Meterai Digital Arti Tujuan dan Cara Menggunakannya
Tekno

Meterai Digital: Arti, Tujuan, Cara Menggunakannya

 “Kirim berkas dokumennya, sertai meterai dan bubuhkan tanda tangan yah”

Siapa ni yang ga asing dengan kalimat perintah di atas ? Sepintas sederhana namun jika melakukannya secara terus-menerus akan terasa bahwa proses tersebut buang-buang waktu, tidak praktis. Apalagi saat ini sudah era digitalisasi. Dalam era digitalisasi yang terus berkembang, setiap aspek kehidupan manusia mengalami transformasi, termasuk cara kita melakukan transaksi. Nahn salah satu inovasi terkini yang menjadi sorotan adalah penggunaan meterai digital. Kira-kira kalau mendengar kata meterai digital, teman-teman bayangannya apa nih ? Meterai digital merupakan solusi modern untuk memudahkan proses transaksi, baik secara online maupun offline. Dalam artikel ini, aku akan coba membahas arti, tujuan, dan cara penggunaan meterai digital, serta mengapa ini menjadi bagian penting dari perjalanan digital saat ini.

Arti Meterai Digital

Mengutip dari website resminya, meterai elektronik (e-Meterai) adalah salah satu jenis meterai dalam format elektronik yang memiliki ciri khusus dan mengandung unsur pengaman yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia, yang digunakan untuk membayar pajak atas dokumen elektronik. Berdasarkan Undang Undang No. 11 Tahun 2008 (UU ITE) pada Pasal 5 ayat (1) yang menyebutkan bahwa dokumen elektronik merupakan alat bukti hukum yang sah.Sehingga, kedudukan dokumen elektronik disamakan dengan dokumen kertas. Jadi, meterai digital adalah bentuk digitalisasi dari meterai konvensional yang biasa digunakan dalam transaksi dokumen resmi. Sehingga, berbeda dengan meterai fisik yang ditempel secara manual, meterai digital menggunakan teknologi digital untuk memvalidasi dan mengesahkan dokumen secara elektronik. Ini memungkinkan proses transaksi menjadi lebih efisien, mengurangi birokrasi, dan meningkatkan keamanan. Jadi bisa lebih praktis, cepat dan efisien.

 

Tujuan Meterai Digital

E Meterai Bantu Bisnis di Indonesia

Sebenarnya apa sih tujuan pengadaan meterai digital ? Salah satu tujuan utama dari penggunaan meterai digital adalah untuk mempercepat proses transaksi. Dengan meterai digital, dokumen dapat disahkan dengan cepat tanpa perlu menunggu proses manual pemasangan meterai fisik dan juga pengiriman. Selain itu, meterai digital juga bertujuan untuk mengurangi biaya administrasi, karena tidak ada lagi kebutuhan untuk mencetak, membeli, menyimpan meterai fisik serta kirim mengirim dokumen. Selain efisiensi waktu dan biaya, meterai digital juga memperkuat keamanan transaksi dengan menggunakan teknologi enkripsi dan tanda tangan digital.

Selain itu ada beberapa keunggulan yang bisa didapatkan ketika menggunakan meterai digital, yaitu :

  1. Lebih praktis, mudah dan cepat
    Dengan adanya meterai digital ini, orang-orang sudah tidak perlu pergi ke tempat yang menjual meterai. Karena berupa digital, sudah tidak perlu khawatir meterai rusak, sobek maupun hilang. 
  2. Pencegahan terhadap tindak pemalsuan
    Ini sering kalo terjadi, pemalsuan meterai. Sehingga dengan adanya meterai digital ini, kejadian tersebut dapat teratasi. E-meterai ini sudah dilengkapi dengan teknologi  tanda tangan digital , fitur keamanan khusus, hingga segel khusus Peruri yang hanya terbaca oleh aplikasi khusus. Jadi sudah tidak ada istilah penyalahgunaan meterei lagi.

 

Cara Menggunakan Meterai Digital

Pertanyaan selanjutnya adalah lalu bagaimana jika ingin menggunakan meterai digital ini ? Apalagi bagi orang awam dengan dunia digitalisasi. Aku bakal info cara termudah menggunakan meterai digital  melalui platform penyedia layanan : Privy.

Ini adalah langkah-langkah menggunakan e-meterai di Privy :

1.Lakukan Pendaftaran

Langkah pertama dalam menggunakan meterai digital adalah lakukan pendaftaran pada platform layanan e-meterai, Privy. Biasanya, proses pendaftaran melibatkan verifikasi identitas untuk memastikan keabsahan pengguna.

Langkah Menggunakan Meterai Digital

2.Lakukan Pengisian Saldo  di Privy

Setelah berhasil mendaftar, pengguna dapat membeli meterai digital sesuai dengan kebutuhan. Proses pembelian biasanya dilakukan secara online dengan cara mengisi saldo Privy.

3.Lakukan Unggah Dokumen dan Pilih Workflow

Setelah membeli meterai digital, langkah selanjutnya adalah unggah pada dokumen yang akan disahkan dengan klik tombol ‘Unggah Dokumen’ pada halaman dasbor. Setelah itu pilih workflow yang diinginkan (Self Sign, Sign & Request, dan Request from Others). Selanjutnya tarik dan sematkan dokumen pada area ‘Unggah Dokumen’ dan klik ‘cari’ untuk membuka direktori perangkat yang kita gunakan.  Setelah itu, kita dapat mengunggah dokumen dalam bentuk PDF atau Word pada Privy. Namun, perlu diketahui bahwa proses unggah dokumen selain PDF akan membutuhkan lebih banyak waktu.

Langkah Selanjutnya Menggunakan Meterai Digital
4.Peninjauan Dokumen

Di Privy, kita dapat mengunggah sampai dengan 10 dokumen dalam waktu bersamaan. Pada tombol ‘Lanjutkan’, kita perlu memilih untuk menandatangani dengan e-meterai atau tanpa e-meterai. Pilih ‘Tandatangani dengan e-Meterai’ jika ingin membubuhkan meterai elektronik.

5.Menambahkan e-Meterai

Selanjutnya, kita bisa pilih kategori e-Meterai sesuai pilihan yang tersedia, berikan persetujuan untuk membagikan dokumen kepada Peruri sebagai penyedia layanan e-meterai lalu klik ‘Lanjutkan’ untuk melanjutkan proses.

Cara Menggunakan Meterai Digital

6.Menempatkan e-Meterai

Setelah selesai, kita bisa klik ‘Tempatkan e-Meterai’ dan tempelkan meterai elektronik di posisi yang kita inginkan. Klik ‘Tambah e-Meterai’ jika ada lebih dari satu meterai elektronik pada dokumen, maksimal lima e-meterai pada satu dokumen. Klik ‘Lanjut’ untuk melanjutkan proses.

Nah kalau semua proses lancar, maka meterai elektronik sudah berhasil tertera pada dokumen digital.  Setelahnya, kita dapat melanjutkan alur tanda tangan sesuai workflow yang ada.

Langkah Terakhir menggunakan Meterai Digital

Kesimpulan

Meterai digital atau e-meterai merupakan tonggak penting dalam transformasi digital di dunia transaksi. Dengan memahami arti, tujuan, dan cara penggunaannya, sebenarnya kita dapat mengoptimalkan manfaatnya dalam mempercepat dan menyederhanakan proses transaksi. Seiring dengan perkembangan teknologi, penggunaan meterai digital akan semakin meluas dan menjadi bagian tak terpisahkan dari ekosistem transaksi masa depan. Sudah siapkan Kamu beralih ke meterai digital ?

Baca Juga :
Seberapa Pentingnya Keamanan Data Di Ruang Digital ?


Silahkan tinggalkan jejak, tapi jangan link hidup yahh :)

20 Komentar
  • Fityah Nadhilah

    mbaak makasih banget loh jujur aku baru tau klo udh ada materai digital, urusan berkas² dokumen jd lebih gampang deh

  • Firda Winandini

    Wah baru tau ada materai digital. Lebih simple dan membantu banget di jaman serba digital kayak sekarang. Jadi makin satset ya urus2 dokumen dan lain2.

  • Putri alfin

    Wah, berarti materai yang kertas udah mulai ditinggalkan ya sekarang. Jadi makin canggih aja nih

  • Putri alfin

    Wah, berarti materai yang kertas udah mulai ditinggalkan ya sekarang. Jadi makin canggih aja sekarang

  • Hetty

    Nice info mba. Aku malah baru tau juga ini… bener-bener sekarang semua serba digital ya. Lebih praktis juga nih.

  • Arda Sitepu

    Senang banget sekarang serba digital yang memberikan kemudahan, salah satunya adalah materai digital seperti ini dan dengan menggunakan Priviy jadi lebih mudah.

  • eryka

    aku baru tahu materai digital privy baru2 ini aja kak hehe ternyata sekarang sudah semakin canggih yaaa…gak cuma ttd yg digital materai juga bisa digital jadi sangat membantu banget buat dokumen2 jarak jauh gak perlu kirim2 lagi 🙂

  • Citra

    Aku baru dengar materi digital waktu disuruh membuat surat pernyataan dan ternyata bermanfaat banget ya jadi kita nggak perlu harus print dan tempel gitu

    • Maria Tanjung

      Baru tahu ada materai digital. Selamat ini saya kalau butuh materai harus ke kantor pos. Agar ribet juga apalagi kalau ga ada teman yang disuruh. Sekarang lebih mudah dengan adanya materai digital ya

    • Wiwid

      Zaman semakin canggih ya. Semua serba digitalisasi. Tapi lebih memudahkan kok. Daripada kita harus beli materai manual, terus minta scan dan upload, kini dengan Privy, semuanya jadi mudah.

  • Gemaulani

    Setuju banget Kak kalau penggunaan e-meterai ini lebih membuat proses tanda tangan yang butuh materai jadi gampang, mulai dari penandatangannya sampai pengirimannya. Soalnya kalau pakai materi biasa kadang aja stok materainya nggak ada habis gitu. Eh ternyata pake e-meterai di privy semudah itu ya

  • Tysa G

    jujur aku baru tau materai digital ini tahun 2023 lalu, ternyata bisa sepraktis itu kirim berkas digital yang dibubuhi dengan materai..
    aku sendiri juga udah coba pakai untuk urusan dokumen penting yang perlu materai, ternyata caranya mudah dan praktis..

    • Sintha Novia Putri

      Akhirnya ada juga meterai digital, sangat memudahkan dan mempercepat proses terutama untuk berkas yang cukup banyak ya

  • Sabrina

    kemajuan teknologi sangat mempermudah urusan kita ya mba Nit sekarang, kalau dulu penggunaan meterai harus beli dahulu dan sekarang kita bisa pakai secara online, mempermudah waktu dan hemat tenaga pastinya, selain itu juga dapat ditracing ya proses penggunaannya

  • Erin Friyana

    Keren ya Mba Nit, zaman serba digital sekarang sudah ada e-materai. Makin simpel dan memudahkan untuk tanda tangan yang memerlukan materai.

  • Fazirotul Firdaus

    Sekarang apa-apa serba digital ya. Udah gak perlu lagi ribet keluar rumah antri beli meterai. Tinggal pencet-pencet smartphone, kelar. Beneran memudahkan banget sih, apalagi buat kaum mageran kayak aku.

  • WARITSA ASRI

    Oh iya benar banget soal ematerai yang memudahkan untuk kita tektok dengan klien cepat. Cuman harus tahu juga soal jam kerja mereka kadang aku udah beli tapi lupa ternyata di luar jam kerja jadi tidak bisa membubuhkan materainya.

  • Mirza

    Solusi bagus buat materai masa kini. Ga perlu repot cari & ga perlu banyakin sampah materai. Kalo perlu, tinggal klik & praktis

  • Putri Santoso

    Aku beberapa kali daftar kok masih gagal ya Kak Nit. Lama banget loadingnya, sambungan terputus dan mengulang dari awal gitu. Padahal materai digital ini bermanfaat banget untuk pekerja digital yang biasa taken kontrak online

  • NISA

    Waaaaah noted ni kak. Aku baru tahu ada materai digital. Jadi kalo ada yang ngirim berkas tinggal pakai materai digital aja lagi nich. Biasanya aku pakai scan ulang hahaha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *