Indomilk Susu Bubuk
Special Needs Kids

Indomilk Susu Bubuk:Pilihan Untuk Tumbuh Tinggi, Tangguh, Tanggap

Susu sapi terkadang menjadi polemik bagi orang tua anak berkebutuhan khusus (ABK). Ya, aku adalah ibu dari seorang anak berkebutuhan khusus, ADHD. Sebagian dokter berpendapat bahwa susu sapi dan turunannya harus dihindari bagi mereka yang tergolong anak ADHD. Awalnya aku sempat menggunakan susu soya sebagai pemenuhan kebutuhan susu Ezio, anak saya. Namun pada pertemuan dengan Prof. DR. Dr. Irawati Ismail M. Epid, Sp.KJ(K) , seorang Psikiater Anak di RSCM Kencana, beliau menyatakan bahwa selama konsumsi susu sapi tidak membuat efek signifikan pada anak ADHD maka tidak diperlukan diet susu sapi. Beliau berbicara sesuai dengan jurnal penelitian yang sudah ada. Sejak saat itu aku mulai mencoba memberikan susu sapi pada Ezio. Tidak lupa aku mencatat setiap perilaku Ezio ketika masih minum susu soya dan juga setelah minum susu sapi. Catatan ini yang aku jadikan parameter untuk dapat berpindah seutuhnya mengkonsumsi susu sapi.

Tips mencoba susu sapi untuk anak berkebutuhan khusus ala nitajuwithafina.com

  1. Siapkan 1(satu) buku catatan khusus untuk mencatat perilaku anak ketika masih menggunakan susu soya
  2. Ketika transisi, sebaiknya dilakukan partial bisa dengan selang seling memberikan susu soya dan susu sapi
  3. Tetap dicatat perilaku anak di masa transisi ini, point yang dicatat dalam buku ini adalah perilaku positif dan negative anak
  4. Setelah point 1,2,3 di rasa smooth, maka dapat dicoba mengkonsumsi full susu sapi , dengan tetap mencatat hal-hal yang terjadi setelah full menggunakan susu sapi
  5. Analisa point catatan perilaku anak, sehingga keputusan 100% menggunakan susu sapi adalah keputusan yang tepat

Untuk saat ini, pilihanku jatuh pada Indomilk Susu Bubuk sebagai susu bubuk untuk anak aku. Mengapa aku memilih Indomilk Susu Bubuk ? Yuk simak bahasan aku mengenai susu ini.

Mengenal Indomilk Susu Bubuk

Indomilk Susu Bubuk merupakan susu bubuk yang mengandung Optinutri yaitu Omega 3, Sumber Protein , Tinggi kalsium. 3 jenis kandungan ini memberikan manfaat susu bubuk terbaik bagi anak untuk tumbuh tinggi, tangguh tanggap.

anak tumbuh tinggi tangguh tanggap
Optinutri Pada Indomilk

– Omega 3

Omega-3 berasal dari minyak ikan laut. Omega-3 ini mengandung DHA dan EPA, serta vitamin dan mineral. Peran dari Omega-3 adalah untuk membantu perkembangan sel-sel otak, menunjang kecerdasan dan kesehatan jantung anak-anak

– Sumber Protein

Peran protein adalah membantu dan memperbaiki jaringan tubuh anak. Ada juga vitamin seperti Vit A, Vit B, VIt C, Vit D3, Zinc, lodium Fosfor dan serat pangan yang baik untuk perkembangan anak.

– Tinggi Kalsium

Peran kalsium adalah membantu pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. TIdak ketinggalan susu ini diperkaya vitamin dan mineral untuk membantu optimalkan perkembangan anak.

Indomilk merancang 3 varian rasa susu bubuk untuk anak , yaitu

  • Instant Cokelat
  • Instant Plain (bebas gula)
  • Full Cream (bebas gula)       
varian indomilk susu bubuk
Varian Indomilk

Indomilk Susu Bubuk Untuk Usia Berapa

Ini pertanyaan paling banyak diajukan jika akan memberikan susu bubuk untuk anak. Susu bubuk lazimnya diperuntukkan untuk anak usia 1 tahun ke atas. Mengapa? Karena di usia bayi, anak dianjurkan mendapatkan ASI dari ibunya.

Sedangkan untuk Indomilk susu bubuk ini dianjurkan diberikan pada usia 5-12 Tahun. Informasi ini akan selalu tercantum pada kemasan susu agar orang tua dapat mengetahui Indomilk susu bubuk untuk usia berapa, sehingga manfaat susu bubuk akan lebih optimal sesuai usia anak.

Bagaimana menyajikannya?

Aku menyajikan buat anak aku mengikuti saran penyajian yang ada pada kemasan , yaitu

  1. Full cream/Instant

Tambahkan 3 sendok makan penuh ke dalam 1 gelas air masak hangat ( ±180ml ), aduk sampai larut

2. Coklat

Tambahkan 4 sendok makan penuh ke dalam gelas air masak hangat ( ±180ml ), aduk sampai larut

Harapan Minum Indomilk Susu Bubuk

manfaat susu bubuk untuk anak
Harapanku Pada Ezio

Sebagai ibu dari anak berkebutuhan khusus, aku pasti sangat selektif dalam memberikan asupan untuk Ezio. Aku juga ingin Ezio bisa menjalani hari-harinya seperti anak lainnya. Pastinya membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk menjadi generasi yang tumbuh tinggi, tangguh, tanggap. Tumbuh tinggi secara sesuai dengan usianya, tidak gagal tumbuh. Tangguh dalam menghadapi setiap tantangan yang ada, tidak cepat menyerah. Tanggap dalam menyerap informasi/pelajaran yang diberikan kepadanya. Saat ini aku masih berjuang untuk mencapai hal tersebut, dengan mengoptimalkan nutrisi, memaksimalkan stimulus , pemberian terapi kepada Ezio, dan tidak lupa disertai kasih sayang yang tulus serta diiringi doa yang tidak pernah putus.

Mari semangat memberikan asupan nutrisi yang terbaik untuk anak agar tumbuh tinggi, tangguh, tanggap sesuai harapan orang tua. SEMANGAT !

Aku dan Ezio
Aku dan Ezio

70 Komentar
  • Anisah Widyastuti

    Ternyata susu indomilk sekarang ada bubuknya ya,sudah terpaku dengan susu indomilk yang cair sih yah,enak nih sepertinya.

  • Nurul Sufitri

    Wah, kalau soal minum susu sih anak2ku doyan bangeeet 🙂 Rutin mimi susu tiap pagi pas sarapan, enaknya ditemanin roti bakar ya mantap. Susu bubuk Indomilk rasa cokelat ini disukai anak2, termasuk anak2ku dan akyuuuh loh. Menjaga pertumbuhan dan perkembangan tubuh supaya tetap sehat dan kuat.

    • Farida Pane

      Setuju. Terkadang efek pada tiap anak itu berbeda. Jadi, ada baiknya kita melihat secara pribadi pada anak kita di bawah konsultasi dokter, ya.

      • Arda Sitepu

        Happy banget si kecil tumbuh kembang dengan Indomilk ya mbak. Anak saya suka varian coklat karena enak dan bagus untuk tulangnya.

        • Rania Fardyani

          Waah, melihat kandungannya, Indomilk susu bubuk bisa jadi pilihan susu kalau anakku udah usia 5 tahun. Sekarang masih 2 tahun soalnya…
          Sehat terus ya, Ezio..

    • Akarui Cha

      Saya baru tahu kalau anak berkebutuhan khusus pun ternyata bisa mengonsumsi susu sapi. Senangnya kalau Dek Ezio cocok dengan susu bubuk indomilk ini.

      Semoga sehat dan cerdas selalu ya Dek

      • Nita Juwithafina

        Biasa tergantung dengan reaksi dari anak tersebut mba, ada yang berefek signifikan ada juga yang tidak. Untuk Ezio saat ini, tidak mengkonsumsi susu sapi dan menkonsumsi susu sapi tidak berbeda jauh, tidak ada hal yang signifikan. Sehingga dokter nya memperbolehkan nya

    • Qatrinnadya

      Hai, Mom Ezio!
      Wah, ketemu lagi di sini. Seneng bisa mampir di blog kamu. Terus baca pengalaman kamu dalam memberikan yang terbaik untuk Ezio melalui susu ini. Semoga anak-anak kita tumbuh sehat ya, Mom!
      😉

    • Ruziana

      susu kesukaan anak saya
      Rasa cokelat favorit dia banget
      Dah pandai bikin sendiri
      bagi saya kandungan optinutri yg penting karena sgt penting dlm mendukung anak tumbuh tinggi, tangguh dan tanggap

  • deddyhuang.com

    kalau susu ini apa cocok juga ya buat campuran makanan 😀 aku suka lihat susuk bubuk juga bisa dipakai buat bahan bikin kue.

    • Alif Kiky Listiyati

      Nutrisi untuk anak emang penting banget buat perkembangannya. Jadi pengen nyobain Indomilk bubuk, selama ini anak minumnya yang cair

      • Meka Kawasari

        Senangnya baca cerita dalam membersamai Ezio. Bener banget reaksi setiap anak berbeda dalam mengonsumsi susu. Jadi, memang kita harus memperhatikan benar-benar. Aku jadi tahu kalau indomilk ada bubuknya

        • Rania Fardyani

          Waah, melihat kandungannya Indomilk susu bubuk bisa jadi pilihan susu kalau anakku udah usia 5 tahun. Soalnya dia masih 2 tahun
          Sehat terus ya, Ezio…

    • Diah Kusumastuti

      Semangat Mbak membersamai tumbuh kembang Ezio. Insyaa Allah pahala besar menanti 🙂
      Alhamdulillah ya enggak harus konsumsi susu soya secara terus-menerus, tapi bisa dengan susu sapi. Indomilk susu bubuk bisa jadi teman baik dalam tumbuh kembang Ezio 🙂

      • Annie Nugraha

        INDOMILK itu jenama legend. Sudah eksis sejak saya masih SD. Puluhan tahun yang lalu.

        Salut untuk INDOMILK yg konsisten berkembang dan peduli akan nutrisi anak-anak Indonesia

    • Silvie

      Indomilk ada susu bubuknya juga sekarang ?
      Aku baru tau mom, biasanya minum indomilk yg cair uht gitu lebih praktis, tapi ya gitu kalau beli yg kemasan 1 liter kadang suka enggak habis. Kayanya lebih hemat yg begini ya jadi minumnya sesuai kebutuhan dan lebih bisa disimpan dalam waktu lama.

  • Maria Soemitro

    ternyata anak ADHD bisa minum susu Indomilk ya?
    Dengan pendampingan tentunya
    Semula saya pikir anak ADHD sama sekali ngga boleh minum susu sapi
    info menarik nih
    terimakasih ya

    • Nita Juwithafina

      Biasa tergantung dengan reaksi dari anak tersebut mba, ada yang berefek signifikan ada juga yang tidak. Untuk Ezio saat ini, tidak mengkonsumsi susu sapi dan menkonsumsi susu sapi tidak berbeda jauh, tidak ada hal yang signifikan. Sehingga dokter nya memperbolehkan nya

  • nurulrahma

    Tinggi, tangguh tanggap

    Asiikk bangett ini Mba.
    Gizi dan nutrisi tetep terpenuhi ya.
    Biar makin sehat dan setrong

  • Marantina

    Ini varian baru yah? Selama ini aku cuman tau kental manis dan susu uht dari Indomilk. Jadi makin lengkap produk Indomilk 🙂

    • Diah Kusumastuti

      Semangat Mbak membersamai tumbuh kembang Ezio. Insyaa Allah pahala besar menanti 🙂
      Alhamdulillah ya enggak harus konsumsi susu soya secara terus-menerus, tapi bisa dengan susu sapi. Indomilk susu bubuk bisa jadi teman baik dalam tumbuh kembang Ezio 🙂

  • Ririn Wandes Melalak Cantik

    Anak-anak makin sehat ya mbak konsumsi susu indomilk ini. Saya pun juga suka tapi enggak yang bentuk bubuk. Dengan kandungan tinggi kalsium pastinya bagus juga untuk tulang ya. Sehat-sehat ya mbak untuk anak gantengnya.

  • Annie Nugraha

    INDOMILK memang jenama yang begitu/sangat peduli akan kesehatan para customernya dan tentu saja masyarakat pada umumnya. Selalu ada sesuatu yang khusus dari setiap produk yang diluncurkan. Salut untuk INDOMILK.

  • Jihan

    Ini yaah kalau aku biasanya kukasih es batu wkkww, segede ini masih suka minum susu indomilk coklat. Rasanya ngga terlalu eneg manisnya. Alhasil anakku juga ikutan sukaaaa.

  • Meykke Santoso

    Wah, seneng ya Mba Nita kalau udah nemu susu yang cocok untuk si buah hati. Apalagi rasanya juga disukai sama si kecil. Semoga kakak tumbuh dengan baik ya..tb dan bb juga baik. Semangaaaaatttt

  • Mugniar

    Sepertinya, anak tumbuh tinggi, tangguh, tanggap ini harapan semua orang tua ya. Dengan nutrisi terbaik, in syaa Allah terpenuhi.

  • www.derisafriani.com

    Indomilk susu bubuk ini lengkap banget nitrisinya. Varian rasanya juga bisa dipilih sesuai selera. Sehat selalu ya Kak dengan Indomilk.

  • Karyati Niken

    Indomilk susu bubuk juga favorit kakak Kalila nih. Nutisinya juga mencukupi kebutuhan anak ya. Semoga mereka tumbuh tinggi, tangguh, tanggap

  • Melina Sekarsari

    Jadi, sejauh ini susu bubuk Indomilk masih aman untuk Enzio ya, Mom? Semoga terus terpenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan Enzio. Untuk anak berkebutuhan khusus memang perlu kesabaran ya untuk mencapai ke arah perkembangan yang baik. Tapi bukan berarti nggak bisa. Semangat terus Enzio dan Mommy.

    InsyaAllah tercapai Enzio sebagai anak yang tinggi, tangguh, dan tanggap, ya.

  • Taumy Alif

    Ternyata sekarang sudah ada ya Indomilk Susu Bubuk selama ini kan produknya SKM ya. Terus ada rasa fullcreamnya lagi, mau cobaik buat minum ke anak juga ah.

  • Susindra

    Kalau salah satu ortu ada yang alergi susu, baiknya memang dicoba dan diamati. Jadi tidak terjadi drama alergi susu. Kalau sudah, barulah ayuk aja minum Indomilk sebagai bagian dari gizi anak

  • fitriyani somantri

    terimaksih mba nita buat sharingnya bersama buah hati tersayang,, jadi ingin coba indomilk yang rasa full creamnya buat anakku yang lagi aktif-aktifnya

  • Enny

    Orang tua mana yang nggak senang dan bangga kalau anak bisa tumbuh tinggi, tangguh, dan tanggap, ya Bun. Senangnya Indomilk bisa membantu memberikan nutrisi untuk ananda kita tercinta. Apa lagi brand ini sudah puluhan tahun eksis dan dipercaya masyarakat.

  • Yudha

    Sebelumnya terima kasih banyak artikelnya kak sangat penuh ilmu dan menginspirasi. Saya juga izin share ke yang lain karena banyak manfaat nya

  • Shyntako

    Oke banget nih mba indikator pertumbuhannya 3T (tinggi, tangguh dan tanggap) pas banget deh memang sama perkembangan jaman now gini ya. Apalagi kelak nanti jamannya anak-anak tuh udah persaingan global terbuka lebar.

    • Zulaeha

      Nutrisi memang super penting untuk anak-anak kita ya Mbak, Tinggi Tangguh dan Tanggap jadi goals untuk perkembangan anak supaya masa depannya cerah.

    • Marfa

      Memang untuk anak benar2 harus maksimal ya termasuk dlm nutrisi yang terkandung dlm susu ini. Dg susu indomilk bubuk yg sudah disesuaikan bs mendukung kebutuhan anak dlm bertumbuh

  • Damar Aisyah

    Saya nyoba pakek yg full cream buat campuran kue, enak juga lho. Kalau yg coklat anak-anak suka diminum dingin. Rasanya persis milkshake coklat.

  • Diah Kusumastuti

    Banyak faktor yang harus diperhatikan agar tumbuh kembang anak jadi optimal ya, Mbak. Dan kasih sayang serta doa yang tak pernah putus itu sesuatu yang enggak boleh ketinggalan. Semoga Ezio tumbuh menjadi pribadi yang kuat lahir bathin, ya. Salam sayang buat Ezio 🙂

  • dewi adikara

    Senang lihat Ezio ceria, gemes sama pipinya yang nyempluk…. Alhamdulillah Ezio bisa minum susu sapi ya, makasih tipsnya kak. Saya coba share info kakak juga pada teman yang kebingungan pula ingin memberikan susu sapi.

  • mutia ramadhani

    Susu sapi untuk anak berkebutuhan khusus memang harus di bawah pengawasan dokter. Ibu pintar pasti selalu memantau tumbuh kembang anaknya setiap hari. Tetap semangat mba dan Ezio.

  • Rhoshandhayani K. T.

    wuah adek ezio sehat sekaliii
    pasti selalu melindungi teman2nya yaaa
    karena tanggap dan tangguh
    semoga selalu jadi pelindung yaa

  • Okti Li

    Pertama tertarik memberikan Indomilk Susu Bubuk ini karena review teman teman yang mengatakan bagus untuk pertumbuhan tinggi anak. Saya ingin anak saya juga tinggi maksimal. Makanya memberikan susu bubuk Indomilk ini. Semoga cocok

  • Maria G

    susu legenda nih
    sejak dulu saya minum Indomilk
    sewaktu anak-anakku SD mulai pada minum susu Indomilk
    harus dibikinin agar mau minum, karena mereka ogah bikin sendiri 😀

  • Shyntako

    Bener nih, indikator yang bagus loh dari Indomilk bahwa pertumbuhan anak jaman sekarang itu harus tinggi, tangguh dan tanggap. Jadi, memang perlu asupan nutrisi yang mumpuni banget seperti yang ada di dalam indomilk ya

    • Artha

      Tuhkan…indomilk ada susu bubuknya. Suami saya pas saya kabari, gak percaya. Kalopun ada, katanya cm buat orang dewasa jadi semacam m*lo gitu. Padahal ada yg untuk anak2 nih, nutrisinya lengkap lagi

  • Dian Restu Agustina

    Semangat untuk Ezio dan Bundanya…sehat selalu ya.
    Semoga Ezio tumbuh tinggi, tangguh dalam menghadapi setiap tantangan yang ada, tidak cepat menyerah dan tanggap dalam menyerap informasi/pelajaran yang diberikan.

  • Susindra

    nutrisi dan kesehatan Ezio akan selalu jadi prioritas ibunya ya. makanya perlu catatan khusus agar tahu perkembangan anak dan penyembuhan alerginya. Meski ada susu soya.

  • Sugi Siswiyanti

    Anak saya juga mengonsumsi Indomilk bubuk ini, Mbak. Semoga bisa menjadi bagian pendukung tumbuh kembang optimal anak – anak kita ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *