Beauty Things

7 Kesalahan sederhana Skincare yang berakibat fatal

Assalamualaikum..

Sudahkan kamu skincare-an hari ini? Sudah tidak awam dengan skincare kan temans? Aku yakin sebagian yang membaca ini mungkin sudah menggunakannya juga. Begitu pun aku, ini sudah tahun ke 7ku menggunakan skincare. Dan tentunya aku juga tak luput dari kesalahan penggunaan skincare. Nah disini aku coba berbagi ke temans sekalian agar tidak mengulangi kesalahan yang kulakukan sehingga membuat fatal wajah temans sekalian. Yang aku tuliskan disini murni dari pengalaman aku ya temans. Yuk kita bahas.

Kesalahan sederhana yang pernah aku lakukan sehingga berakibat fatal pada muka aku :

1. Tidak mencuci tangan sebelum penggunaan skincare

Ini hal kecil tapi sangat berpengaruh teman2. Harus dipastikan tangan kita ketika menyentuh wajah itu dalam keadaan bersih. Kenapa? Karena jika tidak kuman2 yang berada di tangan dapat berpindah ke wajah kita. Hal inilah yang bisa memacu pertumbuhan jerawat yang tidak diingikan. Jadi harus cuci tangan dulu ya sebelum skincare-an. Ga mau kan udah beli skincare mahal-mahal eh malah buat jerawatan di wajah temans.

2. Ikut-ikutan teman

Yah, aku pernah di titik ini teman2. Sebenarnya ya bukan salah temans aku, mungkin memang di mereka oke, tapi ternyata tidak cocok untuk jenis kulit aku. Jadi sebelum ikut-ikutan dengan teman, alangkah baiknya kita mengenal jenis atau tipe kulit kita karena perawatan wajah masing2 bisa jadi berneda-beda. Penanganan yang salah justru akan memperburuk kulit wajah kita.

3. Salah memilih kiblat

Yang ketika ini juga tidak kalah pentingnya. Biasanya orang dalam menggunakan skincare ada satu atau beberapa orang yang di jadikan contoh. Nah ini saran aku, ketika kita memilih seseorang atau beberapa orang harus yang kulitnya setipe dengan kulit kita. Contoh ni, aku umur 30 tahun, sejogjanya aku mencari panutan dalam penggunaan skincare ya sesuai dengan usaiku yang usianya sekitar 30 tahun juga, jangan malah memilih panutas yang usianya masi 20tahunan atau sudah 40tahunan. Mengapa? Karena produk yang mereka gunakan pasti sesuai umurnya, nah jika kita umur 30thn menggunakan skincare untuk usia 20tahunan, tentunya di kita tidak akan berefek banyak, begitupun jika kita menggunakan skincare untuk usia 40tahunan, bisa jadi overkill untuk wajah kita. Jadi jangan salah pilih kiblat ya temans.

4. Tidak membaca dengan teliti ingredients/kandungan yang terkandung didalamnya beserta fungsinya

Baca, baca, baca! Ini sangat penting, sangat penting memahami kandungan apa dan untuk apa serta aturan pemakaian. Karena salah pemakaian, wajah kita susah untuk kembali lagi. Ini juga pengalaman ku sendiri, tidak membaca dengan teliti kandungan 1 produk yang mengandung kandungan exfoliator, padahal wajah aku sensitive terhadap kandungan yang mengandung exfoliator.Produk yang seharusnya aku pakai 2x seminggu, karena tidak membaca kandungan, aku menggunakannya setiap hari. Wajah aku meradang parah banget. Kemana-mana malu, texture kulit tidak rata, jerawat merajalela, muka gatal hingga make up pun tidak mampu untuk menutup dengan sempurna. Yang ada stress sendiri apabila ngaca ataupun bertemu orang. Namun Alhamdulillah kini wajah aku sudah kembali seperti sedia kala dengan berbagai treatment yang aku lakukan namum tetap tidak menggunakan perawatan dokter. Nah jangan sampai terjadi di kamu ya teman2.

5. Kuantitas penggunaan skincare yang salah (kebanyakan/kekurangan)

Ini tak kalah penting diperhatikan, biasa kuantitas penggunaan skincare terdapat dalam box kemasan seperti 1 3-5 tetes atau sepanjang 1 ruas jari. Nah itu diikuti ya teman2, jangan sayang2 atau jangan karena mau cepat merasakan hasil malah diperbanyak pemakaiannya. BIG NO ya teman2, karena penggunaan skincare yang tidak sesuai aturan tidak akan berefek pada wajah teman2.

6. Tidak menggunakan sunscreen

Ini merupakan treatment di pagi hari. Wajib banget banget menggunakan sunscreen, untuk menghalau sinar-sinar UV yang sangat merugikan bagi kulit wajah kita. Jadi jangan lupa tiap pagi menggunakan sunscreen ya teman2, dalam kondisi keluar rumah maupun di rumah saja.

7. Salah treatment gerakan saat penggunaan skincare pada wajah

Yang terakhir ini juga simple tapi lumayan berefek. Harus diperhatian betul bagaimana penggunaan 1 skincare di wajah teman2. Jika tidak ada dibox kemasan, maka teman2 dapat browsing pada website resmi produk tersebut. Pengalaman aku mengenai ini adalah eye cream. Dulu aku pernah menggunakan eye cream ngasal, asal nemplok di mata. Akibatnya hal yang aku harapkan tidak terjadi, fine line aku tetap terlihat dan berasa eye cream ini tidak mempan di aku, padahal yang salah adalah cara peng-aplikasian eye cream tersebut pada daerah mata.

Nah teman2, demikian sedikit sharing dari pengalaman kesalahan aku dalam penggunaan skincare. Aku berharap teman2 yang membaca ini bisa lebih aware lagi dalam menggunakan skincare ya, supaya dapat memperoleh hasil optimal pada wajah teman2 J

Ini foto-foto aku ketika mengalami kesalahan dalam penggunakan skincare

Wajah meradang karena salah treatment skincare

Sekian,

Terima kasih 🙂

16 Comments

  • imas masitoh

    bener banget nih poin yang jangan ikut-ikutan temen. karena beberapa kali pengalamanku, sering ikut-ikutan temen pake skincare A, B, C< ehh jadinya malah tambah parah huhu

  • Jihan

    nice info mbak, karena aku juga mulai mau pake skin care. Cuci tangan penting banget ya… emang kaya skin care itu cocok-cocokan ya. Makannya harus hati-hati milihnya.

  • Luki

    noted…..memang memilih skincare tidak boleh sembarangan sama kayak pilih suami hhhhh salah sedikit bisa fatal akibatnya

  • Ike

    gua bener banget nih kadang kebanyakan orang suka ikut-ikutan temen kalo milih skin care mentang-mentang sial glowing jadi pengen ikutan ternyata salah ya kayak gitu

    • Tina

      Duluuuu banget aku asal make skincare, jadi ga ngerasain efeknya, malah muncul bruntusan. Emang harus banyak baca dan riset sih sebelum pakai suatu produk biar hasil maksimal dan mengurangi efek negatif

  • thya

    wah, makasih banget ilmunya mbaa..
    jadi, kalo abis pake skincare terus gak cocok.. jangan salahin skincare nya yaa.. krn jangan2 salah dari kitanya..

    poin nomer 1 penting juga ya ternyata.. kuman ada dimana2.. memang baiknya harus steril semua termasuk tangan..

  • Mirza Pradita

    Wah bener banget ini kesalahannya. Aku pernah kejadian. Emang kalo pake skincare harus lebih aware ya biar ga ada rugi jangka panjang

  • duniamasak

    nah benar, biasanya banyak yang ikut-ikutan teman.. walau kelihatannya jadi lebih seragam dan bisa nitip kalau beli, tapi kalo gak cocok sama muka sendiri kan sayang 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *