Deposito Berjangka Minim Risiko
Financial

Minim Risiko, Deposito Berjangka Tepat Jadi Pilihan Terbaik Untuk Investasi

Istilah “investasi” kini sedang merebak.  Sebenarnya istilah ini bukan kata baru karena sudah ada sejak lama. Hanya saja semakin ke sini masyarakat semakin melek finansial sehingga mendorong untuk melakukan investasi. Pertanyaan selanjutnya apa pilihan terbaik untuk investasi?

Manfaat Investasi

Banyak orang yang salah kaprah bahwa investasi itu adalah cara pintas untuk menjadi kaya. Padahal pada kenyataannya tujuan utama investasi itu adalah untuk mengamankan aset. Kalau pada akhirnya bisa membuat jadi kaya, itu adalah bonus. 

Saat ini aku mempunyai seorang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), maka investasi adalah caraku untuk bisa survive dengan kebutuhan anakku yang bilangannya tidak kecil.

Lalu saja apa manfaat investasi? Berikut adalah beberapa manfaat dari melakukan investasi.

  1. Menghindari inflasi
    Pergantian tahun biasa tak terelakkan dari kata inflasi. Apa sih itu? Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus pada keseluruhan barang. Proses ini yang menyebabkan turunnya nilai mata uang. Investasi adalah salah satu cara untuk menghindari inflasi.

  2. Menambah nilai uang
    Investasi berbeda dengan menabung. Jika menabung di bank, bunga yang diperoleh akan tergerus dengan pebayaran administrasi dan juga biaya lainnya. Nah dengan investasi, biasanya bunga lebih kompetitif, dengan begini akan meningkatkan nilai uang, dan uang yang ada akan bertambah lebih banyak.

  3. Mempersiapkan kebutuhan masa depan
    Manfaat investasi lainnya adalah untuk mempersiapkan kebutuhan masa depan, berupa modal untuk keperluan di masa depan seperti kesehatan, pernikahan, pendidikan anak, dan lain-lain. Dengan investasi, bisa membantu menghadapi adanya kenaikan biaya pada kebutuhan-kebutuhan tersebut.

  4. Masa tua yang lebih meyakinkan
    Semua orang muda akan menjadi tua. Dan ketika tua, segala sesuatunya menjadi terbatas, untuk yang bekerja sudah masuk masa pensiun. Sedang untuk yang berwiraswasta, biasa pemikiran sudah mulai terbatas. Sehingga sangat perlu mempersiapkan finansial yang mantap untuk mengadapi masa tersebut. Dengan berinvestasi, berarti kita mempersiapkan masa tua yang lebih baik.

  5. Merdeka finansial
    Merdeka financial artinya keadaan di mana punya finansial yang mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari. Nah, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkan kondisi ini adalah dengan berinvestasi.

Cara Mulai Investasi

Pertanyaan yang timbul selanjutnya biasanya adalah bagaimana cara untuk mulai berinvestasi, harus ke mana? Apa saja yang harus dilakukan selanjutnya.

Cara Mulai InvestasiSaat ini ada beragam produk investasi yang beredar di masyarakat. Apalagi saat ini melalui media sosial informasi cepat sekali beredar. Produk investasi tersebut seperti saham, obligasi, emas,bank,  forex, bitcoin, dan lain sebagainya.

Masing-masing produk punya profil risiko yang berbeda-beda. Pengalamanku sendiri aku melakukan investasi pada produk saham , emas dan bank. Apakah aku langsung melakukan ini sekaligus? Jawabannya tentu tidak, aku melakukannya secara perlahan. Untuk awal mula aku melakukan investasi di bank terlebih dulu.

Ini cara mulai investasi di bank :

Sebelum memutuskan maupun eksekusi produk investasi, sebaiknya kenali dulu beragam produk investasi di bank beserta profil risikonya.

Pahami konsep produk investasi beserta profil risiko

Produk investasi di bank pada umumnya ada lima macam, yaitu deposito, reksa dana, tabungan berjangka, tabungan emas dan tabunganku. Untuk memilih yang mana , perlu paham konsep dan risiko untuk tiap produk investasi tersebut. Untuk itu saat ke bank, bisa tanyakan hal-hal berikut:

    • Aturan apa saja yang berlaku?
    • Berapa nominal transfer untuk investasi tersebut?
    • Apakah ada periode waktu untuk mengambilnya?
    • Berapa bunga yang diberikan?
    • Apakah jenis investasi tersebut banyak dipengaruhi oleh gejolak politik dan ekonomi?
    • Bagaimana cara mencairkannya?
    • Apa saja yang dibutuhkan untuk memulai investasi?
    • Bagaimana cara mengawasi dana yang telah diberikan pada bank?

Tetapkan tujuan investasi

Sebelum memutuskan akan memilih produk apa, sebaiknya tetapkan dulu tujuan dari investasi yang akan dilakukan Hal ini penting untuk menetukan jangka waktunya. Selain itu dengan tujuan yang jelas juga akan membuat lebih rajin menyisihkan uang yang ada karena ada sesuatu yang ingin dicapai.

Tentukan produk investasi pilihan

Setelah mengenal produk dan profil risiko, kini saatnya memilih produk yang tepat.  Produk investasi ini tentunya yang sejalan dengan tujuan keuangan yang telah ditentukan.

Buka rekening untuk investasi

Saat ini untuk membuka rekening tidak sesulit jaman dulu yang harus mendatangi bank. Kini selain mendatangi bank, calon nasabah dapat buka rekening investasi melalu aplikasi mobile banking ataupun website resmi bank . Ikuti langkah-langkahnya hingga verifikasi juga dilakukan melalui video call.

Ok Time DepositDisiplin

Disiplin ini adalah kunci. Menjalankan investasi secara disiplin akan membawa pada tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Jika tidak disiplin, maka sia-sia saja semua uang yang telah disetor ke bank.

Pilihan Terbaik Investasi, Minim Risiko

Setelah mempelajari risiko masing-masing produk, pada umumnya orang akan memilih produk yang minim risiko namun bisa memberikan bunga yang bersaing yaitu deposito berjangka. Deposito adalah produk simpanan yang ditawakan oleh bank berbentuk investasi. 

Deposito adalah produk bank yang sistemnya adalah menyimpan dana nasabah dalam jangka waktu tertentu, maksimal dua tahun. Untuk melakukan penarikan dana deposito,  hanya bisa dilakukan saat tertentu, yaitu sesuai kesepakatan antara nasabah dan pihak bank. Sedangkan untuk penrikan dana deposito yang tidak sesuai kesepakatan, akan terkena biaya pinalti sehingga keuntungannya terpotong. 

Manfaat Deposito Sebagai Pilihan Investasi

Sebagai produk investasi, tentu deposito menawarkan manfaat bagi para nasabah. Manfaat deposito memang akan dirasakan dalam jangka waktu yang panjang. Manfaat deposito antara lain adalah :

  1. Suku bunga yang kompetitif
    Deposito biasa suku bunganya yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa. Imbal hasil deposito yang lebih tinggi setelah menyimpan uangnya selama waktu tertentu. Selain itu, tidak ada biaya administrasi dalam deposito, jadi dana tidak berkurang.

    Besaran suku bunganya tergantung pada jangka waktu penyimpanan. Biasanya, jangka waktu yang ditawarkan berkisar 1, 3, 6, 12 sampai 24 bulan. Selain itu, suku bunga deposito sudah diatur dan disesuaikan dengan kebijakan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

  2. Menguntungkan
    Saat ini, banyak produk investasi yang menawarkan keuntungan, tapi keamanannya kurang terjamin. Deposito adalah salah satu investasi yang aman karena sudah dijamin oleh LPS. Deposito tidak terlalu memengaruhi nilai pokok atau dana awal yang disetorkan, jadi harganya tetap stabil dan terjaga dengan baik.

    Satu-satunya risiko yang dihadapi oleh nasabah deposito adalah krisis ekonomi dan masalah politik yang cukup mencekik. Selama kondisi Indonesia masih cukup aman, kita bisa mengandalkan deposito sebagai produk investasi.

  3. Mudah mengakses bunga
    Sebagai nasabah, memang tidak bisa menyentuh dana yang didepositokan, tapi masih bisa mengakses bunganya. Bunga deposito setiap bulannya bisa dijadikan pendapatan alternatif.

    Jika menginkan bunga deposito setiap bulan, maka bunga  ditransfer menuju rekening. Kalaupun tidak ingin menikmatinya, bunganya dimasukkan ke dalam rekening deposito dan membuat keuntungan akhir yang diterima bertambah berkali-kali lipat.

  4. Risiko kecil/minim
    Jika Anda ingin berinvestasi tapi khawatir dengan risiko yang didapatkan, pilihlah deposito. Deposito tidak mengenal fluktuasi pasar dan perubahan harga, jadi risikonya lebih kecil dibandingkan saham atau instrumen investasi lainnya.

    Bank yang terdaftar di LPS mampu menjaga deposito Anda dengan baik dan aman sehingga terhindar dari penyalahgunaan dan pihak yang tidak bertanggung jawab. Jadi, pilihlah bank yang sudah memiliki penjaminan LPS, seperti OK Bank.

  5. Aman
    LPS menjamin penyimpanan dana deposito hingga Rp2 miliar dan suku bunga hingga 7,5%. Kehadiran lembaga ini akan membuat uang yang pada deposito lebih aman, apalagi jika bank mengalami masalah atau kebangkrutan sewaktu-waktu. Pada akhirnya, sebagai nasabah akan menerima keuntungan hasil deposito yang lebih besar dari dana awal.

Deposito memberikan manfaat yang demikian banyak. Maka dari itu, sebaiknya jangan tunda lagi untuk melakukan investasi untuk masa depan. Salah satu rekomendasi deposito yang aman adalah Deposito OK Bank.

OK Time Deposit

OK Bank  menawarkan simpanan dalam bentuk deposito yang berfungsi memberikan layanan penyimpanan dana yang terpercaya, aman, dan menguntungkan. Deposito berbentuk simpanan berjangka dalam mata uang Rupiah yang disertai dengan return menarik dan beberapa keuntungan lainnya.

Keuntungan OK Time Deposit

Yuk mulai berinvestasi deposito berjangka, pilihan terbaik investasi yang minim risiko.

Baca Juga:
Cara Kelola Keuangan Untuk Anak ABK
Cerita Trading for Living
Konsep Money Parenting

Silahkan tinggalkan jejak, tapi jangan link hidup yahh :)

10 Komentar
  • Ainun

    Dulu aku berpikir kalau mereka mereka yang berinvestasi pasti punya modal yang gede.
    Beruntung sekarang untuk bisa berinvestasi bisa dimulai dari ratusan ribu aja kayak di Reksadana.
    Pilihan untuk menyimpan tabungan juga makin banyak, jadi nggak hanya di tabungan biasa aja ya

  • Raja Lubis

    Untuk yang pemula dalam investasi, deposito ini pilihan yang paling pas. Bunganya lebih tinggi daripada tabungan biasa, setorannya terjangkau, dan termasuk jenis investasi yang low risk!

  • Hamimeha

    Aku suka edukasinya mbak nita. Aku sebagai orang yang minim literasi finansial membuat ku jadi memahami pentingnya investasi ya

    Aku nyesel dulu gak investasi sejak dini. Sekarang kebutuhan makin banyak jadi harus pandai puter uang

  • Dirman

    Nyaman banget membaca artikel tentang resiko finansial dalam bidang investasi di blog kak Nita ini. Struktur informasinya tertata ciamik. Jadi “dapet ilmu” banyak ini, kak. Terima kasih atas ulasannya, yah.

  • Dila

    Bagus banget tulisannya mba, mudah dipahami dan menambah wawasan banget tentang Investasi. saya suka dengan statement “Investasi bukanlah cara pintas untuk menjadi kaya namun merupakan cara untuk mengamankan aset”.

  • Wahyu Eko

    yang jadi pertimbangan jika memilih platform investasi itu kemudahan deposit dan withdrawalnya juga sih, deposito juga bisa jadi pilihan tepat untuk pemula yg ingin belajar investasi, kata kunci untuk pemula yg penting sabar hehe

  • Ulfah Aulia

    Wah sebagai pemula kita akan memilih yg minim resiko ya Mbak. Aku pun senang skrg bisa memilih investasi sesuai kebutuhan kita dgn minim modal ya sehingga gak worry lgi saat ingin berinvestasi. Terima kasih infonya Mbak Nita…

  • Fenni Bungsu

    Merebaknya saat ini investasi karena bisa dipelajari dengan mudah dan dipraktekkan juga ya mbak. Jadi terpantau selalu, yang penting resmi ijinnya

  • Gita Sarrah

    Saya setuju sekali bahwa sebelum memutuskan untuk berinvestasi, sebaiknya kita kenali dulu beragam produk investasi di bank beserta profil risikonya. Dan deposoto memang paling cocok untuk orang dengan profil resiko konservatif karena relatif aman dengan resiko yang rendah.

  • eka fitriani larasati

    bicara soal investasi sih saya juga milih yang minim resiko dan deposito nya gak terlalu tinggi. pernah nyoba crypto juga say atertarik dan masih investasi di eth, ini juga jangka panjang tapi ada resiko turun harga drastis. yang stabil memang deposito berjangka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *