari!

    karena kalo cuma fokus DA mah bakalan cape, jadi harus mengejar PV agar bisa muncul di deret teratas mesin pencari

    • Qatrinnadya

      Hai, Mom Ezio!
      Selamat Hari Blogger Nasional!

      Pas banget sama blog-ku yang kadang mangkrak, jadi tulisan ini penuh ilmu bagiku. Trims ya, Mom…
      Semoga kita bisa terus semangat blogging. 😍

      • Diah Kusumastuti

        Ahh cakeppp mbak Nita bisa ngerangum maraton coaching kemarin dengan apik. Aku bingung mau nulis yang mana aja, jadi kayaknya gak jadi nulis aja, huahahaha.
        Keren pokoknya coaching Growthingid kemarin. Banyak ilmu yang didapat, trus banyak hiburan pula dari para coach dan teman-teman πŸ˜€

  • Triani Retno

    Aku nggak nyimak materi Mas Baim gara-gara tertidur πŸ˜€ Nggak tau deh siangnya abis ngapain aja kok capek banget. Padahal banyak banget rasa penasaranku tentang Google Analytics ini.

  • Shyntako

    Aku nih termasuk yang masih banyak peernya, apalagi aku kemarin baru pindah ke rumah baru alias ganti domain baru, domain lama untuk bisnisku aja jadinya hihi, yowes gapapa mulai dari awal ngerapihin lagi. Aku mau rajin mampir kesini ah banyak tips buat blogger pemula kaya aku nih

    • Triyatni

      Kemarin juga ikutan ini seru banget. Banyak hal baru yang gak tahu sebelumnya. Termasuk ngulik2 warning blog itu. Tapi aku malu minta diaudit, pasti banyak warningnya. Nanti cek sendiri aja hahah πŸ˜‚

      • Mutiara sanova

        Wah aku blm merambah dunia blog nih tp pengen banget si sebenernya bisa produktif di blog, masih baca2 salah satunya info2 dr dirimu ni moms ,aku coba pelan pelan ikutin , kalo ga paham boleh dooong aku senggol ? Hehehe

    • Marita Ningtyas

      Para pakar yang selalu rendah hati & humble. Materinya selalu nampol ya mbak. Aku juga alhamdulillah bisa remidi materi2nya lagi.. selalu kaya dan memperluas wawasan materi dari Growthing.

  • Ririn Wandes Melalak Cantik

    Saya pun ikutan webinarnya nih selama 3 hari. Seru banget banyak pelajaran baru yang bisa diperolah dari event online ini terutama pengetahuan tentang blogging yang masih banyak harus diperbaiki nih. Btw, mba mencatat sedetail ini,bisa jadi bahan bacaan saya lagi nih.

  • Annie Nugraha

    Duh menarik banget deh pembahasannya. Secara dah lama pengen banget belajar soal SEO, DA, dan PA. Ilmu saya tentang hal-hal penting di dunia perbloggeran ini minim banget. Berharap bertemu seseorang yang dengan senang hati memberikan review untuk blog saya dan mengajarkan hal-hal penting di atas agar kualitas tulisan saya lebih maksimal.

  • Natasha

    wah seru nih penjelasannya.. Kapan ada lagi webinar kayak gini ya mbak?
    trus berarti kalau punya blog harus punya medsos yah di saat sekarang ini?

  • Nurhilmiyah

    Seneng banget bs ikutan webinar yg keren abis ini yaa Mba Nita… Saya juga dapat email undangan utk ikutan. Sayang sekali kl malem udah ga bs ikutan acrΒ² lg huhuu… AnakΒ² ku minta haknya. Makasih bocoran rhs nya ya Mba.

    • Rossi Septiana

      Nita lengkap bgt pembhsannya. Jadi untuk jadi seorang blogger itu ga cukup tinggal nulis posting ya.. harus mikir dibacanya gimana, analitiknya gimana, brandingnya gimana
      Aku auto bintangin iniiiii. Keren bgt tulisannya Nit.

    • Freesy

      Wah ini jelas banget dech pemaparannya. Thanks ya
      Memang blogger itu wajib terus belajar tidak boleh menyerah, aku jadi intip2 juga pageview aku ni mbak masi terjaga atau tidak πŸ™‚

  • Luluk Sobari

    Saya sangat menyesal, karena satu dan lain hal saya tidak bisa ikutan. Tapi baca tulisan Mbak Nita jadi dapat gambaran dan keikut dapat ilmu dari Marathon Coachingnya Growthing.id. Alhamdulillah, dapat cipratannya ja udah seneng banget apalagi dpt banyak dengan ikut langsung. Ma kasih Mbak Nita udah berbagi.

  • Yustrini

    Wah materinya daging sekali ini mba. Sayang aku ga ikutan acara keren ini. Hahaha kebayang gokilnya pas sesi terakhir itu. Diskusi tetapi santai yang penting ilmunya nyantol, hehe.

  • Fenni Bungsu

    Untuk meningkatkan trafik blog Ya sebisa mungkin kita yang punya blog bikin pengunjung betah ya, jangan langsung kabur. Kalau daku malah ada plusnya yang bikin agak malas berkunjung selain karena lemot blog alias berat loadingnya, yaitu kalau ada iklannya dan template yang bikin foto terbang jadi nutupin artikelnya. Itu auto langsung close, #curcol hehe

  • Ria Fasha

    Ikut marathon coaching kemarin jadi rasa reunian aku hehe karena banyak teman-teman di KGB 1..luar biasa ya ilmu yang didapat di 3 hari itu, jadi ngerefresh lagi yang udah kita pelajari

  • Dantifaramita

    Kan maen lengkap bgt kek petugas kecamatan ngedata warga bunda, aku jadi tau banyak kan, ga cuma sekedar nulis tapi fardhu ain di analisa juga ya bun supaya tulisan berguna bagi khalayak

  • Mugniar

    Untuk meningkatkan page views blog banyak yang harus diperhatikan ya, jangan sampai berfokus pada peningkatan DA semata dan lupa hal-hal ini . Makasih sharing-nya, Mbak.

  • Idah Ceris

    Iyaa nih, semenjak nulis yang berbayar itu suka lupa dengan artikel human friendly. Btw, asyik bangettt, nih, bisa ikut webinar. Aku ngga tau informasi ini. Pingiinn. Hahaha

  • Raja Lubis

    baru ngeh ada acara ini di Hari Blogger Nasional kemarin. Soalnya ikut acara lain. Tapi untungnya rangkuman materinya lengkap dan berguna banget. Terima kasih

  • Susindra

    Materi Mbak Rini tentang riset keyword bagus. APalagi saya masih PR untuk yang satu itu. Saya masih menulis karena pengen. Jadi belum pernah meriset keyword.
    Yang diskusi bebas juga bagus, banyak ilmu baru di sana

  • Jihan

    Aku kemarin juga sempat ikut yg pageview aja, yg dua babyar amblas bentrok jadi moderator di acara yg lain huhu. sayang bangettt. Untung dulu udah pernah ikut kelas Coach Irwin dkk sampai lulus >.<
    Good luck kak Nita

  • Triani Retno

    Yuk, siapa mau banyak-banyakan PR πŸ˜€
    Yang paling kelihatan di blogku itu link sepanjang jalan kenangan tapi nggak ada kata kuncinya. Kebiasaan zaman nulis di media cetak yang nggak perlu pake kata kunci.

  • Siti Nurjanah

    Ini materinya menarik sekali, pemaparan nya cukup rinci. Yuppss dalam berkiprah di dunia blogging mesti rajin2 optimasi
    Tapi Aku sendiri kadang berhasil kadang tidak
    (Hehehehe)
    Yang ga kalah penting tetap harus upgrade keterampilan ya

  • Susindra

    Saya belum banyak menggunakan Google Analytic untuk mengaudit blog. Hanya membuka saat ada job yang butuh view saja. Ah saya perlu membiasakan diri untuk itu. Karena memang sangat membantu dalam membesarkan blog ya

  • gina

    Sepertinya memang terus dan terus mengasah kemampuan dan mencari banyak referensi soal membangun blog atau optimasasi blog, apalagi dunia skg terus bergerak ke arah yang lebih maju, mau gak mau qt harus semakin getol mengasah kemampuan agar bisa bersaing

  • Steffi Budi Fauziah

    dulu saya ngejar banget hal ini, tapi sekarang enggak, hehe. berasa capek gitu kalo terus2an ngejar hal tsb. pengennya growing blog dengan keadaan happy. masih bisa nulis udah bersyukur banget hihi. by the way makasih ya mba sharingnya.

  • Tasya Nandya

    Jaman sekarang perkembangan dunia digital sudah semakin maju ya. Sebagai blogger kita harus sering- sering update ilmu supaya tetap bisa membesarkan dan mengembangkan blog, juga agar bisa bersaing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *